PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG KOLESTEROL

Leony Yola Shalsabila

Abstract


Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan). Dislipidemia merupakan salah satu gejala sindroma metabolik yang ditandai dengan abnormalitas profil lipid, seperti meningkatnya kadar kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida dan menurunnya kadar kolesterol HDL. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kegiatan penyuluhan kepada siswa/I SMA Negeri 41 Jakarta sebanyak 30 orang dengan tema “Ayo Cegah Kolesterol Tinggi Mulai Sekarang!” dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait kolesterol. Untuk melihat tingkat pemahaman peserta pada kegiatan penyukuhan ini, maka dilakukan pengisian kuisioner dengan instrument berupa pre test dan post test pertanyaan tentang materi kolestrol sebanyak 10 pertanyaan oleh sampel penelitian berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rerata pada pre test dengan nilai 69,03% menjadi 97,33% pada postest. Peningkatan tersebut menandakan bahwa siswa/i SMA Negeri 41 Jakarta telah mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang “Kolestrol” mulai dari pengertian, ciri-ciri, sampai pada pencegahan dan apa yang harus dilakukan bila terkena kolestrol.


Full Text:

PDF

References


Dewi, N.M.A.R., Puspitasari, C.E., & Hanifa, N.I. (2020). Sosialisasi pencegahan penyakit infeksi kecacingan di wilayah Mataram. INDRA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4. doi:https://doi.org/10.29303/indra.v1i1.18

Lee. S. M. dan Yang. E. (2008). “School Counseling in South Korea: Historical Development, Current Status, and Prospects”. Journal. Hong Kong: Korea University.

Masruroh. S. (2009). Kompetensi Guru. Jakarta. Miles. B. M. & A. M.

Sukmadinata. N.S. (2009). Bimbingan Konseling dalam Praktek. Bandung: Maestro

Sutama. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media Sutopo. H.B.

Wulansari, R. (2020). Strategi penyuluhan kesehatan. Retrieved from https://www.academia.edu/11047033




DOI: https://doi.org/10.52447/paj.v2i2.6542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.