PROGRAM PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN STANDARD SISTEM PELAYANAN PELANGGAN BAGI ANGGOTA PPC OJEK SIMPANG LEN GAMPONG PADANG SAKTI KOLA LHOKSEUMAWE

Ratri Candrasari, Harinawati Harinawati, Riyandhi Praza

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang ada di desa lingkungan kampus. Desa Padang Sakti yang bersebelahan dengan desa Blang Pulo merupakan desa yangsangat dekat dengan kampus Universitas Malikussaleh. Salah satu kegiatan keseharian yang melibatkan warga kampus Universitas Malikussaleh adalah urusan transportasi. Salah satu transportasi yang sering digunakan mahasiswa adalah Ojek. Ojek ini selain melayani mahasiswa dan dosen juga melayani masyarakat luas. Keberadaan Ojek ini menjadi solusi bagi mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan. Para Ojek yang mangkal di ujung jalan Line Pipa ini memang sudah membentuk persatuan dengan nama PPC Simpang Line. Namun dalam prakteknya kelompok ini belum terorganisir dengan baik dalam pelaksanaan kegiatan mereka sehingga muncul beberapa permasalahan diantaranya (1) keberadaan Ojek yang tidak diatur jadwal sehingga sering kosong pada saat masyarakat butuh atau kadang banyak ojek yang berada di pangkalan pada suatu waktu yang sama sehingga beberapa Ojek tidak mendapatkan pelanggan. (2) dari observasi awal, peneliti mendapatkan informasi bahwa pelanggan, khususnya masyarakat luar yang mengunjungi desa atau kampus Unimal, masih ada perasaan was-was dan kurang nyaman menggunakan jasa Ojek dikarenakan tidak adanya identitas khusus seperti rompi atau helm seragam. Satu hal yang lebih penting, mereka nampak belum siap menghadapi kehadiran Ojek Online yang akan menjadi pesaing mereka. Untuk itu kegiatan pengabdian ini bertujuan utama untuk memberikan pelatihan Digital Marketing dengan tujuan membangun kesiapan para Ojek untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam berbisnis. Selain itu juga akan diberikan pengetahuan dasar standar pelayanan pelanggan sehingga para Ojek dapat melakukan kegiatan secara profesional.

Keywords


Ojek Simpang Len; Digital Marketing; Padang Sakti; Standar Pelayanan Pelanggan

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v1i2.5975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.