Batik “Gajah Oling” adalah motif batik khas yang mempunyai nilai mistik bagi masyarakat Using di Kabupaten Banyuwangi. Perjalanan budaya masyarakat Using selalu terkait dengan batik “Gajah Oling”. Penelitian ini bertujuan mengetahui efek daya serap pengetahuan pengrajin batik “Gajah Oling” terhadap kinerja usaha mereka melalui orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk. Analisis data menggunakan analisis jalur. Populasi penelitian ini 154 pengrajin batik “Gajah Oling”. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling method. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dihasilkan 111 pengrajin. Hasil penelitian membuktikan bahwa i) daya serap pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap orientasi kewirausahaan dan inovasi produk, namun berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja usaha; ii) orientasi kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja usaha; iii) inovasi produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja usaha.