PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI PADA PERUSAHAAN GOJEK INDONESIA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOJEK (Studi Kasus Pada Konsumen Gojek Pengguna Layanan Goride Pada Mahasiswa STIE Mikroskil)

Hanny Siagan, Venny Wang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi pada Perusahaan Gojek Indonesia terhadap kepuasan pelanggan Gojek (Studi Kasus Pada Konsumen Gojek Pengguna Layanan Goride Pada Mahasiswa STIE Mikroskil). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode konvenien sampling dengan jumlah sampel sebanyak 92 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel kualitas pelayanan, harga, dan promosi secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Namun, secara simultan kualitas pelayanan, harga, dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil koefisien determinasi sebesar 65.8%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel yang terdiri dari kualitas pelayanan, harga, dan promosi mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan sebesar 65.8%, sementara sisanya sebesar 34.2% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


A. L. Gaol and K. S. Hidayat, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen,” J. Adm. Bisnis (JAB)|Vol. 38 No. 1 Sept. 2016, vol. 38, no. 1, pp. 125–132, 2016.

R. Oktarini, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek Di Kota Tangerang,” J. Sekr. Univ. Pamulang, vol. 6, no. 2, p. 10, 2019, doi: 10.32493/skr.v6i2.3305.

I. Sitinjak, “Pengaruh Kewajaran Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online (Go-Ride) Pt Gojek Indonesia (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Hkbp Nommensen Medan),” J. Ilm. Simantek, vol. 2, no. 1, pp. 50–63, 2018.

T. B. G. Egziabher and S. Edwards, “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus Pada Start Up Coffee Renon Denpasar),” Africa’s potential Ecol. Intensif. Agric., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2432.

A. Sudarso, MANAJEMEN PEMASARAN JASA PERHOTELAN. YOGYAKARTA: DEEPUBLISH, 2016.

A. S. Lubis and N. R. Andayani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam,” J. Appl. Bus. Adm., vol. 1, no. 2, pp. 232–243, 2018, doi: 10.30871/jaba.v1i2.619.

H. Jimmy, PENGANTAR ILMU EKONOMI. YOGYAKARTA: DEEPUBLISH, 2010.

S. G. Tulangow, T. M. Tumbel, and O. F. C. Walangitan, “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado,” J. Adm. Bisnis, vol. 9, no. 3, p. 35, 2019, doi: 10.35797/jab.9.3.2019.25129.35-43.

Prof.Dr.H. Buchari Alma, MANAJEMEN PEMASARAN DAN PEMASARAN JASA. Bandung: ALFABETA, 2019.

M. Rizqillah and P. H. Kurniawan, “Pengaruh promosi , kualitas dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk perlengkapan bayi Snobby di kota Batam,” J. Ilim. Core It, no. x, pp. 95–106, 2019.

I. Panjaitan, “Pengaruh Pelayanan dan Harga pada Go-Jek terhadap Kepuasan Konsumen dengan Minat sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta),” Media Stud. Ekon., vol. 19, no. 2, pp. 43–55, 2016, [Online]. Available: http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MSE/article/viewFile/561/343.

H. Irawan, 10 PRINSIP KEPUASAN PELANGGAN. JAKARTA: PT. ELEK MEDIA KOMPUTINDO, 2010.

F. F. Ismail and D. Sudarmadi, “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan PT. Beton Elemen Persada,” J. Akuntansi, Audit dan Sist. Inf. Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 1–13, 2019.

D. Yulius, “Metode Penelitian,” Evolution. pp. 1–14, 2008, [Online]. Available: http://digilib.unila.ac.id/2100/9/BAB III.pdf.

Angela A, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” N. Engl. J. Med., vol. 372, no. 2, pp. 2499–2508, 2018, [Online]. Available: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931.

S. K. Dewi and A. Sudaryanto, “Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan , sikap dan perilaku,” Progr. Stud. Keperawatan, Univ. Muhammadiyah Surakarta, pp. 73–79, 2020.

N. P. L. Ernawatiningsih, “Analisis Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Berwirausaha,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 4, no. 1, p. 34, 2019, doi: 10.38043/jimb.v4i1.2157.

S. Solikha and I. Suprapta, “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada PT. GO-JEK),” J. Ekobis Ekon. Bisnis Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 67–81, 2020, doi: 10.37932/j.e.v10i1.91.

L. I. Sintya, M. M. Karuntu, U. Sam, and R. Manado, “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI GO-JEK ONLINE PADA MAHASISWA FEB UNSRAT MANADO THE INFLUENCE OF PRICE AND QUALITY OF SERVICE ON CUSTOMER SATISFACTION OF GO-JEK ONLINE TRANSPORTATION SERVICES IN STUDENT FEB,” vol. 6, no. 3, pp. 1778–1787.

B. Handoko, “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 18, no. 1, pp. 61–72, 2017, doi: 10.30596/jimb.v18i1.1098.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung