IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN DASAR (SPM-DIKDAS) TINGKAT SMP (STUDI PADA SMP N 6 SATU ATAP REMBANG DAN SMP N 3 PURBALINGGA)

Teguh Prasetya, Muslih Faozanudin, Dyah Retna Puspita

Abstract


Abstract: Implementation of minimum  service standards of basic education (SPM Dikdas) policy of junior high school level in Purbalingga has ups and downs in its development, sometimes up sometimes down, so it is interesting to examine how the implementation process is run. For that, the case study technique was taken in two junior high schools, they are SMP N 6 Satu Atap Rembang Purbalingga and SMP N 3 Purbalingga.The purpose of this research is to analyze the extent of the process of implementation SPM Dikdas policy in SMP N 6 Satu Atap Rembang Purbalingga and SMP N 3 Purbalingga. This research use is Qualitative Descriptive method with purposive sampling technique. The results of this study indicate that the implementation process of SPM Dikdas in SMP N 6 Satu Atap Rembang has not run well because it is still lack of manpower in the Administration Section in SMP N 6 one Roof Rembang while while in SMP N 3 Purbalingga has been run quite well run by the actors. The purpose of the SPM Dikdas Implementation Program is Sufficiently clear, but sometimes the objectives are not achieved maximally because the planned activities that are made still seem less bold because hampered by the tight rules and availability of funding sources. The development of MSS program in SMP level is quite good, but still less quickly because it is hindered by human resources that still do not meet the criteria of SPM Dikdas indicator. The other parties have participated well enough but there needs to be better coordination between the parties so that there is a better communication relationship to accelerate the process of program implementation and the uncontrollable factors experienced by the implementors are funding factors and natural factors which also includes the factors that greatly affect the process of implementation of SPM Dikdas.

Keywords:  Policy of SPM Dikdas, Implementation Process

 

Abstrak: Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM Dikdas) Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Purbalingga mengalami pasang surut dalam perkembangannya, kadang naik kadang turun, sehingga menarik untuk diteliti seperti apa proses implementasi dijalankan. Untuk itu diambil teknik studi kasus pada dua sekolah menengah pertama, yaitu SMP N 6 Satu Atap Rembang Purbalingga dan SMP N 3 Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana proses iplementasi SPM Dikdas Tingkat SMP N 6 Satu Atap Rembang Purbalingga dan SMP N 3 Purbalingga.Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses implementasi SPM Dikdas di SMP N 6 Satu Atap Rembang  belum berjalan baik karena masih kekurangan tenaga pada Bagian Tata Usaha di SMP N 6 satu Atap Rembang sedangkan sedangkan pada SMP N 3 Purbalingga sudah berjalan cukup baik dijalankan oleh para aktor. Tujuan Program Implementasi SPM Dikdas Sudah Cukup Jelas, namun adakalanya tujuan tidak tercapai secara maksimal karena rencana kegiatan yang dibuat masih terkesan kurang berani karena terhambat oleh ketatnya aturan dan ketersediaan sumber dana.  Perkembangan program SPM Dikdas Tingkat SMP sudah cukup baik, namun masih kurang cepat karena terhalang oleh sumber daya manusia yang masih belum memenuhi kriteria indikator SPM Dikdas. Pihak-pihak lain sudah berpartisipasi cukup baik namun demikian perlu koordinasi yang lebih baik antar pihak-pihak tersebut sehingga terjadi hubungan komunikasi yang lebih baik untuk memprcepat proses implementasi program dan Faktor-faktor yang tak terkendali yang dialami oleh para implementor adalah faktor dana dan faktor alam yang juga termasuk faktor-faktor yang sangat mempengaruhi proses implentasi SPM Dikdas.

 Kata Kunci:  Kebijakan SPM Dikdas, Proses Implementasi


Full Text:

PDF

References


Anderson, James E. 1979. Public Policy Making. Nelson Hall Publisher, Chicago.

Indiahono, Dwiyanto. 2009, Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analisys. Gaya Media. Yogyakarta.

Kusumanegara, Solahuddin. 2010. Model dan Aktor dalamProses Kebijakan Publik. Gava Media. Yogyakarta.

Moleong, Lexy J. 2012, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Purwanto, A. Erwan dan Dyah R Sulistyastuti. 2012. Implementasi Kebijakan Publik dan Aplikasinya di Indonesia. Gava Media. Yogyakarta.

Ripley, B. Randall dan Franklin, Grace. A. 1986. Policy Implementation and Bureaucracy. Dorsey Press, Chicago.

Subarsono, AG. 2006, Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sugiyono. 2007, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung, Bandung.

Supriyatno, 2010. Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Gratis. Fakultas Sospol Universitas Indonesia. Jakarta.

Wibawa Samodra, Yuyun Purbokusumo, Agus Pramusinto. 1978. Evaluasi Kebijakan Publik. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Winarno, Budi. 2007, Kebijakan Publik : Teory dan Proses, Cetakan Kedua. Media Perssindo. Yogyakarta.

Wijanarti, Novita dan Slameto, 2017. Journal. “Evaluasi Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Berdasarkan Prinsip Good Governance di SD Negeri 4 Kaliaman Jepara”. Jurnal Kependidikan Triadik Volume 12, No. 1. Tahun 2017

Westra, Laura. 1989. Journal : The Ethics of Environmental Holism. Jurnal Nasional Tahun 1989. Diiakses melalui: http://jurnalnasional.westra 1989/ index.php/ian/article/viewFile/12/21




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v4i1.1122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.