Pola Komunikasi Virtual Pembelajaran Daring dalam Program MBKM (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Peserta MBKM FISIP UTA’45 Jakarta)
Abstract
Abstract
The current pattern of communication and interaction relies on new media-based communication or the internet. The government through the Ministry of Education and Culture, Research and Technology in its efforts to develop the quality of student education has established the MBKM program. Various kinds of programs that are actually effectively run with this face-to-face learning method, must be run online due to the covid-19 pandemic. This study aims to determine the communication patterns that students make in their efforts to achieve success in completing the MBKM program they are participating in. This study uses quantitative and qualitative methods with the object being students of the social and political science faculty of UTA'45 Jakarta who participate in the MBKM program. The results showed that vertical communication between mentors and students went well, as well as communication between students and other students with the communication media used mostly via whatsapp. Communication barriers in participating in the MBKM program are socio-cultural, namely intercultural communication caused by the diverse cultural backgrounds of participants.
Keywords: Pattern, Communication, MBKM, Online
Abstraksi
Pola komunikasi dan interaksi saat ini bergantung pada komunikasi berbasis media baru atau internet. Pemerintah melalui kemendikbudristekdikti dalam upayanya mengembengkan kualitas pendidikan mahasiswa membentuk program MBKM. Berbagai macam program yang sejatinya efektif dijalankan dengan metode pembelajaran secara tatap muka ini, harus dijalankan dengan daring karena adanya pandemic covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan mahasiswa dalam upayanya mencapai keberhasilan menyelesaikan program MBKM yang diikuti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan objeknya adalah mahasiswa fakultas ilmu social dan ilmu politik UTA’45 Jakarta yang mengikuti program MBKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi vertikal antar mentor dan mahasiswa berjalan dengan baik, begitu juga komunikasi antar mahasiswa dan mahasiswa lainnya dengan media komunikasi yang digunakan paling banyak melalui whatsapp. Hambatan komunikasi dalam mengikuti program MBKM adalah secara social budaya, yaitu komunikasi antarbudaya yang disebabkan oleh beragamnya latar belakang budaya peserta dengan Upaya untuk mengatasi hal tersebut tentunya proses adaptasi.
Kata Kunci: Pola, Komunikasi, MBKM, Online
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Danim, Sudarwan. 2001. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia
Danumihardja, Mintarsih. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Delapan Kebiasaan Dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Euclid, ISSN 2355-17101, 2014. vol.1, No.1, pp. 1-59
Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang: Yayasan Asah, Asih, Asuh (YA3)Fitria Iswari. 2021. KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. GANDIWA: Gagasan, Media dan Wacana. Vol. 01 No. 01 Juni 2021
Hakim, T. 2004. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara
Hana Aviela Fedria Wowor, Kinkin Yuliaty Subarsa Putri 2021. Efektivitas Komunikasi dalam Perkuliahan Online terhadap Proses Belajar pada Mahasiswa Manokwari Papua Barat. Vol 5, No 1 (2021). Jurnal Komunikasi Pendidikan.
Holtzhausen, D. R., & Zerfass, A. 2013. Strategic communication–Pillars and perspectives on an alternate paradigm.In K. Sriramesh, A. Zerfass, & J.-N. Kim (Eds.),Current trends and emerging topics in public relations andcommunication management(pp.283–302). New York, NY: Routledge
Idrus, Muhammad. 2007. Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: UII Pers
Kertamukti, Rama. Strategi Komunikasi Antarpribadi Dosen dan Mahasiswa dalam Pengembangan Jiwa Kreatif (Studi Deskriptif pada program studi ilmu komunikasi UIN Sunan Kalijaga). Jurnal Komunikasi PROFETIK. Vol. 06, No. 2, Oktober 2013
Lestari, Isnania dan Raja Juanda. Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Keras Jaringan Internet Kelas IX SMP Negeri 5 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Efektor, Volume 6 Issue 2, 2019, Pages 127 – 135. Available online at: http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e
Maizan, Sabrina Hasyyati, Khoiruddin Bashori, Elli Nur Hayati. Analytical Theory: Gegar Budaya (Culture Shock). PSYCHO IDEA, Tahun 18.No.2, Agustus 2020, ISSN 2654-3516 (online)
Mutawakkil & Nuraedah. Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran Mahasiswa..COMMUNICATUS: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 3 Nomor 2 (2019) 25-42
Nabila Hilmy Zhafira, Yenny Ertika, Chairiyaton Chairiyaton. 2020. PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN DARING SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM). VOL 4. No.1
Soraya Fadhal. 2021. Hambatan Komunikasi dan Budaya dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. KOLABORASI LAWAN (HOAKS) COVID-19: Kampanye, Riset dan Pengalaman Japelidi di Tengah Pandemi.
Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Buni Aksar
Buku Pedoman MBKM, 2021. Kemendikbudristek.
_______https://unpar.ac.id/kebijakan-kampus-merdeka-bukan-gaung-semata
_______https://www.unpad.ac.id/2021/05/program-kampus-merdeka-dorong-perguruan-tinggi-lakukan-transformasi-pembelajaran/
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v7i2.5535
Refbacks
- There are currently no refbacks.