PENGARUH PELAYANAN DAN LOYALITAS PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM MENGURUS KARTU TANDA PENDUDUK DI KELURAHAN KELAPA GADING TIMUR DI JAKARTA UTARA
Abstract
AbstracT, This study uses primary data through surveys, survey research methods can be analyzed in accordance with the wishes and needs of researchers, for example, to see the influence of the independent variables or to predict future behavior.The aim of this study was to determine the effect of service and loyalty of employees to the satisfaction of the public in obtaining an identity card in the Village East in Kelapa Gading, North Jakarta. People's satisfaction is a construct that stands alone and is affected by the service. Services can also affect employee loyalty directly, if the performance according to expectations, the people will be satisfied, if the performance to exceed expectations, then people will feel very satisfied (delighted). The approach used in this study is a quantitative analysis, using primary data obtained from the questionnaire. other than that of primary data obtained from the questionnaire that was distributed to the respondents. Then the data that has been processed is used to analyze the research hypothesis.T test results in partial positive and significant impact services to the satisfaction of the people in the care of the National Identity Card, as well as Employee Loyalty positive and significant impact on the care of the Public Satisfaction Pendududuk Identity Card. From the simultaneous analysis showed that Services and Employee Loyalty positive and significant impact to the satisfaction of the Society.
Keywords: Care, Employee Loyalty, and Community Satisfaction.
Abstrak, Penelitian ini menggunakan data primer melalui survey, metode penelitian survey bisa dianalisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan peneliti, misalnya untuk melihat pengaruh independen variabel atau untuk meramalkan perilaku di masa datang Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan loyalitas pegawai terhadap kepuasan masyarakat dalam mengurus kartu tanda penduduk di Kelurahan Kelapa Gading Timur di Jakarta Utara. Kepuasan masyarakat adalah merupakan konstruk yang berdiri sendiri dan dipengaruhi oleh pelayanan. Pelayanan juga dapat mempengaruhi loyalitas pegawai secara langsung, jika kinerja sesuai harapan maka masyarakat akan merasa puas, jika kinerja sampai melebihi harapan, maka masyarakat akan merasa sangat puas (delighted). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner. selain itu dari data primer yang diperoleh dari kusioner yang telah disebarkan ke responden. Kemudian data yang telah diolah dipakai untuk menganalisis hipotesis penelitian. Hasil uji t secara parsial variabel Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan masyarakat dalam mengurus Kartu Tanda Penduduk, begitu pula Loyalitas Pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat dalam mengurus Kartu Tanda Pendududuk. Dari analisis secara simultan diperoleh bahwa Pelayanan dan Loyalitas Pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat.
Kata Kunci: Pelayanan, Loyalitas Pegawai, dan Kepuasan MasyarakatKeywords
Full Text:
PDFReferences
Angipora. P Marius., Dasar-Dasar Pemasaran,2002., PT. Raja Grafindo Persada., Jakarta
Desjardins, Yoseph, An Introduction to Business Ethics, Mc Graw Hill, 2006
Djarwanto., Drs. dkk., Statistik Induktif., 2003., BPFE., Yogyakarta.
Ghozali, Imam, Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2006
Gie, The Liang, Administrasi Perkantoran Modern, Liberty, Yogyakarta, 2008
Griffin, Jill, 2005, Customer Loyalty : How to Earn It, How to Keep It, Lexington Books, Singapore, p : 4,13,18,31,35,54,89,108,121,139,141,162.169.
Handayaningrat, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta, Haji Masagung, 2006
Hill, Nigel, Handbook of Customer Satisfaction Measurement, Gower Publishing Limited, 2006
Keegan Warren. J., Manajemen Pemasaran Global., Jilid 1., Prenhallindo., Jakarta., 1996.
Kotler.Philip., Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol)., Prenhallindo., Jakarta., 2002.
Kumorotomo, Wahyudi, Etika Administrasi Negara, Radja Grafindo Persada, Jakarta, 2005
Kuncoro, Mudrajad, Metode riset untuk bisnis & ekonomi, Erlanggan, Jakarta, 2003
Lawrence, Jauch and R. William F. Glueck., Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Edisi Ketiga, Erlangga., Bandung., 2008.
Lee, Jangwoo and Miller, Danny, 2006. Strategy, Environment And Performance In Two Technical Contexts: Contingency Theory In Korea, Organization Studies(Walter De Gruyter Gmb And Co.K.G.) Vol. 17. No.5. pp729-751
Rangkuti, Freddy, Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009
Saladin Djaslim., Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran., Linda Karya., Bandung., 2002.
Santoso S & Tjiptono F., Riset Pemasaran (Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS)., Elex Media Komputindo., Jakarta.,2002.
Sitepu. Nirwana., Analisis Jalur (Path Analysis) 2004., Unit Pelayanan Statistika Jurusan Statistika., FMIPA UNPAD., Bandung.
Sri Wahyudi. A., Manajemen Strategik., 2005., Binarupa Aksara., Jakarta.
Sugiyono., Metoda Penelitian Administrasi., Alfabeta., Bandung., 2006.
Tjiptono Fandy., 2006 Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta, hlm : 5,41,42.
DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v5i2.4391
Refbacks
- There are currently no refbacks.