ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERPADU PT SINAR SOSRO (TEH BOTOL SOSRO) BERDASARKAN PRINSIP DASAR PEMASARAN.”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran terintegrasi yang diterapkan oleh PT Sinar Sosro untuk produk Teh Botol Sosro berdasarkan prinsip-prinsip dasar pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur, memanfaatkan berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan laporan perusahaan. Analisis menunjukkan bahwa PT Sinar Sosro menerapkan strategi pemasaran terintegrasi melalui STP (Segmentasi, Penargetan, dan Positioning) serta strategi produk, harga, dan merek. Faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran adalah kekuatan merek, loyalitas konsumen, dan identitas budaya yang kuat dari Teh Botol Sosro sebagai minuman tradisional Indonesia. Namun, PT Sinar Sosro perlu memperkuat kehadiran pemasaran digitalnya dan mengembangkan varian produk yang lebih sehat untuk tetap kompetitif di pasar modern.
Kata kunci: Strategi Pemasaran Terintegrasi, Perilaku Konsumen, STP, Teh Botol Sosrosaran kebijakan untuk memperkuat transparansi dan integritas di sektor publik Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
JURNAL
Alfi Zakky Kurnia Rahman. (2021). Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning terhadap Produk The Botol Sosro. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. xxx, No. 10.
https://jurnal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec
Mariana Angella. (2024). Strategi Harga Sosro. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. xx, No. 14.
https://journal.unair.ac.id/JEBI
Evita Annisa. (2021). Siklus Kehidupan Produk PT Sinar Sosro. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. xx, No. 4.
https://journal.unpar.ac.id/jmk
Mokhamad G. Zaeni. (2018). Menjual Keunggulan Luar Biasa (KLB) Gizi Buruk Asmat. Jurnal Komunikasi dan Pemasaran, Vol. x, No. 2.
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (12th ed.). Pearson. https://www.pearson.com
WEBSITE
Katadata Insight Center. (2024). Tren Pasar Minuman Siap Saji di Indonesia. https://kic.katadata.co.id/insight/search.
Millennial (2021). Branding Jadi Rahasia Tehbotol Sosro Jaga Eksistensi Selama 40-an Tahun. https://cumparan.com/millennial/search. Oktober 28, 2021.
Kompassiana. (2025). Strategi harga dan value.
https://www.kompassiana.com/search. Mei 23, 2025.
Penerbit KPG & Tehbotol Sosro. (2025). Warna Asli Nusantara-KPG (24th ed.) https://sebotolkaryaanakbangsa.id. August 20, 2025
NielsenIQ. (2023). Laporan Konsumsi Minuman Siap Saji di Indonesia. https://www.nielsen.com/id/insight/2023/search.
PT Sinar Sosro. (2024). Annual Report PT Sinar Sosro.
https://sinarsosro.id
Udin Mulyadi. Kompasiana.com dengan judul "Strategi harga & value",
https://www.kompasiana.com/udin49509/683046be34777c1e474342f2/strategi-harga-value
BUKU
Baines, Fill, Page dalam buku mereka Essentials of Marketing
Baines, P., Fill, C., & Page, K. (2021). Marketing (7th ed.). Oxford University Press.
Statista. (2024). Market share of ready-to-drink tea in Indonesia.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

