KEBERADAAN “HOUSE JOURNAL” SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL DI LINGKUNGAN SUATU LEMBAGA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan newsletter Gentra sebagai media komunikasi dalam pemenuhan informasi komunitas civitas akademika UNPAD. Lokasi penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Fakultas Pertanian UNPAD Jatinangor dan UPT. Perpustakaan Pusat UNPAD. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah para pembaca newsletter “Gentra” dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Untuk teknik pengambilan datanya dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1. Intensitas terbitan newsletter gentra dilihat dari ketepatan waktu penerbitan dan frekuensi penerbitan masih belum sesuai dengan harapan khalayak atau pembaca, 2). Untuk aspek isi newsletter gentra yang menyangkut gaya bahasa, keaktualan informasi dan format penyajian sudah sesuai dengan kebutuhan khalayak atau pembaca, 3). Daya Tarik fisik newsletter gentra yang meliputi layout halaman da nisi, warna dan penyajian foto dan gambar sesuai dengan harapan pembaca yakni para civitas akademika UNPAD.
Kata Kunci : laporan berkala, Media komunikasi, media internal, public relations.
ABSTRACT
This study aims to determine the existence of Gentra newsletter as a communication medium in the fulfillment of the academic community ubuntu community information. The location study was conducted at the Library of the Faculty of Agriculture Padjadjaran Jatinangor and UPT. Padjadjaran University Central Library. The method used in this research is descriptive method with the type of survey research. The population in this study are the readers of the newsletter "Gentra" with sampling techniques using simple random sampling. For data collection technique is done through questionnaires, interviews, observation and literature study. Based on the survey results revealed that 1. The intensity of the newsletter published by Gentra seen from the timeliness of publication and frequency of issuance is still not in accordance with the expectations of the audience or the reader, 2). Gentra newsletter for the content aspect concerning the style, format and presentation of information actuality are in accordance with the needs of the audience or the reader, 3). Physical Attractiveness newsletter covering Gentra da nisi page layout, color and presentation of photos and images in accordance with the expectations of the readers of the academic community ubuntu.
Keywords: newsletter, media communication, internal media, public relations.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Badudu Zain. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Sinar Harapan.
Effendy, Onong Uchjana, 1989. Kamus-Kamus Komunikasi. Bandung: Mandiri
Maju
____________________. 2001. Dinamika Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
____________________. 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung :
PT. Remaja Rosdakarya.
____________________. 1993. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung :
PT. Citra Aditya Bakti.
Harianto GP, 1997, Mengolah Majalah-Majalah, Bandung: Agi Media
Huseini, Martani. 2008. Marketing Communications Orchestra. Bandung :
Examedia.
Jeffkins, Frank. 1995. Public Relations, Alih bahasa Haris munandar, Jakarta :
Erlangga.
Kasali, Renald. 2005. Manajemen Public Relation. Jakarta: Pustaka Grafili.
Kennedy, E, John dan Soemanagara, M, Dermawan. 2006. Marketing Communications Taktik dan Strategi. Jakarta Barat : PT. Bhuana Ilmu Populer.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 2, Alihbahasa oleh Hendra Teguh, dan Ronny A. Ruslie. Jakarta: Prehalindo.
Kusmiati, Artini. 1999. Disain Komunikasi Visual. Jakarta : Djambatan.
Mulyana, Deddy. 1997. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rakhmat, Jalaludin dan Deddy Mulyana. 2003. Komunikasi Antar Budaya. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2006. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Cetakan Kedua. Bandung: Penerbit Alfabeta
Siahaan, S.M. 1991, Komunikasi Pemahaman dan Penerapan, Jakarta. Gunung Mulia
Siregar, Ashadi dan Pasaribu, Rondang. 2000. Bagaimana Mengelola Media Korporasi, Jogyakarta, Kanisius.
Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Kuantiantittaif dan Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2004. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta
Susanto, Astrid. 1979. Filsafat Komunikasi. Bandung : Bina Cipta.
_____________. 1997. Komunikasi Dalam Teori dan Praktek. Bandung : Bina Cipta.
Yulia, Yuyu ; Janti G. Sujana dan Henny Windarti, (1994).Materi Pokok Pengadaan Bahan Pustaka. Jakarta : UT
Yusup, M, Pawit. 1995. Pedoman Praktis Mencari Informasi. Bandung : Remaja Rosda karya.
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v3i1.568
Refbacks
- There are currently no refbacks.