Analisis Isi Pemberitaan Penerimaan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia (Studi Kasus Pada Media Kompas.com Edisi 25 Februari – 25 Mei 2021)
Abstract
Abstract
At the beginning of the news on the Covid-19 vaccination, information and news spread in various versions, thus confusing the public. A situation full of uncertainty that leads to negative, positive or neutral sentiments is out of control, especially when these conversations appear on social media and online media. Therefore, this study aims to look at the contents of the news on Kompas.com Online Media in disseminating information about Covid-19 Vaccination in Indonesia. The research method used is quantitative content analysis method, with the concept of news content categories. The categories in question are news themes, news sources and news tones. The results of this study conclude that there is a positive response or response from the community, which means that the community is willing to accept and support the implementation of the covid-19 vaccination. It can be seen from the research results, positive news is 57.1%, and negative news is 23.4% while neutral is 19.5%.
Keywords : content analysis, positive response, covid-19 vaccination
Abstraksi
Pada awal pemberitaan vaksinasi covid-19 informasi dan berita tersebar hadir dengan berbagai versi sehingga membingungkan masyarakat. Situasi penuh ketidakpastian yang mengarah pada sikap sentimen negatif, positif maupun netral berada di luar kendali, terutama saat perbincangan tersebut muncul di media sosial dan media online. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk Melihat isi Pemberitaan pada Media Online Kompas.com dalam Penyebaran Informasi tentang Vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis isi kuantitatif, dengan konsep kategori isi berita. Kategori yang dimaksud yaitu tema berita, sumber berita dan nada berita. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya tanggapan atau respon positif dari masyarakat yang berarti masyarakat bersedia menerima serta mendukung pelaksanaan vaksinasi covid-19. Dapat dilihat dari hasil penelitian, berita positif sebesar 57.1%, berita negatif 23.4% sedangkan netral sebesar 19.5%.
Kata Kunci : analisis isi, respon positif, vaksinasi covid-19
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Admin. 2021. Respon Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Vaksin di Indonesia. Inilahsutra.Com.
Almunaware, A. N. I., Regar, P. M., & Senduk, J. 2015. Analisis Isi Berita Kontroversi Basuki Tjahaja Purnama Dalam Konteks Pengangkatan Gubernur Dki Jakarta Pada Surat Kabar Tribun Manado. Acta Diurna, iv(3), 1–9
Bruno, L. 2019. Opini Publik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Eriyanto. 2011. Analisis Isi : Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia Group.
Gushevinalti, G., Suminar, P., & Sunaryanto, H. 2020. Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 083.
Hamidi. 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. PT. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
Juditha, C. 2019. Agenda Setting Penyebaran Hoaks di Media Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 155–168.
Kementerian Kesehatan RI, UNICEF, & WHO. (2020). Survei penerimaan vaksin COVID-19 di Indonesia. November.
Juditha, C. 2019. Agenda Setting Penyebaran Hoaks di Media Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 155–168.
Nomalia, T. 2019. Komunikasi Kesehatan Dalam Meningkatkan Pola Hidup Sehat Karyawan Melalui Program Paradigma Sehat 4P Di PT. Telekomunikasi Indonesi TBK, Pekanbaru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5, 1–12
Putri, G. S. 2020. Keraguan pada Vaksin Covid-19, Bagaimana Masyarakat Harus Bersikap? Kompas.Com.
Rachman, F. F., & Pramana, S. 2020. Analisis Sentimen Pro dan Kontra Masyarakat Indonesia tentang Vaksin COVID-19 pada Media Sosial Twitter. Health Information Management Journal, 8(2), 100–109.
V. M. Buyanov. 2018. Sejarah Perkembangan Kompas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 26–37.
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v7i2.5278
Refbacks
- There are currently no refbacks.