Strategi Public Relations Masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II Tanjung Morawa dalam Menjaga Current Image Jamaah

Muhammad Reza, Anang Anas Azhar

Abstract


Strategi Public Relations Masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II Tanjung Morawa dalam menjaga Current Image Jamah sangat penting sekali bagi para jamaah dan masyarakat Kecamatan Tanjung Morawa. Karena dengan begitu dapat meberikan nilai positif bagi masjid dan juga memberikan dampak yang positif. Subjek bagaimana Strategi Humas Masjid Aulawiyah Ubudiyah PTPN II Tanjung Morawa berkontribusi dalam mempertahankan citra jamaah yang ada akan diteliti dalam penelitian ini dengan tujuan memberikan respon melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pada saat ini, sangat penting bagi jemaah dan orang-orang yang tinggal di Distrik Tanjung Morawa bahwa Masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II Tanjung Morawa mempertahankan strategi hubungan masyarakat yang efektif untuk menjaga citra Jemaah. Metode penelitian kualitatif deskriptif inilah yang digunakan untuk penelitian ini. Wawancara dan observasi adalah dua cara utama pengumpulan data dalam penyelidikan ini. Setelah mengumpulkan data, metode sosiologis diambil untuk mempelajarinya untuk lebih memahami fenomena yang terjadi di daerah tersebut. Teori yang dikembangkan oleh Frank Jefkins digunakan dalam penyelidikan ini. Teori Jefkins terdiri dari lima gambar hubungan masyarakat yang berbeda, salah satunya adalah citra perusahaan. Temuan penelitian tentang Strategi Humas Masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II Tanjung Morawa dalam menjaga citra jamaah saat ini sesuai dengan teori yang digunakan, yang meliputi penggunaan beberapa strategi, yaitu Media Sosial (WhatsApp dan Facebook), Televisi, dan media lainnya seperti Spanduk, Baliho, dan Poster.


References


Alwi, M. M. (2016). Optimalisasi Fungsi masjid dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Al-Tatwir, 2(1). Diambil dari http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/altatwir/article/view/135

Andi Putra, P. (2021). Peran Masjid Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Jamaah (Studi Pada Masjid Al-Huda Desa Gumiwang Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara).

Andrieany, A. L. (2022). Peran Humas Dompet Dhuafa dalam Penyebaran Informasi Program (Current Image).

Asih, W. M. (2019). Pengelolaan digital public relations dalam mengemas konten dakwah di akun Instagram Masjid Trans Studio Bandung.

Basofi, I. (2020). Manajemen Humas IAIN Madura dalam Menarik Minat Masyarakat. Kabilah : Journal of Social Community, 5(1), 74–82.

Cittra, J., Mukhtar, M., & Risnita, R. (2020). M Manajemen Public Relations dalam Pengembangan Perilaku Organisasi pada Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Jambi.

Firsty Aufirandra, Bunga Adelya, S. U. (2017). Komunikasi mempengaruhi tingkah laku individu. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 9–15. Diambil dari https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/219

Gema, Y. A. (2021). Manajemen Strategi Pengurus Masjid dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah di Masjid Ar-Rahman Bandar Lampung.

Hakanna, H., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Strategi Public Relations Dalam Menjaga Corporate Image Di Pt Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (Mor) Iii. Jurnal Komunikatio, 4(2), 63–70. https://doi.org/10.30997/jk.v4i2.1213

Hanif, A. (2018). Sosialisasi Program Dakta Peduli Dalam Meningkatkan Current Image Radio Dakta. Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42453

Januar Eko, N. (2021). Pemberdayaan Jamaah Masjid Al-Ikhlas melalui Program Lazismu di Desa Banteran Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas.

Kejora, S. C. (2019). Upaya membangun citra dan meningkatkan minat masyarakat di Lembaga Pendidikan Islam melalui manajemen strategis public relations: Studi kasus di Pondok Pesantren An-Nur Ii Bululawang Malang.

Khusyairin, M. I. (2022). Manajemen Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru.

Maaruf, M. F. (2017). Strategi Public Relations Baitul Maal Hidayatullah Pusat Dalam Menarik Minat Donatur.

Nurseha, A. N. (2016). Pengaruh Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Agency Cost sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks LQ-45 Periode 2010-2014. Diambil dari http://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/7515

Putri, M. L. (2017). Strategi Public Relations Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pusat Dalam Membangun Citra Perusahaan. Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40242

Sholikhah, A. (2016). STATISTIK DESKRIPTIF DALAM PENELITIAN KUALITATIF. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/KOMUNIKA.V10I2.953

Triyanto, W. A. (2016). Strategi Public Relations Aksi Cepat Tanggap (ACT) Dalam Membangun Citra Positif Program Global Qurban. Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32502

Wahyuddin, W. (2022). Strategi Public Relations Baitul Maal Masjid Al Ikhlas Pasar VII Padang Bulan Kota Medan Dalam Menarik Minat Donatur Untuk Menyalurkan Dana Zakat, Infak, Sedekah, Dan Wakaf (ZISWAF).

Widiyatmoko, B. (2020). Strategi Public Relations Muslimarket.com Dalam Membangun Citra Perusahaan.

Yusra, F. (2019). Peran Masjid Sebagai Media Dakwah Di Lingkungan Perkantoran Pada Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Dan Kajian Hukum Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (P3khan LAN RI).

Zahrani, I. K. (2021). Manajemen masjid dalam meningkatkan kualitas jamaah di Masjid Nurul Iman Jalan Hercules Raya No. 13 Komplek Melong Green Garden Cimahi Selatan Kota Cimahi.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v9i1.6786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.