ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERPADU PT SINAR SOSRO (TEH BOTOL SOSRO) BERDASARKAN PRINSIP DASAR PEMASARAN.”

Fangela Myas Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran terintegrasi yang diterapkan oleh PT Sinar Sosro untuk produk Teh Botol Sosro berdasarkan prinsip-prinsip dasar pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur, memanfaatkan berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan laporan perusahaan. Analisis menunjukkan bahwa PT Sinar Sosro menerapkan strategi pemasaran terintegrasi melalui STP (Segmentasi, Penargetan, dan Positioning) serta strategi produk, harga, dan merek. Faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran adalah kekuatan merek, loyalitas konsumen, dan identitas budaya yang kuat dari Teh Botol Sosro sebagai minuman tradisional Indonesia. Namun, PT Sinar Sosro perlu memperkuat kehadiran pemasaran digitalnya dan mengembangkan varian produk yang lebih sehat untuk tetap kompetitif di pasar modern.

 

Kata kunci: Strategi Pemasaran Terintegrasi, Perilaku Konsumen, STP, Teh Botol Sosrosaran kebijakan untuk memperkuat transparansi dan integritas di sektor publik Indonesia.


Keywords


Kata kunci: Strategi Pemasaran Terintegrasi, Perilaku Konsumen, STP, Teh Botol Sosrosaran kebijakan untuk memperkuat transparansi dan integritas di sektor publik Indonesia.

References


JURNAL

Alfi Zakky Kurnia Rahman. (2021). Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning terhadap Produk The Botol Sosro. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. xxx, No. 10.

https://jurnal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec

Mariana Angella. (2024). Strategi Harga Sosro. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. xx, No. 14.

https://journal.unair.ac.id/JEBI

Evita Annisa. (2021). Siklus Kehidupan Produk PT Sinar Sosro. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. xx, No. 4.

https://journal.unpar.ac.id/jmk

Mokhamad G. Zaeni. (2018). Menjual Keunggulan Luar Biasa (KLB) Gizi Buruk Asmat. Jurnal Komunikasi dan Pemasaran, Vol. x, No. 2.

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (12th ed.). Pearson. https://www.pearson.com

WEBSITE

Katadata Insight Center. (2024). Tren Pasar Minuman Siap Saji di Indonesia. https://kic.katadata.co.id/insight/search.

Millennial (2021). Branding Jadi Rahasia Tehbotol Sosro Jaga Eksistensi Selama 40-an Tahun. https://cumparan.com/millennial/search. Oktober 28, 2021.

Kompassiana. (2025). Strategi harga dan value.

https://www.kompassiana.com/search. Mei 23, 2025.

Penerbit KPG & Tehbotol Sosro. (2025). Warna Asli Nusantara-KPG (24th ed.) https://sebotolkaryaanakbangsa.id. August 20, 2025

NielsenIQ. (2023). Laporan Konsumsi Minuman Siap Saji di Indonesia. https://www.nielsen.com/id/insight/2023/search.

PT Sinar Sosro. (2024). Annual Report PT Sinar Sosro.

https://sinarsosro.id

Udin Mulyadi. Kompasiana.com dengan judul "Strategi harga & value",

https://www.kompasiana.com/udin49509/683046be34777c1e474342f2/strategi-harga-value

BUKU

Baines, Fill, Page dalam buku mereka Essentials of Marketing

Baines, P., Fill, C., & Page, K. (2021). Marketing (7th ed.). Oxford University Press.

Statista. (2024). Market share of ready-to-drink tea in Indonesia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung