Pengaruh Entrepreneurial Self Efficacy dan Personal Networks Terhadap Technopreneurship Intention dengan Literasi Digital Sebagai Pemoderasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh entrepreneurial self efficacy, personal networks dan literasi digital terhadap technopreneurship intention. Penelitian ini juga membuktikan moderasi literasi digital atas pengaruh entrepreneurial self efficacy dan personal networks terhadap technopreneurship intention. Metode penelitian yang digunakan adalah structural equation modelling, dengan bantuan Smart PLS. Data berasal dari survei kepada 150 responden. Hasilnya membuktikan bahwa entrepreneurial self efficacy, personal networks dan literasi digital berpengaruh positif terhadap technopreneurship intention. Literasi digital mampu memperkuat pengaruh positif dari entrepreneurial self efficacy terhadap technopreneurship intention. Namun, literasi digital gagal memperkuat pengaruh positif dari personal network terhadap technopreneurship intention. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan literasi digital dan kepercayaan diri kewirausahaan untuk mendorong technopreneurship yang lebih mandiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arianty, N., Julita, J., & Bahagia, R. (2020). Pengaruh Self Efficacy Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Usaha UKM Di Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Ekonomikawan, 20(2), 231–242.
Asmin, E. A. (2021). Pengaruh Perilaku Keuangan, Financial-Self Efficacy Dan Entrepreneurial Mindset Terhadap Teknologi Informasi Dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Ukm Di Kota Makassar). Universitas Hasanuddin.
Bandura, A. (2001). Social cognitive theory: An agentic perspective. Annual Review of Psychology, 52(1), 1–26.
Dessyana, A., & Riyanti, B. P. D. (2017). The influence of innovation and entrepreneurial self-efficacy to digital startup success. International Research Journal of Business Studies, 10(1), 57–68.
Dinata, K. B. (2021). Analisis kemampuan literasi digital mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105–119. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499
Dwi Ananda, K. (2023). Pengaruh Literasi Digital dan Pengetahuan Technopreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Angkatan 2018-2019. Universitas Jambi.
Gusdinar, I. R. (2023). Peran Self-Efficacy Dalam Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Literasi Digital Terhadap Technopreneruship intention (Survei Pada Siswa SMKN di Kota Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.
Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in second language and education research: Guidelines using an applied example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3), 100027.
Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook. Springer Nature.
Harefa, P. K., & Sirine, H. (2024). Pengaruh Self Efficacy dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja dengan Norma Subjektif sebagai Variabel Moderasi. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 886–903.
Hartatik, H., Rukmana, A. Y., Efitra, E., Mukhlis, I. R., Aksenta, A., Ratnaningrum, L. P. R. A., & Efdison, Z. (2023). TREN TECHNOPRENEURSHIP: Strategi & Inovasi Pengembangan Bisnis Kekinian dengan Teknologi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hoque, A., Awang, Z., & Siddiqui, B. A. (2017). Technopreneurial intention among university students of business courses in Malaysia: A structural equation modeling. International Journal of Entrepreneurship and Small & Medium Enterprise (IJESME), 4(7), 1–16.
Husnul, N. R. I., Prasetya, E. R., Ajimat, A., & Purnomo, L. I. (2020). Statistik Deskriptif. Universitas Pamulang: Banten.
Jiatong, W., Murad, M., Bajun, F., Tufail, M. S., Mirza, F., & Rafiq, M. (2021). Impact of entrepreneurial education, mindset, and creativity on entrepreneurial intention: mediating role of entrepreneurial self-efficacy. Frontiers in Psychology, 12, 724440.
Koe, W.-L. (2020). Data on technopreneurial intention among male and female university students: A comparison. Data in Brief, 33, 106423. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.106423
Manullang, D. R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Technopreneurship Intention Dimoderasi Oleh Self Efficacy dan Literasi Digital (Survei Pada Siswa SMK Negeri di Jakarta Timur). Universitas Pendidikan Indonesia.
Manullang, D. R., & Waspada, I. (2022). Peran self efficacy dalam memoderasi pengaruh digital literacy terhadap entrepreneurial intention. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2), 118–129.
McGee, J. E., Peterson, M., Mueller, S. L., & Sequeira, J. M. (2009). Entrepreneurial self–efficacy: Refining the measure. Entrepreneurship Theory and Practice, 33(4), 965–988. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1540-6520.2009.00304.x
Megawati, A. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan DAN Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di DKI Jakarta. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Mi’raj, N. (2021). Entrepreneur muda dan penguatan ekonomi berbasis komunitas: studi kasus di Pondok Pesantren Unwanul Falah NW Paok Lombok. UIN Mataram.
Mohammadyari, S., & Singh, H. (2015). Understanding the effect of e-learning on individual performance: The role of digital literacy. Computers & Education, 82, 11–25. https://doi.org/. http://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.10.025
Mueller, S. L., & Goic, S. (2003). East-West differences in entrepreneurial self-efficacy: Implications for entrepreneurship education in transition economies. International Journal of Entrepreneurship Education, 1(4), 613–632.
Mustakim, W., & Yulastri, A. (2024). Entrepreneurial Intention of Vocational High School Students: Does Technopreneurhsip Insight, Self-Efficacy and Locus of Control? Educational Insights, 2(1), 9–18.
Ndraha, A. B., Zebua, D., Zega, A., & Zebua, M. K. (2024). Dampak Ekonomi Digital Terhadap Pertumbuhan Umkm Di Era Industri 4.0. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 27–32.
Novariana, N. W., & Andrianto, S. (2020). Entrepreneurial self-efficacy dan intensi kewirausahaan: Peran mediasi perilaku inovatif pada mahasiswa di yogyakarta. Motiva: Jurnal Psikologi, 3(1), 26–34.
Nurhayati, D., & Lestari, N. S. (2022). Peran Digital Entrepreneurial Learning dan Entrepreneurial Orientation Sebagai Moderasi Pengaruh ICT Self-Efficacy terhadap Digital Entrepreneurial Intention Mahasiswa. Jurnal Wacana Ekonomi, 22(1), 86–97.
Nurhayati, D., Machmud, A., & Waspada, I. (2020). Technopreneurship Intention: Studi Kasus Pada Mahasiswa Dipengaruhi Entrepreneurial Learning. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 79–92.
Pirdaus, R. Y. (2022). Peran ICT Self Efficacy Dalam Memediasi Pengaruh Entrepreneurial Knowledge Terhadap Technopreneurship Intention Yang Dimoderasi Technological Pedagogical Content Knoeledge Guru (Studi Korelasional pada Siswa SMK Negeri Se-Kabupaten Ciamis). Universitas Pendidikan Indonesia.
Ratnasari, K., Damayanti, D., Charviandi, A., Fachrurazi, F., Abdurohim, A., & Prasetyo, T. (2023). Kewirausahaan (Era Transformasi Digital).
Saoula, O., Shamim, A., Ahmad, M. J., & Abid, M. F. (2023). Do entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial motivation, and family support enhance entrepreneurial intention? The mediating role of entrepreneurial education. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 17(1), 20–45.
Setiawan, T., Susetyo, D. P., & Pranajaya, E. (2021). Edukasi Literasi Digital: Pendampingan Transformasi Digital Pelaku UMKM Sukabumi Pakidulan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1599–1606.
Setyawati, A., Augustinah, F., Faradilla, C., Lie, D., Rosharita, R., Haryati, T., Huda, M., Wijaya, A., Bagenda, C., & Pasaribu, L. N. (2024). Menuju Transformasi Digital Eksistensi Kewirausahaan Digital.
Sidik, R., Sukoco, D. S., Nurmala, W. E., & Santihosi, R. E. (2023). Peran Literasi Digital Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Intensi Teknopreneur. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 209–222.
Sitepu, R., Soeparto, W. H., Pranoto, H. S., Dewi, G. C., & Dewi, L. (2024). Voyage Of Visionaries: Exploringglobalentrep Reneurshiplandscapes. Getpress Indonesia.
Sitorus, R. R., & Tambun, S. (2023). Pelatihan Aplikasi Smart PLS untuk Riset Akuntansi bagi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 18–26.
Taka, H. (2024). Role of Influencer and Service Excellent on Brand Performance in Healthcare Industries. Journal of Current Research in Business and Economics, 3(1), 3113–3142.
Tambun, S., Heryanto, H., Mulyadi, M., Sitorus, R. R., & Putra, R. R. (2022). Pelatihan aplikasi olah data SmartPLS untuk meningkatkan skill penelitian bagi dosen sekolah tinggi theologia batam. Jurnal Pengabdian Undikma, 3(2), 233–240.
Tambun, S., & Sitorus, R. R. (2024). Pelatihan Riset Akuntansi Dengan Smart PLS Bagi Mahasiswa Doktoral Akuntansi Universitas Trisakti. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 303–310.
Triono, S. P. H. (2015). Pengaruh Entrepreneurial Self Efficacy Dan Personal Networks Terhadap Niat Mahasiswa Untuk Menjadi Technopreneur. Jurnal Indonesia Membangun, 14(3), 1–25.
Yuliana, Y. (2021). Peningkatan Daya Saing Bisnis melalui Technopreneurship. Reviu Akuntansi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 103–113.
DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v10i2.7939
Refbacks
- There are currently no refbacks.