Faktor Penentu Kepuasan Pelanggan pada Industri Mesin Diecutter
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya konsumsi kemasan di Indonesia, yang tidak diikuti oleh peningkatan penjualan mesin pembuat kemasan. Studi ini meneliti faktor penentu yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, ditinjau dari factor kualitas produk, pelayanan, harga dan relationship. Studi ini dilakukan pada 30 perusahaan di Indonesia pembuat kemasan, pengguna mesin potong merk “B” di Indonesia, bagaimana pandangan dan persepsi mereka, serta meneliti variable apa yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, dan bagaimana tingkat pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian menggunaan metode wawancara dan kuesioner terhadap para pengambil keputusan, pemakai dan orang yang memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian. Metode uji reliabilitas dan validitas digunakan, juga asumsi klasik serta uji regresi linear berganda digunakan. Hasil penelitian menunjukan kualitas produk sebagai variable yang paling baik oleh pelanggan, variable harga sebagai variable penilain terendah. Variabel kualitas produk, harga, dan relasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah relasi.
Kata kunci : kepuasan pelanggan, Mesin potong, bisnis ke bisnis, Indonesia market
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.