PERAN RELAWAN PAJAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS ASISTENSI PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KPP PRATAMA PADEMANGAN

Kiko Armenita Julito, Rio Johan Putra, Khalisah Visiana Subekti, Wahyu Karisma Putra, Muhamad Ridho

Abstract


Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) merupakan kewajiban tahunan bagi wajib pajak orang pribadi. E-filing atau laporan pajak elektronik menjadi cara yang populer dan efisien dalam melaksanakan kewajibannya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana peran relawan pajak dalam pelaporan SPT Tahunan. Data yang digunakan adalah diperoleh dari hasil wawancara terhadap Individu yang mengajukan laporan SPT pada KPP Pratama Pademangan. Data hasil penelitian yang diperoleh peneliti yaitu; entri elektronik menyederhanakan proses pelaporan dengan menghilangkan kebutuhan untuk mengisi dan menyerahkan formulir secara manual. Wajib Pajak memiliki kemampuan untuk mengisi dan mengirimkan SPP secara daring menggunakan portal pajak yang disediakan pemerintah dan penggunaan e-filing memungkinkan para wajib pajak dengan mudah melacak dan memantau status penyampaian SPT merek. Anda bisa melihat apakah SPT Anda sudah diterima, sedang diproses, atau sudah disetujui, sehingga memberikan transparansi dan rasa aman kepada wajib pajak mengenai status pengajuannya. Selain itu, sistem entri elektronik secara otomatis memvalidasi data yang dimasukkan oleh wajib pajak, sehingga mengurangi risiko kesalahan pengisian data yang dapat terjadi pada manual proses. Terakhir, penggunaan e-filing membantu pemerintah mengelola data perpajakan dan mengumpulkannya dengan lebih efisien, informasi yang dikirimkan secara elektronik dapat diproses dan dianalisis oleh sistem komputer dan pemerintah dapat mengambil tindakan penegakan hukum yang diperlukan. Secara keseluruhan, Penggunaan sistem pengisian elektronik (e-filing) dalam penyampaian SPT Wajib Pajak orang pribadi berperan penting dalam mempermudah proses pelaporan, meningkatkan transparansi, mengurangi human error, dan meningkatkan efisiensi pengelolaan data perpajakan pemerintah


Keywords


SPT Orang Pribadi, Kualitas Asistensi Pelaporan, Relawan Pajak

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, P., Widiyohening, C. R., & Mauludin, L. A. (2022). Pendampingan Pelaporan Pajak oleh Relawan Pajak di KPP Pratama Purworejo. Jurnal ABDIRAJA, 5(2), 69–75. https://doi.org/10.24929/adr.v5i2.1942

Kumala, R., Safitri, W. D., Ridwal, R., & Nurhadi, H. (2022). Implementasi E-Faktur Versi 3.0 Dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak Untuk Pelaporan Spt Masa Ppn Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kosambi Tahun 2016-2020). Jurnal Pajak Vokasi (JUPASI), 3(2), 66–75. https://doi.org/10.31334/jupasi.v3i2.2213

Prasetyo, S., Julito, K. A., & Khoiri. (2024). Impelementasi Kebijakan E-Faktur Dalam Meningkatkan KepatuhanPengusaha Kena Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama JakartaKelapa Gading 2021-2023. Journal Akuntansi Manajerial, 9(1), 14–28.

Ratnasari, D., & Chamalinda, K. N. L. (2024). Peran Program Relawan Pajak, Pelatihan Pajak dan Pengembangan Diri Dalam Menentukan Minat Karir Mahasiswa Di Bidang Perpajakan. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi (JRMA), 12(2), 164–173.

Setiyani, N. M. dkk. (2018). Pengaruh Motivasi Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening (Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Di Kota Semarang). Journal Of Accounting, 1–18.

Yatna, B. N. F., & Julito, K. A. (2024). Pengaruh Pengetahuan Pajak Tentang UU Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPH OP) Terbaru Dan Efektivitas Relawan Pajak Pada Kepatuhan Pajak Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi. Edunomika, 08(02), 1–12. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v4i1.8617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.