Difusi Inovasi dan Komunikasi Persuasi Terhadap Adopsi Program Siaran Televisi Digital
Abstract
Proses digitalisasi di Indoensia semakin berkembang terutama dalam bidang televisi yakni dari analog menjadi digital. Termasuk negara Indonesia yang akan melakukan perpindahan siaran analog ke digital. Namun sayangnya masih banyak masyarakat khususnya dari daerah yang belum memahami kebijakan tersebut. Pemerintah perlu melakukan komunikasi persuasive kepada masyarakat agar bersedia melakukan adopsi program digitalisasi untuk tetap dapat menonton televisi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Difusi Inovasi, Komunikasi Persuasi, Adopsi Program. Terdapat dua jenis variabel dalam penelitian ini, yaknik variabel independent yaitu Difusi Inovasi (X1) dan Komunikasi Persuasi (X2), sedangkan variabel yang lainnya adalah variabel independen yaitu Adopsi Program (Y). Objek penelitian adalah masyarkat Desa Pampang Dua dan Desa Harapan Makmur Kalimantan Barat. pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisoner melalui google form. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara probality sampling dengan teknik Cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh difusi inovasi dan komunikasi persuasi berpengaruh positif terhadap adopsi program. Sehingga dapat disimpulkan semakin efektif pengaruh difusi Inovasi dan semakin diketahuinya komunikasi persuasi membuat adopsi program semakin meningkat.
Kata Kunci: Difusi Inovasi, Komunikasi Persuasi, Adopsi ProgramFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, A. (2020). Pola Kebijakan Digitalisasi Penyiaran di Indonesia. ARISTO, 8(1), 82 - 103. doi:https://doi.org/10.24269/ars.v8i1.2263
Ainunnnisa, Nur Ayu. (2020) Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Literasi pada Kalangan Difavel Netra (Studi Kasus Komunikasi Persuasif Komunitas Difalitera dalam Meningkatkan Literasi Sastra pada Kalangan Difabel Netra.). Jurnal Komunikasi Massa
Budhiranto, Syarif. (2014) Sikap Masyarkat Terhadap Kampanye Televisi Digital Pada Media Televisi. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 18 No. 3, Desember 2014: 189-208
Budiman, Ahmad. (2015), Model Pengelolaan Digitaisasi Penyiaran di Indonesia. POLITICA, 6(2), 107-122 doi: 10.22212/jp.v6i2.307
Budiman, Ahmad. (2016). Kesiapan Lembaga Penyiaran Melaksanakan Digitalisasi Penyiaran. Jakarta: Balai Pustaka.
Dhia,dkk (2021). Analisis Retorika Aristoteles Pada Kajian Ilmiah Media Sosial Dalam Mempersuasi Publik. LINIMASA 4(1), 81-103
Emanuel, B., Rodrigues, C., & Martins, M. (2015). Rhetoric of interaction: Analysis of Pathos. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 9186, 417–427. https://doi.org/10.1007/978-3-319- 20886-2_39
Haryati. (2013). Hubungan Antara Karakteristik Sosial Ekonomi Dengan Pengambilan Keputusan Inovasi Siaran Televisi Digital. Jurnal Penelitian Komunikasi 16(2), 119-136. Doi: 10.20422/jpk.v16i2.35
Iskandar, dkk. (2019). Difusi Inovasi Siaran Televisi Digital pada Masyarakat Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Universitas Mercu Buana Jakarta
Marwiyati, M., & Wahyudin, A. (2020). Implementasi Sistem Siaran Televisi Digital Di Lpp Tvri Stasiun Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 156-165. doi:https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3697
Perloff, Richard M. (2017) The Dyanmics of Persuasion Communication and Atttitudes in 21st Century (Sixth Edition). New York: Routledge
Rogers, Everett M. (1995). Diffusion of Innovation. New York: Free Press
Rogers, Everett M., and Shoemaker. (1971). Communication of Innovations. New York: Free Press
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v8i2.6624
Refbacks
- There are currently no refbacks.