Pengaruh Terpaan Iklan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Membeli Tiket Pesawat di Aplikasi TIKET.COM
Abstract
Abstract
This study aims to analyze and explain: (1) the effect of advertising exposure on the decision to buy airline tickets on the Tiket.com application; (2) the Effect of Brand Awareness on the Decision to Buy Airline Tickets on the Tiket.com Application; (3) the influence of simultaneous advertising exposure and brand awareness on the decision to buy airline tickets on the Tiket.com application. This study uses a quantitative approach. The data collection used in this research is a survey method. The distribution of the questionnaire was carried out using Google Forms. The sample used is 100 respondents who are users of the tiket.com application set using the slovin formula. Data analysis using SPSS 25 program. The results and conclusions of this study show: (1) Based on the results of multiple correlation testing, simultaneously between the variables of Advertising Exposure and Brand Awareness on Buying Decisions there is a close and strong relationship; (2) Based on the results of the regression test that has been done by the researcher, there is a positive effect. If Advertising Exposure increases, the decision to buy Airplane Tickets on the Tiket.com Application will also increase, as well as the increase in Brand Awareness will also increase the decision to Buy Airplane Tickets on the Tiket.com application; (3) Based on the T test conducted by the researcher. Advertising Exposure has a positive influence on the Decision to Buy Airplane Tickets on the Tiket.com Application, so Ha is accepted, Ho is rejected and Brand Awareness has a positive influence on the Decision to Buy Airplane Tickets on the Tiket.com Application, so Ha is accepted, Ho is rejected; (4) Based on the results of the F test that has been carried out by the researcher. Simultaneously shows that Advertising Exposure and Brand Awareness have a positive and significant influence on the Decision to Buy Airplane Tickets on the Tiket.com Application
Keywords: Format, Writing, Abstraction
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: (1) Pengaruh Terpaan Iklan Terhadap Keputusan Membeli Tiket Pesawat di Aplikasi Tiket.com; (2) Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Membeli Tiket Pesawat di Aplikasi Tiket.com; (3) Pengaruh Terpaan Iklan dan Kesadaran Merek secara simultan Terhadap Keputusan Membeli Tiket Pesawat di Aplikasi Tiket.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan google forms. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden merupakan pengguna aplikasi tiket.com ditetapkan menggunakan rumus slovin. Analisis data menggunakan program SPSS 25. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukan: (1) Berdasarkan hasil dari pengujian korelasi berganda, secara simultan antara variabel Terpaan Iklan dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Membeli terdapat hubungan yang erat dan kuat; (2) Berdasarkan hasil uji regresi yang sudah dilakukan oleh peneliti terdapat pengaruh positif. Jika Terpaan Iklan naik maka keputusan membeli Tiket Pesawat di Aplikasi Tiket.com akan naik pula, demikian juga dengan kenaikan Kesadaran Merek juga akan meningkatkan keputusan Membeli Tiket Pesawat di aplikasi Tiket.com; (3) Berdasarkan uji T yang dilakukan oleh peneliti. Terpaan Iklan memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Membeli Tiket Pesawat di Aplikasi Tiket.com, sehingga Ha diterima, Ho ditolak dan Kesadaran Merek memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Membeli Tiket Pesawat di Aplikasi Tiket.com, sehingga Ha diterima, Ho ditolak; (4) Berdasarkan hasil uji F yang telah dilakukan oleh peneliti. Secara simultan menunjukkan bahwa Terpaan Iklan dan Kesadaran Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Membeli Tiket Pesawat di Aplikasi Tiket.com
Kata Kunci: Terpaan Iklan, Kesadaran Merek, Keputusan Membeli
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Johar. 2017. SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Bungin, Burhan. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Perdana Media Group.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdi, Asep Saepul dan E. Bahruddin. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana.
Kriyantono , Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset komunikasi. Jakarta: Prenada Media.
Littlejohn, Stephen W dan Karen A. Foss. 2011. Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.
Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Masa. Pertama. Jakarta: Kencana. Santoso, Singgih. 2010. Statistik Nonparametik Konsep dan Analisis dengan SPSS. Jakarta: ElexMedia Komputindo.
Sarjono, Haryadi., dan Julianita, Winda. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Penerbit Salemba empat, Jakarta.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Siregar, Syofian. 2015. Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widyanto, Joko. 2010. SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.
Jurnal
Alfiah, Fifit, Yulianto, Eka Purnama Harahap, Baiq Aneji Pahad, Andriyanto, Ian An Azhari, and Riyan Sindi Saputra. 2015. “analisa peranan teknologi internet sebagai media transaksi e-commerce dalam meningkatkan perkembangan ekonomi Yulianto.” Semnasteknomedia Online 3(1):4-1–25.
Ali, Hapzi. 2019. “Building Repurchase Intention and Purchase Decision: Brand Awareness and Brand Loyalty Analysis (Case Study Private Label Product in Alfamidi Tangerang).” Saudi Journal of Humanities and Social Sciences 04(09):623–34. doi: 10.36348/sjhss.2019.v04i09.009.
Anggana, Raihan Fakhrin, and Idris. 2017. “Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar XL Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro).” 6(1):1– 10.
Kurnia, Muhammad Rifai. 2016. “Pengaruh Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Olahraga Tenis Meja Oke Sport Di Kecamatan Wonosari.” Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE) 24(1):33–42.
Martina, Sopa, and Lukmanul Hakim. 2018. “Kesadaran Merek Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian Wisatawan Domestik.” Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika 2(2):253–62.
Norhabiba, Fitri. 2020. “Pengaruh Terpaan Iklan Marketplace, Akses Aplikasi, Dan Minat Membeli Pada Mahasiswa.” Impresi 1(1):16–25.
Paramita Purnama, Rosita Anggraini, Arintowati Hartono, Irwansyah, and Niken F. Ernungtyas. 2019. “Terpaan Iklan Digital, Word Of Mouth Dan Komunikasi Pemasaran Interaktif Pada Keputusan Pembelian Produk Perawatan Tubuh.” KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah 9(2):192–209. doi: 10.35905/komunida.v9i2.1123.
Ramadayanti, Firda. 2019. “Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk.” Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis 6(2):78–83. doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6690.
Sari, Niken Permata, and Retno Widowati PA. 2014. “Hubungan Antara Kesadaran Merek, Kualitas Persepsian, Kepercayaan Merek Dan Minat Beli Produk Hijau.” Jurnal Manajemen Bisnis 5(1):59–79.
Sediyaningsih, Sri. 2018. “Konvergensi Media Di Era Digital (Eksploitasi Media Komunikasi Dalam Proses Belajar Mengajar Di Era Digital).” Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 19(1):52–57. doi: 10.33830/ptjj.v19i1.317.2018.
Tranggono, Didiek, Ajeng Nidita, and Juwito Putri. 2020. “Pengaruh Terpaan Iklan Nacific Di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific Pada Followers Akun @nacificofficial.Id.” Jurnal Komunikasi 10(2):141–55. doi: 10.15642/jik.2020.10.2.141-155.
Website
“Profil Perusahaan Tiket.com” Diambil Ilmu dari https://id.wikipedia.org/wiki/Tiket.com#:~:text=Tiket.com%20di dirikan%20oleh%20Wenas,tiket%20pesawat%20dan%20kereta% 20api. Diakses pada 15 Mei 2021.
“Logo Tiket.com” Diambil dari https://kumparan.com/kumparantech/tiket-com-ungkap-makna di-balik-logo-barunya Diakses pada 15 Mei 202
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v7i2.5499
Refbacks
- There are currently no refbacks.