REVOLUSI AGILITY KAMPUS: Dari Nilai Filosofis Menuju Nilai Pasar – Kepemimpinan Rudyono Darsono Mentransformasi UTA'45 Jakarta Melalui Intrapreneurship dan Transfer Teknologi
Abstract
Korupsi di sektor pemerintahan menjadi penghalang utama dalam pertumbuhan ekonomi dan kepercayaan para pengusaha di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari korupsi di sektor publik terhadap lingkungan investasi dan kepercayaan para pelaku usaha di Indonesia. Fenomena ini cukup penting karena tingkat korupsi yang tinggi bisa membuat investor lokal maupun asing kehilangan kepercayaan terhadap kebijakan yang stabil, serta mengurangi masuknya investasi langsung dari luar negeri (Foreign Direct Investment). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan menganalisis hubungan antara indeks persepsi korupsi, tingkat kepercayaan bisnis, dan indikator iklim investasi berdasarkan data sekunder serta hasil survei dari para pelaku usaha. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap pemahaman tentang tata kelola publik, serta memberikan saran kebijakan untuk memperkuat transparansi dan integritas di sektor publik Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardhani, K. D., Anggadewi, H. N., Ardiansyah, P. N., Arafah, N., & Rosyida, N. P. (2022). Membentuk Karakter Bangsa Yang Kuat dengan Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Indigenous, 5(1), 1-13.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010b). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum.
Permana, I. W. (2021). Transformasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi di Era Disrupsi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 45-58.
Rumah Inspirasi. (2011, Oktober 4). 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa. Diambil dari Rumah Inspirasi: https://rumahinspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa/
Santoso, B. A., & Wibowo, A. E. (2018). Pendidikan Karakter Kewirausahaan Berbasis Nilai-Nilai Kebangsaan. Jurnal Kewirausahaan, 7(2), 110-125.
Schumpeter, J. A. (1934). The Theory of Economic Development: An Inquiry into Profits, Capital, Credit, Interest, and the Business Cycle. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Slamet, A. (2020). Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045. Jurnal Pendidikan, 12(3), 201-215.
Soltanifar, M., Bonyadi, A., & Bonyadi, M. (2018). The Role of Intrapreneurship in Creating Competitive Advantage for Companies. Journal of Entrepreneurship Development, 10(3), 395-415.
Suryani, N., & Hidayat, R. (2019). Strategi Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Pengembangan UMKM Lokal. Jurnal Abdimas, 4(2), 88-99.
Vassilakopoulou, S., & Grisot, M. (2020). Intrapreneurship as a key factor for competitive advantage in organizations. Journal of Management and Business Review, 7(2), 180-195.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

