Pengaruh Relational Benefits Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Grab
Abstract
This study aims to determine the Effect of Relational Benefit on Customers in increasing Loyalty. Relational Benefit is the dependent variable in this study. Further data analysis using smart PLS. The population in this study are Grab users in the Cilincing Village, North Jakarta. The number of samples in this study were 100 Grab users using purposive sampling. The results of this study indicate that Relational Benefit has a significant positive effect on Customer Loyalty, Relational Benefit has a significant positive effect on customers, Furthermore, Relational Benefit has a significant positive effect on Customer Loyalty through customer goals.
Keywords: Relational Benefit, Customer Satisfaction, Customer Loyalty
Full Text:
PDFReferences
Badriyah, N. (2020). No Title. 4, 189–193.
Bank, P. T., Cabang, B. R. I., & Lampung, B. (2010). = 43,632 > f. 1–9.
Bisnis, J. S., Rokhmah, F., Arieba, I. Z., Studi, P., Administrasi, I., Administrasi, F. I., &
Brawijaya, U. (2018). Jurnal sketsa bisnis. 5(2), 72–85.
Ekonomi, P. (2017). Ekobis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah Kepercayaan Nasabah Sebagai
Pemediasi antara Confidence Benefit , Social Benefit , dan Special Treatment Benefit dengan
Loyalitas Nasabah Asuransi.
Elen, & Raymond. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Customer
Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada J&T Express Indosat. Jurnal
Ilmiah Core IT, Vol. 8(1), 142–155.
Journal, P., & Vol, P. (2019). No Title. 3, 34–47.
Kualitas, P., Dan, P., Pelayanan, K., Loyalitas, T., & Melalui, P. (2015). Management Analysis
Journal. 4(4), 348–354.
Kusumawati, A., Wusko, A. U., & Pangestuti, E. (2021). Relational Benefits on Customer
Satisfaction : Sharia Empirical Study in Indonesia. 312–321.
Ludiya, H. (2010). Pengaruh Relational Benefits Terhadap Relational Outcomes Behavioral
(Wom, Trust&Commitment) Melalui Satisfaction (Survei Pada Nasabah Pt. Bank Negara
Indonesia Wilayah Jakarta). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 3(1), 77.
https://doi.org/10.25105/jmpj.v3i1.481
Manajemen, M. J., & Semarang, U. P. (2020). 2), 3). 2006.
Mardikawati, W. (2013). PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN
TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN, MELALUI KEPUASAN PELANGGAN
PADA PELANGGAN BUS EFISIENSI (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap).
Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 64–75. https://doi.org/10.14710/jab.v2i1.5355
Mediasi, L. D., Nakula, J., & Semarang, I. N. (2016). ( ISST ) TERHADAP KEPUASAN DAN.
(1), 60–69.
Menengah, D. A. N., & Jawa, D. I. (2014). PENGARUH RELATIONAL BENEFIT TERHADAP
KEPUASAN DALAM PENJUALAN ONLINE PRODUK BATIK PADA USAHA MIKRO ,
KECIL. 6.
Nurcaya, I. N. (2019). TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN I Made Meta Agistia 1 Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia email : metaagistia@gmail.com
Jumlah penduduk Provinsi Bali yang setiap tahunya meningkat secara tidak langsung juga
berdampak akan menin. 8(1), 7219–7252.
Paper, C. (n.d.). CONCEPTUAL PAPER PENGARUH RELATIONAL BENEFITS TERHADAP
SATISFACTION , TRUST , DAN ADVOCACY. 93–103.
Pengaruh, A., Pelayanan, K., & Maskur, M. (n.d.). ( Studi Kasus pada Bengkel Mobil Larasati
Lumajang ).
Prayoga, I. M. S., Yasa, N. N. K., & Wardana, M. (2015). Relational Benefit, Kepuasan, Dan
Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Pt Honda Dewata Motor. Jurnal Manajemen Dan
Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 11–20.
https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.11-20
Purwoko, B., & Astuti, K. H. (2017). Pengaruh kepusan dan kepercayaan terhadap komitmen
relasional dan loyalitas nasabah bank mandiri surabaya 1). Economics and Sustainable
Development Vol., 2(02), 1–14.
Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, T. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan
Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt . Matahari Department Store Di Mantos 2
Effect Of Service Quality And Customer Satisfaction On Customer Loyalty At Pt . Matahari
Department Store In Mantos 2 Jurnal Em. Jurnal EMBA, 9(1), 1428–1438.
Putu, L., Wulandari, S., Wayan, N., Suprapti, S., & Nurcahya, K. (n.d.). KEPUASAN DAN
LOYALITAS NASABAH BANK ( Studi pada Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar ). 160–
Relational, P., Terhadap, B., Berbelanja, K., & Wijaya, E. (2017). JURNAL ILMIAH SIMANTEK
Vol. 1. No. 2 Juni 2017. 1(2), 106–112.
Saputro, D. A., Hufron, M., & S., A. R. (2017). PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN,
KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN SWITCHING BARRIERS TERHADAP
LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Toko Ogan Malang). E – Jurnal Riset
ManajemenPRODI MANAJEMEN, 000(November 2016), 124–135.
https://doi.org/10.1123/ijsb.8.1.1
Suartina, I. W., Sadiartha, A. A. N., & Ady, N. N. R. D. (2020). Pengaruh Customer Relationship
Management Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Anggota. Widya Manajemen, 2(2), 88–99.
https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v2i2.910
Subawa, I. G. B., & Sulistyawati, E. (2020). Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Loyalitas
Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen
Universitas Udayana, 9(2), 718. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p16
Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan
dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja.
Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201
Tjahyadi, R. A. (2020). Pengujian manfaat relasional dan kualitas hubungan sebagai anteseden
loyalitas pelanggan. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(2), 169–178.
https://doi.org/10.28932/jmm.v19i2.2433
Triadinda, D., Puspaningrum, A., & Hussein, A. S. (2018). Peranan Relational Benefits Dan
Perceived Value Dalam Meningkatkan Trust Dan Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan.
Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 65–78. https://doi.org/10.26905/jbm.v5i1.2317
Virgo Simamora, E. S. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Tracking System Berbasis Web
Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Persepsi Resiko Konsumen Pada Produk Jne
Cilincing. Jasa, Media Manajemen Internasional, Jurnal Online, 4(1), 15–29.
www.journal.uta45jakarta.ac.id
Yaskun, M., Studi, P., Fakultas, M., Universitas, E., & Lamongan, I. (2017). Peranan Relational
Benefits Dalam Peningkatan Kepuasan Dan. 4(2).
(Elen & Raymond, 2020)(Tjahyadi, 2020)(Bank et al., 2010)(Kusumawati et al., 2021)(Purwoko
& Astuti, 2017)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta