PERILAKU CALO DALAM PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH: ANALISIS TERHADAP WEWENANG PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH

Gad Momole

Abstract


Pelayanan pengurusan sertifikat tanah adalah aspek krusial dalam upaya mewujudkan kepastian hukum dan kepemilikan yang sah atas tanah. Namun, dalam proses pengurusan tersebut, fenomena calo telah menjadi tantangan serius yang mempengaruhi efisiensi dan keadilan dalam pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran PPAT dalam praktik calo dalam pengurusan sertifikat tanah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pendekatan kualitatif, sumber data di gunakan melalui wawancara  untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang fenomena ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan calo dalam pengurusan sertifikat tanah mencerminkan kegagalan sistem pelayanan publik di bidang pertanahan. PPAT, sebagai perantara calo, terlibat dalam memperlancar pengurusan sertifikat dengan imbalan finansial, meskipun hal ini merugikan masyarakat secara keseluruhan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, perlu dilakukan upaya perbaikan yang melibatkan semua pihak terkait, termasuk PPAT, untuk menghindari praktik calo dan memastikan pelayanan yang transparan, akuntabel, dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Keywords


Calo Tanah; PPAT; Sertifikat tanah

Full Text:

PDF

References


Nurasa, A., & Mujiburohman, D. A. (2020). Buku Ajar Pemeliharaan Data Pendaftaran Tanah. In STPN Press. STPN Press.

Andiyanto, K., Mujiburohman, D. A., & Budhiawan, H. (2021). Penerapan Pendaftaran Hak Tanggungan Terintegrasi Secara Elektronik Di Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru. Acta Comitas, 6(01). https://doi.org/10.24843/ac.2021.v06.i01.p17

Desiana, A. (2014). Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah Menuju Good Governance. Jurnal Manajemen Dan Pembangunan, I(1).

Djaelangkara, R. (2014). Tinjauan Kritis Konsep Dan Implementasi Pelayanan Publik Di Indonesia. Academica, September.

Djani, W., & Lino, M. M. (2020). REFORMASI SISTEM BIROKRASI DALAM PELAYANAN PERIZINAN DI PEMERINTAHAN KOTA KUPANG. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 6(1), 11–30. https://doi.org/10.52447/ijpa.v6i1.4126

Irawan, B., & Armadani, D. A. (2021). Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah Menuju Good Governance. In The Indonesian Journal of Administration Media.

Irviani, E., & Wijayanto, H. (2021). IMPLEMENTASI LAYANAN PUBLIK TRANSJAKARTA CARES DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PENYANDANG DISABILITAS DI WILAYAH PROVINSI DKI JAKARTA. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 6(2), 12–26. https://doi.org/10.52447/ijpa.v6i2.4384

Kurniawan, R. C. (2017). INOVASI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DAERAH. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 10(3). https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v10no3.794

Mujiburohman, D. A. (2018). Potensi Permasalahan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). BHUMI: Jurnal Agraria Dan Pertanahan, 4(1). https://doi.org/10.31292/jb.v4i1.217

Mujiburohman, D. A. (2021). Transformasi Dari Kertas Ke Elektronik: Telaah Yuridis Dan Teknis Sertipikat Tanah Elektronik. BHUMI: Jurnal Agraria Dan Pertanahan, 7(1).

Nurasa, A., & Mujiburohman, D. A. (2020). Tuntunan Pembuatan Akta Tanah. STPN Press.

Ray, R. I. W., & Surtyani, M. (2021). EVALUASI KEBIJAKAN PUBLIK DALAM PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN DI KELURAHAN MEKAR JAYA DEPOK. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 6(2). https://doi.org/10.52447/ijpa.v6i2.4385

Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE MELALUI PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Media Administrasi, 7(1). https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67

Setyobudi, Y. F. (2016). Peran Masyarakat Dalam Pelayanan Publik Sesuai Dengan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. In Jurnal Dimensi (Issue 25).

Surtyani, M., Wijayanto, H., & Pangestu, A. R. (2023). OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE (NPS) (STUDI PADA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KABUPATEN ADMINISTRASI KEPULAUAN SERIBU). The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 8(2), 130–143. https://doi.org/10.52447/ijpa.v8i2.6653

Thabroni, G. (2022). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh). Serupa.Id.

Wakhid, A. A. (2017). Reformasi Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal TAPIs, 01(14).

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif. QUANTA, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v9i2.6848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.