METODE PENELITIAN KUANTITATIF EKOLOGI MEDIA MASSA

bambang mudjiyanto

Abstract


Perkembangan studi riset komunikasi massa dapat ditilik dari pembahasan studi “ekologi media”. Pandangan ekologi bila diaplikasikan pada media massa dapat disebut sebagai “ ekologi media”.Ekologi media berkenaan dengan hubungan timbal balik antara media massa dengan lingkungan penunjangnya. Media berinteraksi dengan lingkungannya. Kondisi ini sama dengan hubungan yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya. Dalam proses interaksi memungkinkan terjadi kompetisi dalam mempertahankan kehidupannya. Pada industri media, masing-masing populasi terdiri dari media-media yang secara tidak langsung membentuk suatu kelompok yang hidup dari sumber daya yang sama. Misalnya populasi surat kabar, populasi radio, populasi televisi, dan populasi media baru.


Full Text:

PDF

References


Aan, Munawar Syamsudin. 2013. Metode Riset Kuantitatif Komunikasi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Albaran, Alan B.1996. Media Economics:Understanding Market, Industries and Concepts. Ames: Iowa State University Press.

Dimmick. 1984. Theory Niche and Media Industries: A Uses And Competition, Journal of Communication. New York.

Dimmick and Routhenbuchler. 1984. The Theory of Niche: Quantifying Competition Among Media Industries, Communication Journal, New York, 1984.

Ibrahim & Akhmad. 2014. Komunikasi dan Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2014. Indonesia ICT Whitepaper.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2014. Pemetaan Industri Aplikasi Perangkat Lunak dan Konten Digital dan potensinya di Indonesia. Hand Out Puslitbang Aptika & IKP, Balitbang SDM Kementerian KOMINFO

Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

McQuail, Denis. 1987. Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rivers, William, Dkk. 2004. Media Massa & Masyarakat Modern. Jakarta: Prenada Media.

Ruben dan Stewart, 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusadi, 2002. Abad Informasi: Pemberdayaan atau kolonialisme. Dalam Jurnal P3U, DKI Jakarta.

Severin dan Tankard. 2007. Teori Komunikasi: Sekarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soyomukti, Nurani. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

INTERNET

http ://jurnal.uajy.ac.id/jik/files/2012/05/1

http://repository.ui.ac.id

http://www.digilib.ui.ac.id/

http://pasca.uns.ac.id//p=927




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v3i1.692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.