Pengaruh Penggunaan Instagram terhadap Pembentukan Citra CNN Indonesia bagi Followers
Abstract
Abstract
Companies use Instagram accounts to communicate with the public, both internal and external public. Similarly the CNN Indonesia news media company. This company uses the Instagram account @cnnindonesia, in addition to being a means to communicate with followers, but also to shape the image of CNN Indonesia. The theory used in research, namely Joseph Walther's social information processing theory. The research methodology used is quantitative. While data collection using surveys through questionnaires, distributed to 100 respondents, who are followers of the Instagram account @cnnindonesia. The research findings state that there is a positive influence on the use of Instagram on the image of CNN Indonesia among followers, by 47.4%. It is recommended to account managers to optimally utilize the features available on Instagram @cnnindonesia, so that CNN Indonesia's image as a news media company in Indonesia can be realized more quickly.
Keywords: Instagram, Image, CNN Indonesia, Social Information Processing Theory.
Abstraksi
Perusahaan biasanya menggunakan akun Instagram untuk melakukan komunikasi dengan publiknya, baik publik internal ataupun eksternal. Begitu pula perusahaan media berita CNN Indonesia. Perusahaan ini menggunakan akun Instagram @cnnindonesia, selain sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan followers, tetapi juga untuk membentuk citra CNN Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan Instagram terhadap pembentukan citra CNN Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian, yaitu teori pemrosesan informasi sosial Joseph Walther. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan survei melalui kuesioner, disebarkan kepada 100 responden, yang merupakan followers akun Instagram @cnnindonesia. Temuan penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan Instagram terhadap citra CNN Indonesia bagi followers, sebesar 47,4%. Disarankan kepada pengelola akun untuk lebih optimal memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di Instagram @cnnindonesia, agar lebih cepat terwujud citra CNN Indonesia sebagai perusahaan media berita di Indonesia.
Kata kunci: Instagram, Citra Perusahaan, CNN Indonesia
Full Text:
PDF 365-390 (Bahasa Indonesia)References
Adeniji, A., Adenike, O. A., Omotayo, A. A., & Oni-Ojo, E. E. 2015. Corporate Image: A Strategy for Enhancing. Journal of South African Business Research, 1-12. doi:10.5171/2015.259483
Asril, S., & Rastika, I. 2016. Menguak Layar Bisnis Selebgram. Dipetik Januari 05, 2020, dari https://vik.kompas.com/selebgram/.
Atmoko, B. D. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Gassing, S. S., & Suryanto. 2018. Public Relations. Yogyakarta: ANDI.
Kriyantono, R. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Liliweri, A. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. 2009. Encyclopedia of communication theory. Thousand Oaks, California 91320, USA: SAGE Publications, Inc.
Miles, J. G.2019. Instagram Power: Build Your Brand and Reach More Customers with Visual Influence (second ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Turow, J. 2017. Media Today: Mass Communication in a Converging World (Sixth ed.). 711 Third Avenue, New York, NY 10017: Routledge.
https://www.apjii.or.id/, diakses tgl. 4 Januari 2020
https://www.instagram.com/cnnindonesia/, diakses tgl. 20 Januari 2020
https://www.instagram.com/kompastv/, diakses tgl. 20 Januari 2020
https://www.instagram.com/metrotv/, diakses tgl. 20 Januari 2020
https://www.instagram.com/tvonenews/, diakses tgl. 20 Januari 2020
https://www.instagram.com/elshintatv_jakarta/, diakses tgl. 20 Januari 2020
https://www.instagram.com/officialinewstv/, diakses tgl. 20 Januari 2020
https://id.wikipedia.org/wiki/CNN_Indonesia, diakses tgl. 20 Januari 2020
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v6i2.4338
Refbacks
- There are currently no refbacks.