PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BESI DI UD. BESI AJI
Abstract
Abstrak
Pemasaran termasuk salah satu hal penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah
perusahaan. Bauran pemasaran yang didalamnya terdapat product, place, price, dan promotion
merupakan hal dasar yang dapat digunakan perusahaan untuk merumuskan kegiatan
pemasarannya. Dengan adanya persaingan yang kompetitif, maka perusahaan harus lebih
mempertimbangkan baik dalam produk, lokasi, harga,dan promosi (bauran pemasaran) yang
ditawarkan. Hal tersebut dapat menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membuat
keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh
bauran pemasaran (produk, lokasi, harga, dan promosi) terhadap keputusan pembelian. Jenis
penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan responden
konsumen yang telah melakukan pembelian setidaknya telah melakukan pembelian minimal
dua kali di UD.Besi Aji. Kuesioner diberikan kepada responden sebanyak 97 dengan teknik
sampling yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran
yang terdiri atas produk, place, price dan promotion terdapat pengaruh secara parsial dan
simultan terhadap keputusan pembelian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aliefia Hanifaradiz. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi
Lifebuoy di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: 5 (6)
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Anna Fitria. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian
pada Kupunya Rumah Mode. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: 6 (4)
Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo
Dede Aprisal. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan
Pembelian (Studi Kasus Pada Great Store Clothing samarinda). E-Journal Administrasi Bisnis. 5 (3) :
-826
Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi
Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus - Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps Publishing
Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 15. Jakarta: Erlangga
Martono, Nanang. 2015. Metode Penelitian Sosial: Konsep – Konsep Kunci. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung:
Alfabeta
Syamsul Arifin. 2013. Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi, Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Keputusan
Pembelian Besi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 2 (11): 2-8
Refbacks
- There are currently no refbacks.