PROMOSI KESEHATAN: LANGKAH CERDAS DENGAN APLIKASI DAN SOSIAL MEDIA
Abstract
Abstrak
Transformasi digital dalam bidang kesehatan telah menghadirkan berbagai inovasi dalam layanan medis, termasuk telemedicine, aplikasi kesehatan digital, serta penggunaan media sosial untuk promosi dan edukasi kesehatan. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaat teknologi ini dan mengalami kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan berbasis digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital kesehatan masyarakat melalui edukasi mengenai pemanfaatan aplikasi kesehatan dan media sosial dalam meningkatkan akses layanan medis. Metode yang digunakan adalah Community-Based Research (CBR) dengan pendekatan partisipatif yang melibatkan masyarakat secara langsung dalam pelaksanaan program. Edukasi dilakukan melalui sesi pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan aplikasi kesehatan digital, konsultasi telemedicine, serta strategi pencarian informasi kesehatan yang valid di media sosial. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai layanan kesehatan digital. Sebelum edukasi, hanya 60% peserta yang mengenal layanan telemedicine, dan setelah edukasi meningkat menjadi 92%. Selain itu, pemahaman tentang aplikasi kesehatan digital meningkat dari 68% menjadi 84%, dan minat menggunakan layanan kesehatan berbasis digital naik dari 64% menjadi 80%. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah edukasi (p-value 0,007 < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa edukasi kesehatan digital dapat meningkatkan literasi digital masyarakat serta mendorong pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan. Meningkatnya kesadaran ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mandiri dalam menjaga kesehatan dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam mengakses layanan medis secara efisien
Kata kunci: Edukasi kesehatan; digital kesehatan;media social;promosi kesehatan
Full Text:
PDFReferences
Mariana, “Studi Linguistik tentang Penggunaan Bahasa Inggris pada Penyampaian Informasi Kesehatan di Platform Digital sektor , termasuk kesehatan . Platform digital , seperti situs web kesehatan , aplikasi , dan media banyak dilakukan , studi yang secara khusus men,” Sintaksis Publ. Para ahli Bhs. dan Sastra Ingg., vol. 2, no. 6, pp. 1–13, 2024.
Rifqi Atsani and Galih Tyas Anjari, “Telemedicine Sebagai Platform Konsultasi Kesehatan Mental di Era Industri 4.0,” Assert. Islam. Couns. J., vol. 2, no. 1, pp. 13–22, 2023.
Y. E. Christian, “Edukasi Pemanfaatan Sampah Anorganik menjadi Ecobrick sebagai Upaya Pengurangan Sampah Plastik Education,” Mitra, vol. 8, no. 2, pp. 199–214, 2024.
T. G. Narwaya and R. D. Lestari, “Vaksinasi dan Digitalisasi Komunikasi Kesehatan (Studi Fenomenologi Interpretatif atas Pemahaman Pengguna Platform PeduliLindungi di Yogyakarta),” Komun. J. Ilm. Komun., vol. 13, no. 1, pp. 89–99, 2024, doi: 10.33508/jk.v13i1.5432.
A. A. G. O. Widana, “Sosialisasi Platform Satusehat Mobile Dalam Upaya Habituasi Teknologi Kesehatan Berbasis Rekam Medis Kepada Kalangan Pelajar di SMK Kesehatan PGRI Denpasar,” J. Kreat. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 11, pp. 4961–4977, 2024.
S. L. Yasmien, “Analisis Terkait UX / UI Aplikasi Halodoc dengan Metode SUS : Optimalisasi Pengalaman Pengguna di Platform Layanan Kesehatan Digital,” SENDIKO, pp. 1–8, 2024.
N. Listyaningrum, “Perlindungan Hukum Pasien Telemedicine yang menderiTa kerugian akibat salah diagnosis dalam Platform kesehatan online,” Unizar Law Rev., vol. 7, no. 2, 2024.
Y. E. Christian, “Edukasi Kepatuhan Penggunaan Suspensi Antibiotik Di Kalangan Masyarakat: Mencegah Resistensi Bakteri Sejak Dini,” Mitramas, vol. 03, no. 01, pp. 11–26, 2025.
N. Kautsar, “Optimalisasi Strategi Komunikasi Gizi Melalui Platform Digital : Studi Pustaka Tentang Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Media Komunikasi Kesehatan,” J. Pendidik. Integr., vol. 5, no. 4, pp. 396–404, 2024.
N. Aisah, “Inovasi Platform Forum Anonim Dalam Mendukung Psikososial Dan Kesehatan Mental Mahasiswa,” J. Kesehat. Ilm. Indones., vol. 9, no. 2, 2024.
S. Afrioza, “Pengaruh penyuluhan platform judi online terhadap kesehatan mental remaja,” J. Ilmu Kesehat. Bhakti Husada, vol. 15, no. 2, pp. 424–432, 2024.
I. Fahruzi, “Project Based Learning (PBL) Peralatan Kesehatan: Pengembangan Sebuah Platform Jaringan Khusus yang Independen untuk Pengiriman Data Jantung Berbasis Protokol Lorawan,” Semin. Nas. Terap. Ris. Inov., vol. 9, no. 1, pp. 168–177, 2023.
N. Ekawati, “Pemberian Edukasi Kesehatan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Menggunakan Media Video Interaktif di Platform Instagram Provision,” Semin. Nas. Masy. Tangguh, vol. 2, no. 1, pp. 162–168, 2023.
D. P. Damayanti, “Penyuluhan Kesehatan dengan Permainan Escape Room melalui Platform Genial.ly dalam Meningkatkan Literasi Gizi Seimbang Anak Sekolah Dasar,” J. Penelit. Kesehat. Suara Forikes, vol. 15, no. 11, pp. 163–166, 2024.
W. C. Sukma and S. N. Febriyanti, “Penerimaan Generasi Z terhadap Kesehatan Mental pada Serial Drama Korea Daily Dose of Sunshine di Platform Netflix,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 8, pp. 8264–8267, 2024.
M. Rafli, “Implementasi Vascular Connect , Platform Terpadu Untuk Telekonsultasi Dalam Kesehatan Kardiovaskular,” Komputek, vol. 8, no. 2, pp. 47–53, 2024.
C. Reformanda, “Diseminasi Informasi Kesehatan Mental ‘Build Mental Shine More’ Pada Masyarakat Usia 17-45 Tahun Melalui Platform Yuk Berdialog Dengan Teori Difusi Inofasi,” PKM-CSR, vol. 7, 2024.
DOI: https://doi.org/10.52447/paj.v4i2.8186
Refbacks
- There are currently no refbacks.