PENGARUH MARKETING COMMUNICATION CAFFE KENANGAN DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PENGUNJUNG
Abstract
Media sosial Instagram bisa digunakan untuk melakukan promosi melalui konten dalam bentuk video dan foto yang akan menarik tindakan seseorang untuk memberikan like, comment dan share. Promosi di Instagram inilah yang dapat digunakan sebagai strategi Marketing Communication. Marketing Communication memberi pengaruh tersendiri terhadap pelanggan maupun follower mereka salah satunya minat beli. Penggunaan foto, ilustrasi, gambar, teks iklan, bahkan video dalam konten Instagram digunakan untuk menarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Marketing Communication terhadap minat beli produk Caffe Kenangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh desain feed instagram terhadap minat pembelian produk Caffe Kenangan. Gambar, warna, copy writing, call to action dan konsistensi dalam post setiap harinya merupakan komponen Marketing Communication yang memberikan kontribusi terhadap minat beli adalah sebesar 29,4% dan sisanya 70,6% minat beli dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Instagram, Marketing Communication, Minat Beli
Full Text:
PDFReferences
Pramono, R. (2016) ‘Minat Beli’, Diponegoro Business Review, pp. 6–19.
Puguh Kurniawan et al. (2019) ‘Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Vapormxpku Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan’, Jurnal Bisnis Terapan, 3(9), pp. 25–32. Available at: http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533.
sugiyono (20014) ‘Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian’, Metode Penelitian, pp. 32–41.
Tjiptono, 2017 (2017) ‘Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Konsumen’, Water Science and Technology, 53(January), pp. 304–313. Available at: https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/s00506-018-0517-1.pdf%0Ahttps://sundoc.bibliothek.uni-halle.de/habil-online/05/08H116/t4.pdf.
Tjiptono, F. (2017) ‘Strategi Pemasaran Edisi 4’, Social Responsibility Journal, 11(3), pp. 449–466.
Viasari, Y. (2016) ‘Analisis Pemasaran Online Melalui Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan (Studi Kasus Pada Butik Viesna)’, pp. 11–31.
Pramono, R. (2016) ‘Minat Beli’, Diponegoro Business Review, pp. 6–19.
Puguh Kurniawan et al. (2019) ‘Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Vapormxpku Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan’, Jurnal Bisnis Terapan, 3(9), pp. 25–32. Available at: http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533.
sugiyono (20014) ‘Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian’, Metode Penelitian, pp. 32–41.
Tjiptono, 2017 (2017) ‘Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Konsumen’, Water Science and Technology, 53(January), pp. 304–313. Available at: https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/s00506-018-0517-1.pdf%0Ahttps://sundoc.bibliothek.uni-halle.de/habil-online/05/08H116/t4.pdf.
Tjiptono, F. (2017) ‘Strategi Pemasaran Edisi 4’, Social Responsibility Journal, 11(3), pp. 449–466.
Viasari, Y. (2016) ‘Analisis Pemasaran Online Melalui Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan (Studi Kasus Pada Butik Viesna)’, pp. 11–31.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta