NILAI, ASAS, NORMA, DAN FAKTA HUKUM: UPAYA MENJELASKAN DAN MENJERNIHKAN PEMAHAMANNYA

Wagiman S. Fil., SH., MH

Abstract


ABSTRAK

Penting untuk memahami nilai (value), asas (principle) dan hubungannya dengan norma (norm). Dibalik norma terdapat nilai dan asas. Nilai dan asas (hukum) merupakan landasan pertimbangan bagi pembentukan norma (hukum). Norma hukum merupakan perwujudan atau konkretisasi aturan hukum harus mencerminkan atau didasari pada asas-asas (hukum) sebagai landasan pembentuknya. Secara sifat, norma hukum datangnya dari luar atau negara. Norma berfungsi mengatur serta memiliki sanksi yang memaksa yang dapat langsung diterapkan oleh negara), sedangkan asas hukum bekerja secara tidak langsung yang berfungsi memberi pengaruh pada interpretasi terhadap aturan hukum. Pergumulan dalam ilmu hukum bukan sekedar pergumulan dengan fakta, melainkan pergumulan dengan nilai. Masalahnya bukan masalah fakta melainkan masalah nilai. Oleh karena itu, hukum dalam perspektif ilmu hukum, dituntut tanggung jawab, yaitu memberi jawab atas tuntutan etis yang tercermin dalam peristiwa hukum. Pergumulan dalam ilmu hukum bukan sekedar pergumulan dengan fakta, melainkan pergumulan dengan nilai. Masalahnya bukan masalah fakta melainkan masalah nilai.

Kata Kunci: Nilai, Asas, Norma, Fakta  Hukum

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abu Daud Busroh dan Abu Bakar, Asas-Asas Hukum Tata Negara, Ghalia Indonesia, Jakarta. 1997.

Achmad Roestandi, Responsi Filsafat Hukum, Armico, Bandung, 1984.

Ahmad Ali, 2002, Menguak Tabir Hukum: Suatu Kajian Filosofis dan Sosiologis, Gunung Agung, Jakarta.

Ahmad Ali, 2002, Keterpurukan Hukum di Indonesia (Penyebab dan Solusinya), Ghalia Indonesia, Jakarta.

Andrew Vincent, The Theories of the State, Basil Blackwell, Oxford, 1987.

Arief Sidharta, Bahan Kuliah Filsafat Hukum, Tahun Akademik 2004/2005 pada Program Magister Ilmu Hukum Unpad. Tanpa tahun.

A. Ridwan Halim, 1987, Sikap Tindak Dihadapan Hukum Negara dan Hukum Karma (Suatu Tinjauan Filsafat Hukum), Pradnya Paramita, Jakarta.

Al Wisnnubroto, 2010, Quo Vadis Tatanan Hukum Indonesia, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Benard Arief Sidharta, Refleksi Tentang Struktur Ilmu Hukum: Sebuah Penelitian Tentang Fondasi Kefilsafatan dan Sifat Keilmuan Ilmu Hukum Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Hukum Nasional Indonesia, Mandar Maju, Bandung, 1999.

Bryan A. Garner, Black's Law Dictionary, West Publishing Co., Saint Paul, 2004.

Budiono Kusumohamidjojo, 2004, Filsafat Hukum: Problematik Ketertiban yang Adil, Grasindo, Jakarta.

C. A. van Peursen, Fakta, Nilai, Peristiwa: Tentang Hubungan antara Ilmu Pengetahuan dan Etika, Terj. Sonny Keraf, Gramedia, Jakarta, 1990.

Dendy Sugono, dkk., Kamus Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2008.

Fitzerald Kennedy Sitorus, “Kant: Dari Subjek yang Kosong Hingga Tuhan Sebagai Postulat”, Makalah, Kelas Filsafat Filsafat Modern di Serambi Salihara, 26 November 2016.

Hazairin, “Kesusilaan dan Hukum”, Orasi, Guru Besar Hukum Adat sekaligus Hukum Islam Universitas Indonesia, 9 Desember 1950.

Henry Campbell Black, Joseph R. Nollan, M.J. Connolly, Black‘s Law Dictionary, West Publishing Co., Saint Paul, 1979.

Jan Gijssel & Mark van Hoecke, “Apakah Teori Hukum Itu?”, Terj. B. Arief Sidharta, Penerbitan Tidak Berkala, No. 3, Laboratorium Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung, 2000.

Jimly Asshiddiqie, “Dinamika Keterpecahan dan Keterpaduan Norma”, Makalah, Pembekalan Bagi Para Calon Hakim Agung, Komisi Yudisial, 9 Maret 2015.

Khudzaifah Dimyati, Pemikiran Hukum: Konstruksi Epistemologis Berbasis Budaya Hukum Indonesia, Genta Publishing, Yogyakarta, 2014.

La Ode Husen, “Menegakkan Etika dan Kehormatan Penyelenggara Negara Dapat Mencegah Terjadinya Korupsi”, Jurnal Etika & Pemilu, Edisi 1, Mei 2015.

M. Ali Zaidan, “Kekadaluwarsaan pada Perkara Pidana”, Artikel, H.U. Kompas 28 April 2016.

S. Prajudi Atmosudirjo, Hukum Administrasi Negara, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1994.

Soerjono Soekanto, Bantuan Hukum: Suatu Tinjauan Sosio Yuridis, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1983.

Sugijanto Darmadi, Kedudukan Ilmu Hukum Dalam Ilmu dan Filsafat: Suatu Eksplorasi Menuju Ilmu Hukum Yang Integralistik dan Otonom, Mandar Maju, Bandung, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @ Pusat Penelitian Pasca Sarjana Hukum

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung