Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Resiko Sebagai Variabel Moderating. (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Index Srikehati Tahun 2010-2012)

Felicia Novita Kurnia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Manajemen Resiko sebagai variable moderating pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Srikehati di pada tahun 2010 – 2012 yang berjumlah 25 perusahaan setiap tahunnya. Responden penelitian yaitu laporan keuangan perusahaan yang terdaftar pada Index Keanekaragaman Hayati Indonesia (Index SRIKEHATI) tahun 2010 – 2012. Hasil menunjukkan pada pengujian. Asumsi normalitas residual yang diujikan menunjukkan hasil yang tidak normal. Sehingga dilakukan transformasi hingga menghasilkan asumsi normalitas yang terpenuhi. Variabel CSR, GCG tidak signifikan terhadap nilai perusahaan (log). Sementara variabel moderasi yakni managemen resiko tidak dapat memoderasi CSR dan GCG maupun menjadi variabel independen terhadap nilai perusahaan, ini dibuktikan hasil pengujian yang tidak signifikan.

Kata Kunci : CSR, GCG, Nilai Perusahaan, Manajemen Resiko


References


Adrian Sutedi, 2011. Good Corporate Governance, Sinar Grafika, Jakarta.

Agnes Sawir, 2000. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Gramedia Utama Penerbit. Jakarta.

Alfredo Mahendra DJ, 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating) Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia, Universitas Udayana Denpasar.

Anggraini. Fr. Reni Retno. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang. 23-26 Agustus.

Arens, A, R.J Elder, M.S Beasley. 2001. Auditing and Assurance Service An Integrated Approach. Ninth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Arifin. 2005. Peran Akuntan Dalam Menegakkan Prinsip Good Corporate Governance Pada Perusahaan di Indonesia. Makalah disajikan pada Sidang Senat Guru Besar Universitas Diponegoro Dalam Rangka Pengususlan Jabatan Guru Besar. Semarang, 2005.

Barkemeyer, Ralf. 2007. Legitimacy as a Key Driver and Determinant of CSR in Belkaoui, Ahmed and Philip G. Karpik. 1989. Determinants of the Corporate Decision to Disclose Sosial Information. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 2, pp. 36- 51.

Crowther, David. 2008. Coroprate Social Responsibility. Guler Aras & Ventunus: Publishing ApS.

Daito Apolo, 2011. Pencarian Ilmu Melalui Pendekatan Ontologi, Epistimologi Aksiologi. Mitra Wacana Media Penerbit.

Dahli, L. dan Siregar, V. S. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2005 dan 2006). Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Deegan dan Tobin. 2002. An Examination of the Corporate Social and Environmental Disclosure BHP From 1983-1997 a Test of Legitimacy Theory. Accounting, Auditing and Accountability. (3). Vol. 15

Developing Countries. Paper for the 2007 Marie Curie Summer School on Earth System Governance, Amsterdam, 28 May – 06 June 2007.

Donaldson, L dan Davis J.H. 2003. Boards and Company Performance: Research Challenges the Conventional Wisdom. Washington DC: Prentice Hall.

Fides Prawiyandi, 2012. Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Freeman, R.E. 1984. Strategic Management: A Stakeholders Approach. USA: Boston, Fitman.

Ghozali Imam, 2006. Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi ke 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Henri Servaes dan Ane Tamayo, 2009. The Impact Of Corporate Social Responsibility on Firm Value: The Role Of Customer Awarenes, USA.

Herwidayatmo, 2000, Implementasi Good Corporate Governance Untuk Perusahaan Publik Indonesia, Majalah Usahawan, hal 25-30

Hoje Jo dan Maretno A Harjoto, 2011. Corporate Govermance and Firm Value: The Impact of Corporate Social Responsibility, Spinger.

Indonesian Stock Exchange www.idx.co.id

Margarita Thsoutsoura, 2004. Corporate Social Responsibility and Financial Performance, California.

Nurlela dan Islahudin, 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI.

Sundjaja, Ridwan dan Inge Barlian. 2001. Manajemen Keuangan Satu. Edisi Keempat. Jakarta: PT Prenhallindo

Ujiyantho dan Pramuka, 2007. Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan go publik Sektor Manufaktur), Jurnal Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung