Pelatihan Membuat Web Sederhana Menggunakan Tools Canva

Mohammad Jibril, Panji Wijonarko, EE Lailatul Putri, Revansyah Arestio, Daffa Raihan Thoriq, Rhama Viandra Nova, Dean Pratama, Muhammad Reynaldi Mumtaz, Aditia Pernando Setiawan, Oktavioni Ismawati

Abstract


Pembuatan website merupakan langkah penting dalam memperluas jangkauan dan memperkuat kehadiran online bagi individu maupun perusahaan. Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi pemilik bisnis dan pengguna individu untuk memiliki website yang menarik dan fungsional. Canva adalah platform desain grafis online yang populer, menawarkan solusi kreatif dan mudah digunakan bagi mereka yang ingin membuat website tanpa harus memiliki keahlian desain yang mendalam. Penelitian ini menyajikan sebuah analisis tentang pembuatan website menggunakan Canva, dengan fokus pada keuntungan, kemudahan penggunaan, dan kualitas desain yang dihasilkan. Kami mengeksplorasi berbagai fitur Canva yang memungkinkan pengguna untuk membuat desain web yang menarik, mulai dari pembuatan layout hingga penggunaan elemen desain yang siap pakai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Canva dapat menjadi solusi yang efektif bagi pemula maupun profesional dalam menciptakan website yang estetis dan fungsional tanpa mengorbankan waktu dan sumber daya yang berlebihan. Canva menawarkan alat yang kuat untuk mendukung proses pembuatan website yang efisien, memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan kreativitas mereka secara online dengan lebih mudah dan efektif. Pengabdian kepada masyarakat dalam pembuatan web sederhana portofolio menggunakan platform Canva memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan digital siswa-siswi SMA Yappenda.


Keywords


pembuatan website, canva, desain grafis online, kemudahaan penggunaan.

Full Text:

PDF

References


Khairunnisak Nur Isnaini, Dina Fajar Sulistiyani, Zezya Ramadhany Kharisma Putri. (2021). PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA.

https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/6434

Oktavian, Diar Puji. 2013. Yogyakarta : MediaKom. Membuat Website Powerfull Menggunakan PHP.

https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=rplCEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=membuat+web+sederhana&ots=-2WYS-BxIP&sig=cgW4rWE3muFka5qA_529cf1yF1I

Yoannes Romando Sipayu (2021). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Bagi PSM SATYA DHARMA GITA.

https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jbm/article/download/1058/705

Tiawan, Musawarman, Luthfiyah Sakinah, Nopi Rahmawati, Hamzah Salman(2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK DI SMKN 1 Gunung Putri Bogor.

https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/417/306

Dela Renca, Humaisar Hasugian (2019). Pembuatan Website Berbasis E-Commerce Menggunakan Business Model Canvas Pada Toko Brassica Florist.

https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/2712/971

Adriani Kala’lembang, Lilis Widayanti, Widya Adhariyanty Rahayu, Suastika Yulia Riska, Yudistira Arya Sapoetra (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva.

http://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/813/219




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v3i1.7657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.