Pengaruh Influencer dan Konten Instagram “@Anakjajan” terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di What’s Up Cafe

Fitriana Sandi, Rendi Azhari, Joshua Fernando, Ratih Kurnia Hidayati, Laurencia Steffanie Mega Wijaya Kurniawati

Abstract


Berkembangnya dunia digital merubah proses promosi produk. Pengunaan media konvesionalpun sudah bergeser sehingga saat ini setiap digital native bisa menjadi perantara promosi suatu produk yang disebut sebagai influencer. Media sosial Instagram  menjadi wadah digunakan para influencer dalam mempromosikan produk yang di jual. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh influencer dan konten Instagram @AnakJajan terhadap keputusan pembelian konsumen di What’s Up Café. Teori utama dalam penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications dan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dimana pengambilan sampel menggunakan sampling sebanyak 100 pengunjung What’s Up Café yang mengetahui atau memfollow Anak Jajan di instagram. Hasil dari penelitian ini adalah variabel yang paling signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel konten instagram sedangkan variabel lain (influencer) juga mempengaruhi keputusan pembelian namun tidak sebanyak konten instagram.


References


#makanan. (2021). #makanan. Instagram.

AnakJajan. (2021). ANAKJAJAN. Instagram.

Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.1929

Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 204–208. https://doi.org/10.24198/dharmakarya

Arenggoasih, R. W., & Khatibah, I. (2019). Characteristic of Interaction Stimulant Factors Analysis on Social Media Instagram Account @Ditjenpajakri. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 4(2), 175–190. https://doi.org/10.18326/inject.v4i2.175-190

Christina, S., Sitinah, S., Kuniawati, L. S., Sandi, F., & Marta, R. F. (2021). Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT Antavaya Melalui Program Acara Celebrity on Vacation Trans TV. Tuturlogi, 02(01), 25–38. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.002.01.2

Fauziah, & Tamaroba, H. (2021). Pengaruh Online Shop di Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Mutiara 1 Jakarta. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 7(1), 137–156. https://doi.org/10.52447/promedia.v7i1.4567

Fensi, F., & Christian, M. (2018). Determinan Citra Merek Pada Iklan Produk Gawai “Vivo” Berdasarkan Aspek “Celebrity Endorser.” Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(02), 163. https://doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1659

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Krisna, B., & Sudibyo. (2020). Upaya Komunikasi Pemasaran Start-Up Pada PT. Moka Indonesia. Visioner : Jurnal Penelitian Komunikasi, 2(1), 249–256.

Maida, S. T., & Sarwoko, T. A. (2020). Konten Politik Pada Media Baru dalam Perspektif Komunikasi Ekonomi Politik. Visioner : Jurnal Penelitian Komunikasi, 2(1), 228–238. http://ojs.mputantular.ac.id/index.php/vis/article/view/442/366

Marta, R. F., Fernando, J., & Kurniawati, L. S. M. W. (2020). Tinjauan Peran Komunikasi Keluarga pada Kinerja Public Relations melalui Konten Laman Resmi Media Daring KPPPA. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(01), 30–42. https://doi.org/10.22500/18202028620

Monggilo, Z. M. Z. (2020). Analisis Konten Kualitatif Hoaks Dan Literasi Digital Dalam @Komikfunday. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.14710/interaksi.9.1.1-18

Muchtar, K., & Ghalia, F. R. (2018). Respon Mahasiswa terhadap Tayangan Dakwah Islamiyah Khazanah (Trans 7) dan Damai Indonesiaku (Tv One). INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 3(2), 147–174. https://doi.org/10.18326/inject.v3i2.147-174

Mudjiyanto, B., & Dunan, A. (2021). Teknologi Digital Sarana Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 7(1), 1–40. https://doi.org/10.52447/promedia.v7i1.4570

Poetra, R. R., & Christantyawati, N. (2017). Model AIDA: Pola Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Kepuasan Penjualan di Toko Online Goldies Hijab. Jurnal Komunikasi Profesional, 1(1), 22–36. https://doi.org/10.25139/jkp.v1i1.170

Pratama, R. Z., Mudjiyanto, B., Sitinah, Fernando, J., & Sandi, F. (2020). Pembentukan Konsep Diri Siswa SMA Melalui Media Sosial Instagram. Komunikata57, 1(1), 42–49.

Ratnasari, E., & Oktaviani, F. D. (2019). A Phenomenological Study of Instagram Fasting on Millennial. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 4(2), 191–218. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/inject.v4i2.191-218

Septiani, A., Sumarah, N., & Norhabiba, F. (2020). Pengaruh Brand Ambassador EXO melalui Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Dikalangan Pembeli Produk Nature Republic (Studi Kasus Pada Komunitas EXO-L Surabaya). University 17 Agustus 1945 Surabaya., 7(X).

Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).

Sitinah. (2020). Strategi Komunikasi Humas dalam Meningkatkan Citra Rumah Sakit Medirossa 2 Cibarusah Cikarang Jawa Barat. Visioner : Jurnal Penelitian Komunikasi, 2(1), 205–217.

Sitinah, & Sofiawati, S. (2021). Strategi Komunikasi Bisnis Quadro Helix Dalam Digitalisasi Umkm Jabodetabek. Komunikata57, 2(1), 44–51. http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/238

Sofiawati, S. (2019). Sikap Siswa Siswi SMA Bina Dharma Ciracas Jakarta Timur Terhadap Tayangan Sinetron Anak Jalanan Di RCTI. Visioner : Jurnal Penelitian Komunikasi, 1(April), 31–42. http://ojs.mputantular.ac.id/index.php/vis/article/view/177

Wati, H. (2019). Pengaruh Selebgram sebagai Celebrity Endorsement terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 9(2), 722–728. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/sosietas.v9i2.22822

Whatsupcafeatbsd. (2021). The WHAT’S UP CAFE AT BSD. Instagram.

Yasya, W., Muljono, P., Seminar, K. B., & Hardinsyah, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Dan Dukungan Sosial Online Terhadap Perilaku Pemberian Air Susu Ibu. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1), 71. https://doi.org/10.31445/jskm.2019.1942

Yuliati, R. (2016). Penggunaan Internet Terhadap Peningkatan Partisipasi Politik Dan Kehidupan Demokrasi. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2(2), 124–129.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v8i1.5451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sinta Google Scholar Garuda BASE
Mendeley iThenticate ISSN Crossref
Dimensions APJIKI ISKI