Strategi Komunikasi Kehumasan Industri BP Batam Di Kepulauan Riau
Abstract
Terdapat kesenjangan antara teori pertumbuhan investasi asing langsung di Kawasan Industri Batam yang melambat antara tahun 2008-2010 dan kehumasan BP Batam yang seharusnya memiliki banyak progam untuk menarik minat investasi asing langsung. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif atau data primer yang berasal dari BP Batam sebanyak empat orang pejabat struktural, yaitu dua orang direktur, dan dua orang kepala subdirektorat serta dua orang manajer masing-masing dari dua perusahaan asing di Kawasan Industri Batam.Di samping itu digunakan data sekunder yang berasal dari studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data hasil penelitian ini baik data primer berupa hasil wawancara mendalam dengan pemberi informasi kunci yang dipilih maupun data sekunder hasil studi kepustakaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kehumasan
This research between 2008-2010 and public relations BP Batam is supposed to have a lot of programmes to attract foreign direct investment. The studi uses descriptive qualitative approach, which products descriptive data primary obtained through in-depth interviews with key informations providers (key informan) from BP Batam’s four structural officials. They are namely two directors, and two heads of subdirectorat as well as two managers of each of the two is that there is a gap. In addition, the use of secondary data derived from study of literatures. Data analisys was done by reviewing all research data wich is the primary data in the form of in depth interviews with chosen key informations providers (key informan) as well as secondary between the trend growth of foreign direct investment in Batam foreign companies in data from the study of literature. The teory use in the research is communications strategy theory.
Keywords: Communications Strategy, Public Relation
Full Text:
PDF 111-131 (Bahasa Indonesia)References
Jefkins, Frank. 1994. Public Relations Techniques. Butterworth Heinemann: Oxford.
Hurlock, E.B. 1999. Psikologi
Perkembangan: Suatu Pendekatan –
Sepanjang. Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Yogyakarta: Kanisius
Kasali rhenaldi 2000. Manajemen Public Relations Pt.Themprint Jakarta
Cutlip,Scoot M, and Allen H.Center 2006. Effektive Public Relations, 9th Edition. Pearson Prentice Hall.Upper Saddle Rive.New Jersey.
Arifin,Answar.1984,Stretgi komunikaasi.CV.Armien Bandung
Artikel Jurnal:
Mohr, Jakki and John R. Nevin.1990.Communication Strategies in Marketing Channels:A Theoretical Perspective. Journal of Marketing,Vol.54, No.4, pp.36 -51
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v5i2.2338
Refbacks
- There are currently no refbacks.