PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BESI DI UD. BESI AJI

Sabda Dian Nuraini Siahaan

Abstract


Abstrak
Pemasaran termasuk salah satu hal penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah
perusahaan. Bauran pemasaran yang didalamnya terdapat product, place, price, dan promotion
merupakan hal dasar yang dapat digunakan perusahaan untuk merumuskan kegiatan
pemasarannya. Dengan adanya persaingan yang kompetitif, maka perusahaan harus lebih
mempertimbangkan baik dalam produk, lokasi, harga,dan promosi (bauran pemasaran) yang
ditawarkan. Hal tersebut dapat menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membuat
keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh
bauran pemasaran (produk, lokasi, harga, dan promosi) terhadap keputusan pembelian. Jenis
penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan responden
konsumen yang telah melakukan pembelian setidaknya telah melakukan pembelian minimal
dua kali di UD.Besi Aji. Kuesioner diberikan kepada responden sebanyak 97 dengan teknik
sampling yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran
yang terdiri atas produk, place, price dan promotion terdapat pengaruh secara parsial dan
simultan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Keywords: Produk, lokasi, harga, promosi, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aliefia Hanifaradiz. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi

Lifebuoy di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: 5 (6)

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Anna Fitria. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian

pada Kupunya Rumah Mode. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: 6 (4)

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo

Dede Aprisal. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan

Pembelian (Studi Kasus Pada Great Store Clothing samarinda). E-Journal Administrasi Bisnis. 5 (3) :

-826

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus - Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps Publishing

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 15. Jakarta: Erlangga

Martono, Nanang. 2015. Metode Penelitian Sosial: Konsep – Konsep Kunci. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung:

Alfabeta

Syamsul Arifin. 2013. Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi, Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Keputusan

Pembelian Besi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 2 (11): 2-8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.