Peran Humas Setjen DPR RI Dalam Mengelola Citra Positif

Ida Royandiah, Yonarisman Muhammad Akbar, Raesita Rakhmawati Rosadi

Abstract


Public Relation atau Hubungan Masyarakat (humas) sudah di anggap penting bagi sebuah lembaga pemerintahan. Humas memiliki peran dalam menciptakan citra organisasi, mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang organisasi kepada publik. DPR RI sebagai lembaga negara saat ini elektabilitasnya menurun dan tidak kunjung baiknya citra DPR RI sebagai lembaga negara di mata masyarakat Indonesia. Selain kinerja DPR RI yang harus ditingkatkan, tentu saja humas sebagai halaman depan lembaga, berperan besar dalam mengubah citra negatif ini menjadi citra positif. Penelitian ini akan melihat bagaimana peran Humas DPR RI dalam menjaga reputasinya di mata publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana peneliti melakukan kajian kepustakaan, observasi, dan wawancara mendalam terkait topik yang diteliti. Hasil observasi dan wawancara yang didapat kemudian dianalisis menggunakan elemen yang terdapat pada komunikasi humas yaitu komunikasi eksternal. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa masalah utama buruknya citra DPR RI adalah karena tidak berimbangnya berita yang beredar di masyarakat dan juga banyaknya kasus korupsi serta ketidakadilan DPR RI dalam menjalankan fungsinya.

Kata Kunci: Humas Pemerintahan, Citra Lembaga, DPR RI

References


Effendy, Uchjana, Onong, 1992. Hubungan Masyarakat Suatu Komunikologis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Effendy, Uchjana, Onong. 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Fixpoll Research and Strategic Consulting (2021) “Kepuasan Masyarakat atas Kinerja DPR RI” Menurut Lembaga Fixpoll 2021, diakses pada 16-27 Juli 2021, tersedia pada https://www.merdeka.com/politik/survei-fixpoll-kepuasan-masyarakat-atas-kinerja-dpr-mpr-dan-dpd-rendah.html

Grunig, James E. Excellence Theory in Public Relations. 2014. University of Maryland

Guritno, Tatang. 2022. Survei Litbang ‘Kompas’: Citra DPR Kembali Merosot. Diakses dalam https://nasional.kompas.com/read/2022/10/17/10091871/survei-litbang-kompas-citra-dpr-kembali-merosot pada 4 November 2022 pukul 15.30 WIB.

Harlow, Rex F. (1976). Building a Public Relations Definition. Public Relations Review 2 No.4

HUMAS DPR RI PROFILE diakses dalam https://humas.dpr.go.id/index/profile pada 4 November 2022 pukul 15.00 WIB.

Jefkins, Frank. (1992). Public Relations Edisi 4. Jakarta: Erlangga

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Statistik Pendidikan : Jumlah Siswa Menurut Umur/Kelompok Umur Tiap Provinsi di Indonesia Tahun Ajaran 2019/2020. (2016). Diakses dalam https://statistik.data.kemdikbud.go.id/index.php/page/sma pada 4 November 2022.

Kent, Taylor. 2005. How Intercultural Communication Theory Informs Public Relations Practice in Global Settings diterbitkan dalam Public Relations in Global Cultural Contexts: Multi-Paradigmatic Perspectives. London:Routladge.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenadamedia Group

Kusumawati, Frida.(2004). Dasar-Dasar Humas.jakarta: Ghalia Indonesia.

Lattimore, dkk. 2010. Public Relations: Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika

Raymond S. Ross, buku “Speech Communication; Fundamentals and practice” (1983: 8). Mishawaka. U.S.A., Wiryanto

Saputra, Wahidin dan Rulli Nasrullah. 2011. Teori dan Praktik Publik Relations. Depok : Gramata Publishing

Wawancara Langsung Kepala Humas DPR RI oleh Tim Peneliti Jurusan Komunikasi Universitas Terbuka di Sekretariat DPR RI pada hari Kamis 06 Agustus 2022 pukul 11.15 WIB.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v8i2.6543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.