IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI PROGRAM KALIMASADA (Studi kasus pada Kelurahan Kapas Madya Baru, Kecamatan Tambak Sari, Kota Surabaya)

ABDUR ROHIM

Abstract


Pelayanan Publik merupakan suatu kebutuhan penduduk dan warga negara indonesia, namun masih banyak masyarakat yang masih belum memiliki dokumen yang tercatat sesuai dengan kebijakan baru seperti KK Barcode Kawin Tercatat dan masih banyak penduduk Kelurahan Kapas Madya Baru yang ditemukan di Program KALIMASADA masih Belum Kawin Tercatat Pada status KK.Tujuan peneliti adalh menganalisis penerapan kalimasada sayang warga yang di lakukan secara Dor To Dor untuk menertipkan Administrasi Kependudukan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Fokus penelitian ini adalah Implementasi kebijakan pelayanan administrasi kependudukan melalui program kalimasada studi kasus pada kelurahan kapas madya baru kecamatan tambak sari kota surabaya dalam menerapkan KK Barcode Kawin Belum Tercatat yang menggunakan teori Merile S. Grindle yang terdapat 2 variabel yaitu content of policy dan context of implementation. Dan hasil dalam penelitian menunjukan berjalan dengan baik dengan melaksanakan KALIMASADA di kelurahan Kapas Madya Baru untuk menertipkan Administrasi Kependudukan KK Barcode Kawin Tercatat.

Kata Kunci:Implementasi, Pelayanan Administrasi Kependudukan, KK Barcode Kawin Tercatat, Kalimasada.


References


Rohman, Didik , Fatkhur ; Imam, Hanafi; Minto Hadi. 2010. “Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Malang) Didik Fatkhur Rohman, Imam Hanafi, Minto Hadi.” Jurnal Administrasi Publik Universitas Brawijaya Malang 1(5): 962–71.

Pratama, Widyati Octavani, and Donny Maulana. 2022. “Implementasi Program Pelayanan Surabaya.” Seminar Nasional Patriot Mengabdi I Tahun 2021.

Anggela Putri, Setya Nanda. 2022. “Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik Dengan Program Kalimasada Melalui Aplikasi Klampid Di Kelurahan Nginden Jangkungan.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2): 1112–17.

Tahir, Arifin. 2013. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan Di Kota Gorontalo.” Journal of Chemical Information and Modeling 58(12): 1–23. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

UIN Suska. 2008. “Pelayanan Administrasi.” : 49–74.




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v9i2.6871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.