Pengaruh Sosialisasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap Keberhasilan Pelaksanaan MBKM di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Abstract
Abstract
In 2020, the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology (Kemendikbudristek) of the Republic of Indonesia (R.I) launched the Freedom to Learn-Independent Campus (MBKM). The University of 17 August 1945 Jakarta is committed to implementing MBKM programs. This study is the first study to discuss the effect of the MBKM policy socialization on the success of MBKM implementation. This study aims to determine whether the online socialization of MBKM policies at UTA '45 Jakarta has an effect on the successful implementation of MBKM programs at UTA '45 Jakarta. The method used is a quantitative method. The results showed that the socialization of MBKM policy at UTA '45 Jakarta influenced the success of MBKM implementation at UTA '45 Jakarta.
Keywords: Socialization, policy implementation, MBKM
Abstraksi
Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (R.I) meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Untuk dapat mengimplementasikan kebijakan tersebut, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (UTA ’45 Jakarta) telah melakukan penyesuaian kebijakan internal dalam pengembangan akademik, kurikulum, dan segala sumber daya, termasuk melakukan sosialisasi secara intensif. Namun demikian, dari 1103 jumlah dosen dan mahasiswa UTA ’45 Jakarta hanya 252 orang yang menjadi peserta program MBKM. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sosialisasi kebijakan MBKM yang dilakukan di UTA ’45 Jakarta berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan program-program MBKM di UTA ‘45 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang membahas tentang pengaruh sosialisasi kebijakan MBKM terhadap keberhasilan pelaksanaan MBKM. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi kebijakan MBKM di UTA ’45 Jakarta mempengaruhi keberhasilan implementasi MBKM di UTA ’45 Jakarta.
Kata Kunci: sosialisasi, implementasi kebijakan, MBK
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustino, L. 2016. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Baharuddin, M. R. 2021. Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. Diambil dari https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud R.I.
Fuadi, T. M., & Aswita, D. 2021. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. Diambil dari http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi
Puspitasari, R., & Nugroho, R. 2021. Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka FISIP UPN Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 276–292.
Rustan, A. S., & Hakki, N. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Diambil dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Ezk2DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=komunikasi&ots=b-R3bKxqjh&sig=XZzETnOn7fNtV-2mRWtKimx7yP0&redir_esc=y#v=onepage&q=komunikasi&f=false%0Ahttps://books.google.co.id/books?id=Ezk2DwAAQBAJ&pg=PA28&dq=Pengertian+berko
Syarif, A., Unde, A. A., & Asrul, L. 2014. Pentingnya Komunikasi dan Informasi pada Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(3), 142–152. Diambil dari https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/583
Thomas, A. S. 2018. Penggunaan Saluran Komunikasi dalam Menjaga Sikap Hidup Toleransi Beragama di Desa Kema Satu Kabupaten Minahasa Utara. Al Qalam, 24(2), 344–358. https://doi.org/10.31969/alq.v24i2.537
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v7i2.5536
Refbacks
- There are currently no refbacks.