APLIKASI DOMPET DIGITAL DAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGARUH TERHADAP KINERJA KEUANGAN UMKM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dompet digital (e-wallet) dan pemasaran digital terhadap kinerja keuangan UMKM. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan pengukuran skala Likert. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang telah mengadopsi fasilitas pembayaran digital dan memanfaatkan pemasaran digital sebagai media promosi produk atau jasa. Sampel penelitian terdiri dari 60 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-wallet dan pemasaran digital berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM. Temuan ini menunjukkan bahwa adopsi teknologi digital dalam transaksi keuangan dan kegiatan pemasaran memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan dan keberlanjutan usaha kecil dan menengah. Oleh karena itu, pemilik UMKM disarankan untuk mengoptimalkan penggunaan e-wallet dan strategi pemasaran digital guna meningkatkan daya saing, kinerja keuangan, dan keberlanjutan usaha jangka panjang di tengah dinamika pasar Jakarta
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Joseph, S. Nye, Jr., Soft Power: The Means to Success in World Politics, hal. X, New York: Public Affair, 2004. Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2018). Principles of Marketing. Sixteenth Edition.
Pearson Education Limited. England.
Kotler, Phillip and Keller, Kevin L. (2016). Marketing Management. Fifteenth Edition. Pearson Education Limited. England.
Ati, P. I. L., & Wijaya, A. (2022). Upaya industri kecil batik dalam meningkatkan pendapatan melalui pemasaran online di Desa Gemeksekti Kebumen. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 4(2), 106–118. https://doi.org/10.52483/ijsed.v4i2.78
CNBC Indonesia. (2022, November 28). Sri Mulyani CS sulit kejar pajak freelancer, kenapa ya? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20221128064905-4-391631/sri-mulyani-cs-sulit-kejar-pajakfreelancer-kenapa-ya
Hamzah, M., Organisasi, K., & Publik, P. (2023). Analisis implementasi prinsip-prinsip good governance. Ezenza Journal, 2(September), 272–286.
Hermawan, A., Widjaja, H., Studi, P., Fakultas, A., & Tarumanagara, U. (2021). Analisis rekonsiliasi fiskal terhadap laporan keuangan komersial pada PT. XXX tahun 2019. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 3(2), 784–793.
Iswanto, S. A. (2024). Analisis penerapan koreksi fiskal atas pendapatan, beban, dan pajak tangguhan dalam rangka menghitung PPh terutang PT. Gresik Migas (Perseroda). Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 3(2), 36–51. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v3i2.2245
Jannah, M., & Sitinjak, N. D. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi pelaku e-commerce di Kota Labuan Bajo. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Perpajakan (Bijak), 5(2), 113–120. https://doi.org/10.26905/j.bijak.v5i2.10013
Kahar, A. S., Gunawan, A., & Kunci, K. (2020). Analisis koreksi fiskal atas laporan keuangan komersial untuk menghitung PPh badan terutang (Studi kasus pada CV. X). Jurnal Keuangan dan Perpajakan, 26(1), 26–27.
Khotmi, H., Hikmah, H., Fauzi, A. K., & Astini, Y. (2024). Pengaruh media sosial, literasi keuangan, e-commerce, digital payment, dan orientasi wirausaha terhadap kinerja UMKM di Kota Mataram. Valid Jurnal Ilmiah, 22(1), 11–21.
Kumalawati, L. (2018). Analisis koreksi fiskal atas laporan keuangan komersial untuk menentukan pajak penghasilan terutang: Studi interpretivist. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 2(1), 25–32. https://doi.org/10.32486/aksi.v2i1.214
Kurniawan, D. R. (2019). Pahami ketentuannya, hindari sanksinya: Kupas tuntas sanksi perpajakan (Fungky & Haqi1, Eds.; 1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.
Maharani, R., Jurana, J., & Saleh, F. M. (2023). Determinan tingkat penggunaan aplikasi non tunai. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Perpajakan (Bijak), 5(2), 221–228. https://doi.org/10.26905/j.bijak.v5i2.9358
Nursari, M., Diamonalisa, & Sukarmanto, E. (2017). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan kepemilikan institusional terhadap tax avoidance. Prosiding Akuntansi Universitas Islam Bandung, 3(2).
Prasetyo, W. N. B., & Sari, D. (2023). Sengketa pajak atas koreksi biaya royalti dan secondary adjustment (Studi kasus putusan banding PT XYZ). Owner, 7(4), 2970–2982. https://doi.org/10.33395/owner.v7i4.1697
Rahmadhanti Marshelynda, A., & Laily Nisa, F. (2024). Pengaruh penerapan prinsip syariah terhadap tingkat kepatuhan pajak di kalangan UMKM Indonesia. Jurnal Rumpun Manajemen dan Ekonomi, 2(7), 01–08.
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i7.1754
UMKM di Indonesia, Tambunan, Tulus T.H. Ghalia Indonesia, Bogor, 2009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta