Ekonomi Politik Media Dalam New Media (Studi Deskriptif Praktik Spasialisasi pada Channel Youtube Atta Halilintar)
Abstract
Penelitian ini mendalami mengenai ekonomi politik media yang terfokus dengan spasialisasi. Peneliti menjadi tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Ekonomi Politik Media Dalam new media dengan metode Studi Deskriptif yang fokus pada Praktik Spasialisasi pada Channel Youtube Atta Halilintar. Praktik Spasialisasi yang ditemukan adalah: Media youtube Atta Halilintar diintegrasikan dengan media sosial, integrasi dengan lini corporation dan kolaborasi dengan youtuber Indonesia lainnya.
Kata Kunci: Spasialisasi, Media baru, New media, Youtube
Abstract
This study explores the political economy of media that is focused on spatialization. Researchers become interested in conducting research on the Political Economy of Media in the new media with the Descriptive Study method that focuses on the practice of Spatialization on Atta Halilintar's Youtube Channel. Spatialization practices found are: Atta Halilintar's youtube media is integrated with social media, integration with corporation lines and collaboration with other Indonesian YouTubers.
Keywords: Spatialalization , New media, Youtube
Full Text:
PDF 189-215 (Bahasa Indonesia)References
Bungin, B. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Burgess, J., & Green, J. (2009a). Youtube: Online video and participatory culture. Cambridge, UK: Polity
Currant, James and Michael Gurevitch 1991, Mass Media and Society, Edward Arnold, London
Imran, Hasyim Ali. 2015. Fenomena Perkembangan TIK, Strukturasi, Spasialisasi media cetak. Jurnal Penelitian Pos dan Informastika. Volume 5 edisi 2: Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Mosco, Vincent. 2009. The Political Economy of Communication (Second Edition). London: Sage Publications Ltd.
Subandi, Zera Edenzwo dan Teguh Priyo Sadono. 2018. Komodifikasi, Spasialisasi, dan Strukturasi dalam Media Baru di Indonesia (Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco Pada Line Webtoon. National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development. Magister Ilmu Komunikasi, Universita Bunda Mulia.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
______
Blj. 2019. blj.co.id diakses pada tanggal 14 April 2019 pukul 08.00 WIB.
CNN Indonesia. 2019. cnnindonesia.com diakses pada tanggal 14 April 2019 pukul 13.00 WIB.
Tirto Id. 2019. tirto.id/konten-paling-populer-di-youtube-indonesia diakses pada 07 juli 2019 pukul 11.00 WIB
Tirto. Id. 2019. tirto.id/edwU diakses pada 07 Juli 2019 pukul 12.15 WIB.
Youtube. 2019. www.youtube.com diakses pada tanggal 14 April pukul 12.00 WIB.
Youtube. 2019. creatoracademy.youtube.com, diakses pada tanggal 14 April 2019 pukul 12.30 WIB.
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v5i1.1697
Refbacks
- There are currently no refbacks.