MEMBANGUN GENERASI HEBAT DARI RUMAH : SINERGI KARAKTER ORANG TUA DAN ANAK

Sisman Prasetyo, Fauziah Fauziah, Masnia Ahmad, Ika widiastuti, Muhammad Lukman Hakim, Prasetyo Adi Nugroho, Mirza Azkia Muhammad Adiba

Abstract


Pengembangan karakter anak adalah dasar krusial untuk membangun generasi masa depan yang memiliki integritas dan tanggung jawab. Dalam konteks pemberdayaan masyarakat, keluarga berfungsi sebagai tempat utama untuk menanamkan nilai-nilai moral dan etika sejak usia dini. Artikel ini bertujuan meneliti peran sinergis orang tua dan anak dalam proses pengembangan karakter dengan pendekatan pemberdayaan keluarga. Pelaksanaan program dilakukan melalui pendidikan untuk orang tua, pelatihan komunikasi yang efektif, serta penguatan nilai-nilai teladan dalam lingkungan keluarga. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa partisipasi aktif orang tua dalam proses pendidikan karakter secara nyata meningkatkan kedisiplinan, empati, serta tanggung jawab anak dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, kolaborasi antara orang tua dan anak perlu terus diperkuat melalui kerja sama komunitas serta dukungan program pemberdayaan yang berjangka panjang.

Keywords


penguatan keluarga, sifat anak, fungsi orang tua, interaksi, pendidikan mora

Full Text:

PDF

References


Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020). Laporan Tahunan Perlindungan Anak Indonesia. Jakarta: KPAI

Nizar, A. R., Satriani, A., Putra, Z., Chilmi, A., Anggriani, F. L., & Damayanti, Z. A. (2025). Strategi Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Luar Jam Sekolah: Peran Guru dan Orang Tua dala Era Digital, 3(1), 44–50.

Nuryanto, D. (2019). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Nilai Moral Anak. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 45–52.

Sirait, A. J., & Siahaan, C. (2020). Peran Organisasi Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. Action Research Literate, 2507(February), 1–9.

Sudharsono, M., Laelly, T. A., Febriyanti, U., Apriliani, F., Fauzi, I., Pratomo, C.Karakter, P. (2025). Strategi Jangka Panjang Peran Guru dan Orang Tua Mencegah Perundungan di Sekolah Dasar, 9(1), 136–146.

Suherman, E., & Nurhadi, H. (2021). Sinergi Orang Tua dan Anak dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 112–120. Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236

Yusuf, M. (2018). Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v4i1.8558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.