KIAT APOTEKER DALAM KONSELING PENYAKIT DEGENERATIF YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

Ida Paulina Sormin, Salmaa Qoonitah

Abstract


Penyakit degeneratif merupakan kondisi kesehatan dimana organ atau jaringan terkait keadaan yang terus menurun seiring waktu Penyakit ini terjadi karena adanya perubahan perubahan pada sel-sel tubuh yang akhirnya mempengaruhi fungsi organ secara menyeluruh. Swamedikasi perlu dimonitor oleh apoteker khususnya pada pasien lansia karena adanya penurunan fungsi organ dan akumulasi penyakit-penyakit degeneratif sehingga perlu informasi obat atau konseling agar mendapat pelayanan langsung sesuai keahlian dan keilmuan apoteker. Konseling yang dilakukan apoteker adalah bagian dari pelayanan kefarmasian, bertujuan untuk meningkatkan hasil terapi dengan mengoptimalkan penggunaan obat-obatan yang tepat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi dan tambahan wawasan kepada masyarakat dalam konseling penyakit degeneratif yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan yaitu kegiatan webinar ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dan ditargetkan untuk mahasiswa program studi farmasi dan apoteker Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta serta dalam kegiatan webinar ini panitia menyiapkan beberapa contoh video konseling penyakit degenerative seperti hipertensi, diabetes melitus dan jantung koroner serta melakukan pre-test dan post-test. Dari 55 peserta yang hadir, hanya 45 peserta yang mengisi pertanyaan pretest dan 38 peserta mengisi pertanyaan pada posttest. Persentase rata – rata total skor prestest peserta sebesar 72,83% dan rata – rata skor posttest sebesar 70,43%. Jika dilihat dari grafik persentase rata – rata skor pretest dan post test, dapat dilihat bahwa terjadi penurunan sedikit skor posttest. Hal ini mungkin dikarenakan tidak semua peserta mengisi posttest serta kurangnya fokus pada saat kegiatan berlangsung.


Keywords


Apoteker; Konseling; Degeneratif

Full Text:

PDF

References


Firmansyah Ferdy, dkk. Konseling Penyakit Degeneratif Masyarakat Kota Pekanbaru. Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau. Jurnal Bakti Untuk Negeri. 2021.Volume 1 Nomor 2.

Amila.; Sembiring, E.; Aryani, N. DETEKSI DINI DAN PENCEGAHAN PENYAKIT DEGENERATIF PADA MASYARAKAT WILAYAH MUTIARA HOME CARE. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM). 2021.Vol. 4(1), 102-112.

Yunita, E.P. Penyuluhan Waspada Swamedikasi pada Penyakit Degeneratif serta Identifikasi Tanda-Tanda Vital dan Gaya Hidup Masyarakat terhadap Risiko Penyakit Degeneratif. Jurnal TRI DHARMA MANDIRI. 2021. Vol. 1(1), 34-44.

Walujo, D.D.; Ephrino, K.; Wijayanti, M.A. PENGARUH PEMBERIAN KONSELING APOTEKER TERHADAP PENGETAHUAN PASIEN SWAMEDIKASI DI APOTEK KECAMATAN MOJOROTO WILAYAH KOTA KEDIRI TAHUN 2019. Journal Of Pharmacy Science And Technology. 2019. Vol. 3(1), 203-208.




DOI: https://doi.org/10.52447/paj.v2i2.6641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.