Analisis Manajemen Media Perum PNRI Lokananta Surakarta di Era Disrupsi Digital

Muadz Muadz, Buddy Riyanto

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dalam industri musik merubah wajah industri secara keseluruhan. Disrupsi digital memaksa pelaku industri musik beradaptasi. mulai dari proses produksi, distribusi dan konsumsi. Proses menikmati musik berubah, mulai dari analog, menikmati dalam bentuk fisik, dalam bentuk digital atau platform digital audio streaming. Lokananta, sebagai perusahaan musik rekaman milik negara beradaptasi menjawab tantangan tersebut. Penelitian ini mengkaji bagaimana proses manajemen media musik rekaman milik negara dalam era disrupsi digital seperti saat ini. Manajemen media musik rekaman yang dilakukan Lokananta dalam merespon era disrupsi digital sudah dilakukan, walaupun hasilnya belum maksimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara kepada narasumber dan pengambilan data sekunder dilakukan dengan mengkaji studi pustaka

References


Chan-Olmsted, S. M. (2006). Issues in Media Management and Technology. In A. B. Albarran, S. M. Chan-Olmsted, & O. M. With, Handbook of Media Management and Economics. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Inc.

Kasali, R. (2017). Disruption. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

KS, T. (2013). Rock 'n Roll Industri Musik Indonesia dari Analog ke Digital. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Lalean, F. S. (2018). Tesis: Strategi Bisnis Perusahaan Dalam Menghadapi Disrupsi Digital. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Murphy, S. (2015). Independent music Marketing in the digital age: an Examination of the decision Making Process and Key Issues Facing an Independent Singer-Songwriter Producing and Marketing an album (LP) in the Digital Age.

Putri, A. D. (2010). Critical Research Methodology (CREAME); Epistemologi. Jakarta: CIPG.

Quail, D. M. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Rahayu. (2017). Ekonomi dan Manajemen Media: Perkembangan Kajian, Otokritik, dan Eksplorasi terhadap Isu Lokalitas. In D. A. Rahmitasari, Manajemen Media di Indonesia (p. 328). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2012). Management. Eleventh Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Shwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Business.

Siregar, A. E. (2017). Kajian dan Posisi Manajemen Media Serta Peta Media di Indonesia. In D. H. Rahmitasari, Manajemen Media di Indonesia (p. 328). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Yin, R. K. (2009). Case Study Research: Design and Methods. Beverly Hills: Sage Publication.

Nugroho, W. (2020, Juli Selasa). Evolusi Menikmati Lagu, dari Fonograf hingga Streaming. Retrieved from https://lifestyle.sindonews.com/: https://lifestyle.sindonews.com/read/108852/157/evolusi-menikmati-lagu-dari-fonograf-hingga-streaming-1595347658/10. Diakses pada 28 Maret 2023.

Pusparisa, Y. (2020, Desember 21). https://katadata.co.id/jurnalisme-data. (M. A. Ridhoi, Editor) Retrieved from https://katadata.co.id/: https://katadata.co.id/muhammadridhoi/analisisdata/5fe021d22b87e/wajah-baru-industri-musik-di-era-digital. Diakses pada 6 April 2023.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v9i1.6755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.