Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Selective Self Presentation Pada Wanita Milenial

Dewi Maria Herawati, Titi Handayani

Abstract


Instagram Stories is one of Instagram's social media features that is used as a place for self-presentation because it can form a visualization of a person with all their activities. The formulation of the problem in this research is how is the Selective Self Presentation carried out by millennial women in the use of the Instagram Stories feature?. The research method used is descriptive qualitative, data collection techniques in this study using Snowball Sampling and obtained through Semi Structured Interviews and non-participant observations of Instagram Stories informants. The results of this study indicate that the form of self-presentation made by millennial women on the use of Instagram Stories can show their desire to be seen as a pleasant person, their morality and self-quality towards others. With a filter that makes them more eager to socialize online than face to face. This makes millennial women more confident and tend to maintain a positive self-image towards others.

 

Keywords: Instagram Stories, Self Presentation, Hyperpersonal  

 

 

 


Abstraksi

 

Instagram Stories menjadi salah satu fitur media sosial Instagram yang sangat dijadikan sebagai tempat untuk melakukan presentasi diri (self presentation) karena dapat membentuk suatu visualisasi seseorang dengan segala aktivitasnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Selective Self Pesentation yang dilakukan oleh wanita milenial dalam penggunaan fitur Instagram Stories?. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Snowball Sampling dan diperoleh melalui Wawancara Semi Terstruktur dan observasi non-partisipan terhadap Instagram Stories informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, bentuk presentasi diri (self presentation) yang dilakukan oleh wanita milenial pada penggunaan Instagram Stories dapat menunjukkan keinginan diri agar dilihat sebagai pribadi yang menyenangkan, moralitas dan kualitas diri yang dimiliki terhadap orang lain. Dengan adanya filter yang membuat mereka lebih berhasrat dalam bersosialisasi secara online dibandingkan tatap muka. Hal ini membuat wanita milenial lebih percaya diri dan cenderung menjaga citra diri positif terhadap orang lain.

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Diakses dari https://apjii.or.id/survei2019x.

Bojmel, L. B., Moran, S. B., & Shahar, G. (2016). Strategic Self Presentation on Facebook: Personal Motives and Audience Response to Online Behavior. Diakses dari 10.1016/j.chb.2015.10.033.

Huang, H. Y. (2014). Self Presentation Tactics in Social Media. School of Journalism and Communication Xiamen University of China. Diakses dari 10.2291/icss-14.2014.76.

Iman, Mustafa. (2020). Pengguna Instagram Di Indonesia Didominasi Wanita Dan Generasi Milenial. Diakses 28 Maret 2021 dari https://www.google.com/amp/s/www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial/amp.

Instagram Stories Sedot Jumlah View Snapchat Stories. Diakses dari http://teknologi.metrotvnews.com/read/2017/01/31/650688/instagram-stories-sedot-jumlahview-snapchat-stories

Kumalasari, H., & Hidayati, D. S. (2014). Rasa Malu dan Presentasi Diri Remaja di Media Sosial. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Miniwatts. (2020). Top 20 Countries With The Highest Number of Internet Users. Diakses pada 31 Maret 2021. Diakses darihttps://www.internetworldstats.com/top20.htm

Moelong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Muhammad Rahim, E. E. (2018). Motif Penggunaan Instagram Story (Studi Kasus Pada Siswa Siswi Jurusan Multimedia Di SMK Negeri 1 Samarinda). Universitas Mulawarman.

Monita. (2017). Media Baru dan Online Self Presentation (Studi Kualitatif Selective Self Presentation terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nashrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nyoman, N. T. U. (2019). Studi Eksploratif Strategi Presentasi Diri Remaja Akhir Di Instagram. Universitas Sanata Sharma Yogyakarta. Diakses dari https://repository.usd.ac.id/35826/2/149114201_full.pdf

Oktavianti, A. M. (2018). Instagram Stories Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswi Ilmu Komunikasi UINSA. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Pengguna Aktif Harian Instagram Stories. (2019). Diakses dari https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/pengguna-aktif-harian-instagram-stories-tembus-500-juta-orang

Permata Sari, Widya. (2018). Selective Self Presentation dalam Kencan Online Pada Situs dan Aplikasi Setipe dan Tinder. MediaTor , 155-164.

Puspita, Y. (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay.JurnalPekommas , 203-212.

Putri, E. (2016). Foto Diri, Representasi Identitas dan Masyarakat Tontonan Di Media Sosial Instagram. Jurnal Pemikiran Sosiologi.

Rahim, Muhammad. (2018). Motif Penggunaan Instagram Stories. Universitas Mulawarman.

Rahma, I. D. (2019). Penggunaan Fitur Instagram Stories Di Kalangan Mahasiswa. Universitas Subang.

Rinaldy. 2016. CEO Instagram Akui Jiplak Snapchat. Diakses dari http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160804101108-185-149134/ceo-Instagram-akuijiplak-Snapchat/

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarif. (2019). Pengaruh Fitur Instagram Stories Terhadap Eksistensi Diri Siswa SMA Sades Sapientiae Semarang. Universitas Semarang.Diakses dari https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/G31A/2014/G.331.14.0127/G.331.14.0127-15-File-Komplit-20190220120153.pdf

Umeda, N. N. (2019). Studi Eksploratif Strategi Selective Self Presentation Remaja Akhir Di Instagram.Universitas Sanata Dharma.

Zetizen. 2016. Fitur Baru Instagram: Instagram Stories Disebut Mirip Snapchat. Diakses dari http://www.zetizen.com/show/2870/fitur-baru-Instagram-Instagram-Stories-disebut-miripSnapchat




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v8i1.5519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sinta Google Scholar Garuda BASE
Mendeley iThenticate ISSN Crossref
Dimensions APJIKI ISKI