LANDASAN/ DASAR DAN ARAH PENGEMBANGAN PENGAJARAN HUKUM DAN ILMU HUKUM DALAM PERSPEKTIF CITA-HUKUM (RECHTSIDEE) PANCASILA

Hotma P Sibuea, Sri Gambir Melati

Abstract


ABSTRAK

 

Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 perlu memiliki ciri khas yang berbeda dari ciri khas fakultas hukum yang lain. Sepanjang yang dapat diketahui, ada beberapa fakultas hukum yang mencanangkan memiliki ciri khas dengan cara seperti pengajaran hukum yang berfokus (Hukum bisnis atau hukum agrarian). Ada pula fakultas hukum yang memiliki ciri khas dari perspektif metode pendekatan dalam pengajaran hukum (metode pendekatan normatif atau empiris). Menurut penulis, cara untuk membangun ciri khas tidak perlu meniru cara yang dilakukan oleh fakultas hukum lain. Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 perlu menempuh cara lain untuk membangun ciri khas yang berbeda dari fakultas hukum yang lain. Dalam rangka implementasi nilai-nilai kebangsaan (nasionalisme) sebagai ciri khas pengajaran hukum dan ilmu hukum pada Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, dasar dan pengembangan pengajaran hukum dan ilmu hukum harus bertitik tolak dari sesuatu yang fundamental dalam kehidupan hukum bangsa Indonesia. Sesuatu hal yang fundamental tersebut adalah pandangan hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila. cita hukum Pacasila harus ditempatkan sebagai landasan dan arah pengembangan pengajaran hukum dan Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Cita hukum Pacasila harus ditempatkan sebagai landasan dan arah pengembangan pengajaran hukum dan Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

 

Kata Kunci: Hukum, Ilmu Hukum, Nasionalisme, Pancasila, Cita-hukum Pancasila

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul Hamid S Attamimi, Pancasila Cita Hukum Dalam Kehidupan Hukum Bangsa Indonesia dalam Oetojo Oesman dan Alfian (ed.), Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: 1992.

Bernard Arief Sidharta. Refleksi tentang Struktur Ilmu Hukum,Sebuah Penelitian tentang Fundasi Kefilsafatan dan Sifat Keilmuan Ilmu Hukum Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Hukum Nasional Indonesia, Bandung: 1999.

----------------------------. Ilmu Hukum Indonesia, Upaya Pengembangan Ilmu Hukum Sistematis Yang Responsif Terhadap Perubahan Masyarakat, Yogjakarta:

Dardji Darmodihardjo dan Shidarta. Penjabaran Nilai-nilai Pancasila Dalam Sistem Hukum Indonesia. Jakarta: 1996.

Oetojo Oesman dan Alfian. Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: 1992.

Moh. Koesnoe. “Perumusan dan Pembinaan Cita Hukum dan asas-asas Hukum Nasional, Ditinjau dari Hukum Adat.” Varia Peradilan, Nomor 120, Jakarta: September 1995.

Satjipto Rahardjo. Hukum Progresif Sebagai Dasar Pembangunan Ilmu Hukum Indonesia dalam Ahmad Gunawan dan Mu’ammar Ramadhan (penyunting), Menggagas Hukum Progresif Indonesia. Semarang: 2006.

Scholten, Paul. De structuur der Rechtswetenschap atau Struktur Ilmu Hukum (terj.

Bernard Arief Sidharta), Bandung: 2003).

Sitorus, Oloan dan Darwinsyah Minin. Membangun Teori Hukum Indonesia.

Yogjakarta: 2005.

Sudikno Mertokusumo, Teori Hukum, Yogjakarta: 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @ Pusat Penelitian Pasca Sarjana Hukum

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung