MENDOBRAK KETERBATASAN MASYARAKAT: MEWUJUDKAN DESA OPEN DEFECATE FREE DI KABUPATEN BANYUWANGI MELALUI INOVASI “PUJASERA”
Abstract
ABSTRAK
Pada tahun 2013, dari 217 desa di Banyuwangi telah terdapat 27 desa ODF. Namun tak satupun desa ODF tersebut berada di wilayah kerja Puskesmas Tampo yang secara geografis dibentangi oleh sungai besar dan sempalan-sempan kecil. Kondisi tersebut sangat mendukung kebiasaan masyarakat buang air besar di sungai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut muncullah program “Pergunakan Jamban Sehat, Rakyat Aman” atau “Pujasera”. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Pujasera dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat meliputi pembentukan kader Pujasera, satgas ODF, dan komunitas arisan jamban sehat. Mereka bahu-membahu dalam bergotong royong membangun jamban sehat, kampanye ODF, dan menyelenggarakan klinik sanitasi melalui kemitraan dengan PNPM mandiri pedesaan, toko bangunan, serta media cetak dan elektronik sebagai partner sosialisasi. Output dari inovasi Pujasera adalah terjadinya perubahan perilaku masyarakat dari buang air besar di sungai beralih ke jamban sehat, menurunnya angka kesakitan akibat lingkungan buruk dari 35% menjadi 18%, kemudahan masyarakat miskin dalam mendapatkan jamban sehat, serta pola kehidupan sosial masyarakat yang lebih beradab dan bermartabat.
Kata Kunci: Kemiskinan, Inovasi, Pujasera, Open, Defecate Free
Full Text:
PDFReferences
Affandi, Agus et al. 2014. Modul Participatory Action Research (PAR): Untuk Pengorganisasian Mayarakat. Surabaya: LPPM UINSA.
Antara Jatim Online. 2016. Kemenpan RB Apresiasi Arisan Jamban Banyuwangi. Diakses melalui http://www.antarajatim.com pada tanggal 9 Mei 2015.
Common, Richard et al. 1993. Managing Public Services: Competition and Decentralization. Oxford: Butterworth Heinemann.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2005. Pembangunan Kesehatan. Jakarta: Pusdatin Depkes RI.
Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Dwiyanto, Agus. 2010. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Imanuddin, Muhammad. 2016. Inovasi Pelayanan Publik: Percepatan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Diakses melalui http://sinovik.menpan.go.id pada tanggal 3 mei 2016.
Kompas Online. 2016. Agar Warga Tak BAB Sembarangan, Arisan Jamban Digelar. Diakses melalui http://www.regional.kompas.com pada tanggal 9 Mei 2015.
Kusuma, Bayu Mitra A. dan Theresia Octastefani. 2015. “Implementasi Program Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Banyuwangi (JPKMB) Dalam Mewujudkan Pelayanan Kesehatan Primer Bagi Seluruh Lapisan Masyarakat”. The Indonesian Journal of Public Administration Vol. 2 No. 1 2015.
Nugroho, Riant. 2014. Public Policy: Teori, Manajemen, Dinamika, Analisis, Konvergensi, dan Kimia Kebijakan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Osborn, Derek et al. 2015. Universal Sustainable Development Goals: Understanding the Transformational Challenge for Developed Countries. London: Stakeholder Forum.
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. 2013. Pemkab Banyuwangi Komitmen, Bidang Kesehatan Jadi Salah Satu Prioritas Pembangunan. Diakses melalui http://www.banyuwangikab.go.id pada tanggal 2 Mei 2016.
Presiden Republik Indonesia. 2005. Peraturan Presiden RI No. 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.
Ratminto, R. dan Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter, dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Balai Pustaka.
Said, M. Mas’ud. 2012. Birokrasi di Negara Birokratis: Makna, Masalah dan Dekonstruksi Birokrasi Indonesia. Malang: UMM Press, 2012.
Suryawati, Chriswandani. 2005. “Memahami Kemiskinan Secara Multidimensional”. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 8 No. 3 2005.
Tangkilisan, Hesel Nogi S. 2003. Kebijakan Publik yang Membumi: Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: Yayasan Pembaruan Administrasi Publik Indonesia dan Lukman Offset.
Thoha, Miftah. 2012. Birokrasi Pemerintah dan Kekuasaan di Indonesia. Yogyakarta: Thafa Media.
Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith. 2003. Economic Development in the Third World. London: Pearson Education.
United Nations Department of Economics and Social Affairs (UNDESA). 2007. Governance for the Millennium Development Goals: Core Issues and Good Practices. Dipublikasikan di 7th Global Forum on Reinventing Government Building Trust in Government. Wina Austria, 26-29 Juni 2007.
Wahab, Solichin Abdul. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: UMM Press.
William, F. dan Peter R. Monge. 2011. Reasoning With Statistic: How to Read Quantitative Studies. New York: Harcourt.
DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v2i2.507
Refbacks
- There are currently no refbacks.