PERAN PEMERINTAH DALAM PROGRAM GO-DIGITAL BAGI UMKM TANAH ABANG SEBAGAI UPAYA KETAHANAN EKONOMI DI INDUSTRI FASHION

Angella Rosha Pangestu, Sisman Prasetyo, Muhamad Jejen Jaelani

Abstract


Perkembangan teknologi mendorong masyarakat beralih ke platform e-commerce untuk transaksi jual beli yang lebih efisien, sehingga berdampak pada kemunduran Pasar Tanah Abang. Program Go Digital diperlukan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi, khususnya di industri tekstil dan fashion lokal. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran pemerintah dalam penerapan digitalisasi di Pasar Tanah Abang menggunakan metode kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa pedagang mulai memanfaatkan platform seperti Instagram, Shopee, Tokopedia, dan TikTok, namun daya saing mereka masih kalah dengan pedagang online sepenuhnya. Transformasi digital belum optimal karena minimnya fasilitas, pendampingan, dan pengembangan dari pemerintah

Keywords


Peran pemerintah, Go Digital, UMKM, Fashion Lokal, Transformasi Digital

References


Anggela, N. L. (2023). Sudah Jualan di E-commerce, Pedagang Tanah Abang Ngeluh Kalah Saing dengan Influencer. Ekonomi.Bisnis.Com.

CNBC. (2023). Tragis Pedagang Pasar Tanah Abang, Kalah Lawan Live Shopping. Cnbcindonesia.Com.

CNBC. (2024). Menguak Kebobrokan Tanah Abang yang Bikin Pembeli Kabur. Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/news/20240107175025-4-503383/menguak-kebobrokan-tanah-abang-yang-bikin-pembeli-kabur

cnnindonesia.com. (2024). Pembeli Baju di Pasar Tanah Abang Anjlok 50 Persen, Apa Sebabnya? Cnnindonesia.Com

Hanum Choirina, A. R. (2021). Digitalisasi Produk Unggulan Desa Sukamaju Pekanbaru berbasis Qr Code dan Facebook Marketplace. Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–28

Hidayat, M. N. F., Febrianto, A., Mundir, A., Akil, A. I., Nisa’, C., Amelia, L., Yanuar, R. A., & Nabila, U. (2023). PKM Pengembangan Desa Ekonomi Digital melalui Pendampingan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Sertifikasi, Komersialisasi, dan Digitalisasi Produk Lokal Desa Clarak Kabupaten Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 4(3), 264–285. https://doi.org/10.33650/guyub.v4i3.6850

M, R. (2024). Sritex dan “Malapetaka” Tekstil Dunia: Semua Gara-Gara China. Cnbcindonesia.Com

MENPANRB. (2024). Kominfo Targetkan 30 Juta UMKM Adopsi Teknologi Digital pada 2024. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/berita-daerah/kominfo-targetkan-30-juta-umkm-adopsi-teknologi-digital-pada-2024

Mitraberdaya. (2024). Apakah Industri Tekstil di Indonesia Sekarang Sedang Terjatuh? Https://Mitraberdaya.Id/. https://mitraberdaya.id/id/news-information/industri-tekstil-di-indonesia

News, B. (2024). Produk China membanjiri Indonesia, puluhan pabrik tekstil tutup dan badai PHK - “Kondisi industri tekstil sudah darurat.” Bbc.Com. https://www.bbc.com/indonesia/articles/cmj2n2kxkgdo

PANRB. (2024). ASN yang Pasangannya Maju Pilkada Wajib Jaga Netralitas! https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/asn-yang-pasangannya-maju-pilkada-wajib-jaga-netralitas

Perto. (2023). Pasar Tanah Abang Sepi, Teten: Tak Ada Cara Lain UMKM Harus Go Digital. Telusur.Co.Id. https://telusur.co.id/detail/pasar-tanah-abang-sepi-teten-tak-ada-cara-lain-umkm-harus-go-digital

Putra, N. (2024). Data BPS: Produk Impor Cina Banjiri Pasar Indonesia, Tertinggi di Mesin, Barang Plastik, dan Alat Elektronik. Tempo.Co

Putri. (2023). Pasar Tanah Abang Sepi, Menkop UKM Ingin Ada Keberpihakan Regulasi Tranformasi Digital. Infopublik.Id. https://infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/779866/pasar-tanah-abang-sepi-menkop-ukm-ingin-ada-keberpihakan-regulasi-tranformasi-digital

Putri, I. (2024). Marak Produk Impor, KPPU Tekankan Pentingnya Upaya Proteksi Produk Lokal. Finance.Detik.Com. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7363331/marak-produk-impor-kppu-tekankan-pentingnya-upaya-proteksi-produk-lokal

Rizkiyani, M., Kinasih, C. P., & Fahmi, N. (2024). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP KEBERLANGSUNGAN PERDAGANGAN UMKM INDONESIA ( Studi Kasus Platform Shopee dan Pasar Tanah Abang

Sandi, K., & Ayunda, S. (2024). Optimalisasi Potensi Ekonomi UMKM Produk Lokal Melalui Transformasi Digital Kota Banda Aceh. 2

Saputra, M. A. (2019). Eksistensi Umkm Pada Era Marketplace. (Bachelor’s Thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Jakarta)

Ukmindonesia.id. (2024). Melirik Kebijakan Tiongkok Kembangkan UMKM Hingga Menjadi Raksasa Ekonomi Dunia. Ukmindonesia.Id

Voaindonesia.com. (2024). Lonjakan Impor dari China, Hantam Industri Dalam Negeri Indonesia. Voaindonesia.Com




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v10i2.7910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.