Pengaruh Intensitas Penggunaan Tik Tok Terhadap Gratifikasi Penggunanya
Abstract
Abstract
The TikTok application until April 2020 has increased its usage to reach 2 billion downloads. Indonesia is the country with the highest number of Tik Tok downloaders in the world. In a day 100 videos or about 39 minutes are used by Tik Tok users in Indonesia watching videos. This study aims to determine the motives for selecting media (uses and gratification) with the habits of Tik Tok users. Of the 6 motives that underlie media selection (uses and gratification), the results of the study reveal that most tik tok users in Indonesia have a motive to seek information and spend time. In addition, there was a positive relationship between the choice of the motive for using Tik Tok with user habits with a correlation value of p <0.005 and R = .662.
Keywords : Tik Tok, Uses and Gratification, User Habit
Abstraksi
Aplikasi TikTok hingga April 2020 mengalami peningkatan penggunaan hingga mencapai 2 Milyar unduhan. Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengunduh Tik Tok terbanyak di dunia. Dalam sehari 100 video atau sekitar 39 menit digunakan oleh pengguna Tik Tok di Indonesia menyaksikan video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pemilihan media (uses and gratification) dengan kebiasaan pengguna Tik Tok. Dari 6 motif yang mendasari pemilihan media (uses and gratification), hasil penelitian mengungkap sebagian besar pengguna tik tok di Indonesia memiliki motif untuk mencari informasi, dan menghabiskan waktu. Selain itu didapatkan hubungan yang positif antara pemilihan motif penggunaan Tik Tok dengan kebiasaan pengguna dengan nilai korelasi p < 0,005 dan R= .662.
Kata Kunci: Tik Tok, Uses and Gratification, Intensitas Penggunaan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Agustina, S. 2020. Media Sosial, Tak Sekadar Jaringan Pertemanan. Kompas.Com. https://kompas.id/baca/riset/2020/06/17/media-sosial-tak-sekadar-jaringan-pertemanan/#:~:text=Pengguna media sosial di Indonesia,April 2019 dan Januari 2020.
Aprilian, D., Elita, Y., & Afriyati, V. 2020. Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Perilaku Narsisme Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 220–228. https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.220-228
Astuti, S., Bajari, A., Rachmiatie, A., & Venus, A. 2020. Correlation between Interpersonal Communication Motive and Interpersonal Communication Gratification with Psychological Well Being of Media Digital user in Indonesian Millennial Generation. 1–7. https://doi.org/10.4108/eai.26-11-2019.2295165
Franedya , Roy. 2020. Berapa Pengguna Aktif TikTok di Dunia? Jangan Kaget Yah! Cnbc. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200825104121-37-181742/berapa-pengguna-aktif-tiktok-di-dunia-jangan-kaget-yah
Kampai, J. 2020. Suami di Padang Siram Istri dengan Minyak Panas Gegara Tik-Tok. Detik.Com. Suami di Padang Siram Istri dengan Minyak Panas Gegara Tik-Tok
Pebrianto, Fajar. 2021. Harapan Sandiaga Uno untuk 30,7 Juta Pengguna TikTok di Indonesia. Tempo.Co. https://bisnis.tempo.co/read/1428311/harapan-sandiaga-uno-untuk-307-juta-pengguna-tiktok-di-indonesia
Pratama, S. 2020. Pengaruh Aplikasi TIK TOK Terhadap Ekspresi Komunikasi Mahasiswa Universitas Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya Tahun 2020. Internasional Journal of Educational Research, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o
techfor. 2020. The Rise Of TikTok : Masa Keemasan TikTok Selama Masa Pandemi. Techfor.Id. https://www.techfor.id/the-rise-of-tiktok-masa-keemasan-tiktok-selama-masa-pandemi/#:~:text=Puncak Perkembangan TikTok&text=Di Indonesia saja terjadi lonjakan,20%25 selama masa diam dirumah.&text=Sejak April 2020%2C TikTok mencapai 2 Miliar jumlah unduhan
Unair News. 2020. Kembali Booming, Dosen Psikologi UNAIR Tanggapi Fenomena Tik Tok dari Sisi Psikologis. Unair News. http://news.unair.ac.id/2020/02/13/kembali-booming-dosen-psikologi-unair-tanggapi-fenomena-tik-tok-dari-sisi-psikologis/
Wardina, Laila Meiliyandrie Indah., Sri Wahyuning Astuti. 2019. Gambaran Kesejahteraan Psikologi Generasi Milenial Pengguna Media Digital Di Jakarta Selatan. Southeast Asia Psychology Journal, 7(1), 1–14.
Wijana, E. 2020. No Title. Suarajogja.Id. https://jogja.suara.com/read/2020/10/30/085000/nyawa-anaknya-terancam-ibu-ini-peringatkan-bahaya-video-tiktok?page=all
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v7i1.4459