STUDI KELAYAKAN DAN DESAIN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN SUMBU VERTIKAL DI PANTAI MARUNDA JAKARTA UTARA

Arnold Arnold, Andi Saidah

Abstract


Tenaga angin PTB merupakan sumber energi bersih dan terbarukan yang mempunyai nilai potensial besar bagi industri ketenagalistrikan dalam konteks masyarakat rendah karbon. Perkembangan pesat energi angin PLTB bergantung pada pemahaman yang baik tentang permasalahan teknis terkait turbin angin PLTB, yang mendorong program penelitian dan pengembangan yang sedang berlangsung. Fondasi turbin angin PLTB menghadirkan salah satu tantangan utama dalam desain turbin angin PLTB. Makalah ini mengkaji pengetahuan terkini mengenai isu-isu geoteknik dan struktural yang mempengaruhi jenis pondasi yang sedang dipertimbangkan untuk struktur pendukung turbin angin PLTB, dan memberikan rekomendasi ulang untuk penelitian dan pengembangan di masa depan. Penelitian dikakukan di Jakarta Utara Marunda dengan hasil 4 m/s dan desain turbin angin Savonius


Keywords


Turbin angin; Savonius; PLTB; Desain

Full Text:

PDF

References


F. Hardiyon, “Persebaran potensi Energi Angin di indonesia zonaebt.com,” zonaebt.com Renewable

Balai Besar Survei Dan Pengujian ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, Dan Konservasi Energi. (n.d.). Retrieved February 24, 2023, from https://p3tkebt.esdm.go.id/pilot-plan-project/energi_angin/potensi-energi-angin-indonesia-2020.

G. Rueter, “Seberapa Besar potensi Energi Angin di Masa Depan – DW – 14.12.2021.

Balai Besar Survei Dan Pengujian ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, Dan Konservasi Energi. (n.d.). Retrieved February 24, 2023, from https://p3tkebt.esdm.go.id/pilot-plan-project/energi_angin/potensi-energi-angin-indonesia-2020.

Wijianti, dkk 2019. “Turbin Angin Savonius Empat Sudu Dengan Variasi Model Profil Sebagai Media Belajar Mahasiswa. Machine Jurnal Teknik Mesin 5(2): 57–61.

Hau, E., 2006, Wind Turbines: Fundamentals, Technologies, Application, Economics,2nd Ed., Springer, Germany

Manwell, J., et all.2002, Wind Energy Explained: Theory Design and Application, John Wiley & Sons, Chichester, England.

Satyajith, Mathew,2005, Wind Energy Fundamentals, Resource Analysis and Economics, Springer: Berlin Germany

Sayoga, dkk, 2014, Pengaruh variasi jumlah blade terhadap performa aerodinamik pada rancangan kincir angin 300 watt, Universitas Mataram.

Schlager, N., Weisblatt, J. 2006, Alternative Energy, vol. 3, Thomson Gale, Detroit.

Ir Andi Saidah, M. T., & Muktar Sinaga, S. T. (2023). Power Plant dan Aplikasinya. CV. Bintang Semesta Media.

Arwan, A., Jihad, B. H., & Sinaga, M. (2023). ANALISA AUTOMATIC GUIDED VEHICLE (AGV) PENGANGKUT MESIN KAPASITAS 500 KG. JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL, 8(2), 107-111.




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v9i1.7685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.