Strategi Product Branding Kecap Ikan dari Fermentasi Ikan Rucah di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara
Abstract
Produk olahan perikanan menjadi bagian dari potensi sumber daya laut di Indonesia, khususnya dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan maupun masyarakat yang hidup di wilayah pesisir pantai. Salah satu industri pengolahan ikan secara tradisional yang juga memiliki potensi adalah olahan fermentasi untuk pembuatan kecap ikan. Pembuatan kecap ikan secara fermentasi yang dilakukan melalui metode tradisional memiliki beberapa kelebihan di antaranya memiliki nilai ekonomis yang tinggi, proses pengolahan yang mudah dan murah, bahan baku yang mudah didapat dan berasal dari berbagai jenis ikan yang mudah ditemukan dan juga bernilai ekonomis rendah, daya simpan lama, serta memiliki cita rasa dan aroma yang enak. Dengan mengambil lokasi di wilayah Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, daerah ini sangat potensial untuk dilakukannya kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya para nelayan dan masyarakat yang tinggal di daerah pesisir yang sebagian aktivitasnya diisi dengan kegiatan untuk menjadi nelayan. Dalam kegiatan ini, melalui sosialisasi dan pelatihan pembuatan kecap ikan berbasis fermentasi. Dengan menggunakan ikan rucah sebagai bahan baku, kegiatan ini berfokus kepada masyarakat khususnya para istri-istri nelayan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir dan juga meningkatkan perekonomian keluarga mereka yang sering menghadapi ketidakstabilan penghasilan dari kegiatan melaut. Sosialisasi dan pelatihan ini mencakup aspek produksi kecap ikan, strategi pemasaran seperti branding, promosi, dan distribusi produk. Sehingga mereka bisa memahami bagaimana cara memasarkan produk kecap ikan rucah ke masyarakat luas. Dengan diadakan sosialisasi dan pelatihan ini, masyarakat diharapkan agar mampu dan bisa mengembangkan keterampilan kewirausahaan yang berkelanjutan demi meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan perekonomian dan memanfaatkan sumber penghasilan mereka yang berasal dari laut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Budi Sulistio. (2020). Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis
Anggraini, Rina Nur. (2023). Pesona Produk Perikanan Indonesia di Kancah Internasional. Diakses dari https://www.antaranews.com/berita/3729642/pesona-produk-perikanan-indonesia-di-kancah-internasional pada 23 September 2023
Ardiansyah Y, Darmanto YS, Anggo AD. Pengaruh penambahan koji dan lama fermentasi terhadap kualitas (pH, TVBN, kadar garam, dan rendemen) kecap ikan berbahan baku ikan rucah. J Pengolah dan Bioteknol Has Perikan. 2015;4(2):53– 61
Arman Syah. (2023). Strategi Pemasaran. Bandung : Widina Media Utama.
Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Utara. (2023). Ekonomi Jakarta Utara 2023 Menguat. Diakses dari https://jakutkota.bps.go.id/id/pressrelease/2024/03/28/436/ekonomi-jakarta-utara-2023-menguat.html
Batubara, Rido Miduk Sugandi. (2022). Menyelaraskan Konservasi SDA Hayati dan Ekosistem. Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Diakses dari https://kkp.go.id/djpkrl/menyelaraskan-konservasi-sda-hayati-dan-ekosistem65fa4883cedeb/detail.html pada 24 September 2023
Cravens, D. W. (1997). Strategic Marketing. Richard D. Irwan,Inc
E-Warta Geospasial. (2020). Dari Nelayan untuk Indonesia. Cibinong: Badan Informasi Geospasial. Diakses dari https://www.big.go.id/uploads/content/Wartageospasial/warta7.pdf pada 25 September 2023
Kementerian Perdagangan RI. (2023). Bisnis Makanan Olahan Ikan Makin Menggiurkan, Siap Rambah Pasar Ekspor. Diakses dari https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/bisnis-makanan-olahan-ikan-makin-menggiurkan-siap-rambah-pasar-ekspor-1697930024 pada 25 September 2023
Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran Jilid II( Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi Keduabelas. Indeks. Jakarta.
Kottler Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Erlangga, Jakarta.
Pricilla, V., Durand, S. S., Tambani, G. O., Rantung, S. V., dan Aling, D. R. R. (2022). Keadaan Sosial Ekonomi dan Budaya Nelayan Buruh Alat Tangkap Pukat Cincin (Purse Seine) di Kawasan Muara Baru Kelurahan Penjaringan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Akulturasi: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 10(1), 122-130.
Statistik KKP. (n.d). Data Statis Nelayan/Pembudidaya. Diakses dari https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=nelayan&i=6#panel-footer-kpda pada 25 September 2023
DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v3i2.7872
Refbacks
- There are currently no refbacks.