Pengaruh E-Procurement, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dimoderasi Oleh Pelayanan Purna Jual Studi Pada Produk Smartkey & Smartlock Di Pt Netwave Maju Abadi.

Pristiana Widyastuti, Mochammad Angga Prasetyo

Abstract


This study aims to examine the effect of e-procurement, product quality on purchasing decisions moderated by after-sales service, studies on smartkey and smartlock products at PT Netwave Maju Abadi. The unit of analysis in this study is the customer of PT Netwave Maju Abadi. The population in this study were customers who purchased the product and purchased the smartkey and smartlock at PT Netwave Maju Abadi with a sample of 60 respondents. The sampling method in this study uses a Purposive sampling technique with special characteristics in accordance with the research objectives. The type of data used is primary data using a questionnaire which is filled directly by the respondent and then processes the data using Partial Least Square (PLS). The statistical results of the research data show (X1) e-procurement has no significant effect on purchasing decisions, whereas (X2) product quality, (Z) after-sales service has a positive and significant effect on (Y) purchasing decisions, while service moderation after-sales of e-procurement and product quality have no significant effect.

Keywords : E-Procurement, Product Quality, Purchase Decision, After Sales Service.


Full Text:

PDF

References


Andrianto, Nico. (2007). Good e-Government: Transparansi dan Akuntabilitas

Publik Melalui e- Government. Malang, Banyumedia Publishing.

Arifin, Z. S. M. Z., & Yaningwati, F. (2012). Pengaruh pelayanan purna jual

terhadap keputusan pembelian (. Jurnal Pemasaran.

Ayu Haris Permatasari Putri, H. D. W. and N. (2013). Pengaruh Kualitas Produk,

Promosi Dan Layanan Purna JualTerhadap Keputusan Pembelian Mobil

Honda Jazz (Studi Kasus pada Honda Semarang Center Semarang) Ayu Haris

Permatasari Putri 1 , Handoyo Djoko Waluyo 2 and Ngatno 3. Jurnal

Administrasi Bisnis, (24).

Dewi, M. (2016). Pengaruh Produk, Harga dan Layanan Purna Jual terhadap

Keputusan Pembelian Smartphone di Toko Langsa Ponsel. Jurnal Manajemen

Dan Keuangan, 5(1), 449–458.

Dhika, R. (2012). Metodologi Penelitian, 40–57.

Eduard, P. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan

Pelanggan ( Studi Terhadap Kualitas Layanan Purna Jual BlackBerry Center

Pada BlackBerry Center Margocity Depok ).

Ernoputri, D. (2016). Pengaruh Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Konsumen

(Survei pada Pengguna Produk LG di Malang Town Square (Matos) Malang

– Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 30(1), 79– 86.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip, dan Gary, Amstrong. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran jilid I, Edisi

Erlangga, Jakarta.

Kurriwati, N. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan

Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Pemasaran.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Laura, N. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap

Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening.

Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(2), 258–284.

Lullulangi, I. R. (2014). MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (

Studi Kasus: Sop Buah “ X ” Kota Semarang ).

Manurung, N. A. O. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan

Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Semarang

(Studi Di Kota Semarang). Jurnal Pemasaran.

Mowen, John. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen, jilid 2, Edisi

kelima. Jakarta:Erlangga.

Pratiwi, R. R., Widowati, N., Publik, J. A., Diponegoro, U., Profesor, J., &

Soedarto, H. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan E-Procurement pada

Pengadaan Barang dan Jasa di Kota Semarang. Manajemen Dan Pemasaran,

–9.

Putra, G. P., Arifin, Z., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen.

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 48(1), 124–131.

Rahayu, F. T., & Wibowo, S. (2017). Pengaruh Produk SampelTerhadapa

Pembelian UlangPada PT Leoco Indonesia (Studi Kasus Pada PT Leoco

Indonesia, Cikarang Tahun 2017), Cikarang. Manajemen Dan Pemasaran,

(2), 407.

Rahayu, S., & Haryanto, J. (2017). PPengaruh Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian. Pemasaran Kompetitif, 1(1), 64–76.

Rifai, A. I., & Oetomo, H. W. (2016). Pengaruh Produk Dan Layanan Purna Jual

Terhadapa Keputusan Pembelian Motor Honda Achmad Iman Rifai Sekolah

Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Pemasaran,

(2009), 1–19.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan

Brand Image terhadapa Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati.

Jurnal STIE Semarang, ISSN : 2252-826, 8(2), 92–121.

Rossita, A., Nurchana, A., Haryono, B. S., Adiono, R., Publik, J. A., Administrasi,

F. I., & Brawijaya, U. (2007). Efektivitas E-Procurement Dalam Pengadaan

Barang / Jasa (Studi terhadap Penerapan E-Procurement dalam Pengadaan

Barang / Jasa di Kabupaten Bojonegoro). Manajemen Dan Pemasaran Jasa.

Selestio, R. (2013). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi

Terhadap Keputusan PembelianAir Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek

Oasis. Jurnal Administrasi Bisnisbisnis.

Sembiring, I. J., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk

dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk

Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono

Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), 1–10.

Sofjan, Assauri, SE, MBA, (2010), Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan

Strategi, , Penerbit Rajawali, Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sutedi, Adrian. (2012). Aspek Hukum Pengadaan Barang & Jasa dan Berbagai

Permasalahannya. Ed. 2. Jakarta, Sinar Grafika.

Wibisono, Dermawan. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Widyastuti, P. (2018). Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada

Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Bisnis Dan Manajemen, 2, 17–28.

Widyastuti, P. (2018). Peran Community Advice Sebagai Pemoderasi Dalam

Keputusan Pembelian. Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(1), 67–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung