Strategi Komunikasi Customer Relationship Management Warkop Cak Ri Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Tedy Dwi Yuliansya, Heidy Arviani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana Warkop Cak Ri menerapkan strategi komunikasi customer relationship management dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif. Pendekatan ini dipilih karena peneliti membutuhkan informasi dari informan sebagai data penelitian. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan memverifikasi data atau penarikan kesimpulan. Warkop Cak Ri menerapkan strategi komunikasi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan melalui empat tahapan, yaitu fact finding, planning, action and communication, dan evaluation. Selain itu, Warkop Cak Ri juga menerapkan strategi customer relationship management dengan memberikan financial benefit kepada pelanggan seperti diskon, kupon, dan freegift. Dalam hal social benefit, Warkop Cak Ri membuat program pelatihan akademi, program jumat berkah, dan campaign, serta aktif menyapa pelanggan dan mengingat preferensi layanan pelanggan. Serta pada structural ties, Warkop Cak Ri menyediakan informasi terbaru melalui media sosial, memberikan layanan eksklusif, dan memberikan penghargaan individual melalui event yang diadakan.


References


Alfian, E. R., Suardika, I. B., & Septiari, R. (2021). Strategi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Segmenting Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Hotel Gemilang Muara Bulian. Jurnal Valtech, 4(2), 149–156.

Amalia, W. E., & Zurani, I. (2021). Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT. Telkom Wilayah Telekomunikasi Riau Daratan Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Indihome. Jurnal Imiah Teknologi Komunikasi Islam Riau, 9(2), 306–320.

Andreani, F., Chandra, F., & Wibisono, B. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Starbucks Di Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 5.

Anindira, R. A., & Imran, A. I. (2021). Strategi Dan Implementasi Customer Relationship Management Melalui Aplikasi KAI Access Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan PT.KAI. 8(4).

Arviani, H., Prasetyo, G. S., & Walgunadi, V. V. (2020). Instagram and Millennial Generation: #Explorebanyuwangi Analysis. 423(Imc 2019), 180–192.

Azzahrani, M. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata Indonesia Dalam Pesona Indonesia Melalui Youtube. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 144.

Carissa, A. O., Fauzi, A., & Kumadji, S. (2014). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1).

Damis, M. (2018). Strategi Kebertahanan Usaha Warung Kopi Tikala Manado : Suatu Tinjauan Antropologi. Holistik, XI(21A), 1–23.

Dewa, R. P. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pit - Stop KIG Gresik Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. UPN Veteran Jawa Timur.

Dewi, A. A. C., & Semuel, H. (2015). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Pelanggan Sushi Tei Surabaya. 3(1), 1–9.

Dirmagina, D. P., & Arviani, H. (2023). Strategi Komunikasi Royale Durian Dalam Menghadapi Krisis Pembuangan Limbah Kulit Durian Melalui Media Sosial Instagram. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(2), 552–562.

Effendy, O. U. (2019). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Fadlilah, I., & Arviani, H. (2022). Adaptasi Industri Perhotelan Di Masa Covid-19: Analisis Isi Instagram Hotel Conrad Bali, Fairmont Jakarta, Doubletree Surabaya. 10(1).

Fazarusda, A., & Indrayani, H. (2020). Strategi Komunikasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Di Pusat Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kota Semarang. Jurnal IMPRESI, 1(1), 1–11.

Guntur, R. P., & Purnama, H. (2018). Strategi Komunikasi Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Dalam Menangani Krisis ( Studi Kasus terkait Logo Palu Arit Uang Baru NKRI Tahun 2016 ). Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 2865–2871.

Haristianti, V., Raja, M. T. M., & Putri, C. T. (2021). Analisis Faktor Kebetahan Pengunjung Coffee Shop Melalui Penilaian Kinerja Elemen Interior. Studi Kasus: Kafe Dan Coffee Shop Di Kawasan L.R.E Martadinata, Bandung. https://doi.org/10.17509/jaz.v4i2.31609

Holtzhausen, D., Fullerton, J. A., Lewis, B. K., & Shipka, D. (2021). Principles of Strategic Communication. Routledge.

Kalianda, D. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dalam Mengimplementasikan Program Green City Di Kota Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. 5(1), 1–23.

Mahdi, M. I. (2022). 8 Negara Produsen Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk. DataIndonesia.Id.

Melani, A. (2020). Kopi khas Gresik Perluas Pasar lewat Online. Liputan6.Com.

Nurikhsan, F., Indrianie, W. S., & Safitri, D. (2019). Fenomena Coffe Shop Di Kalangan Konsumen Remaja. Widya Komunika, 9(2), 137.

Perdana, Y. R., & Parlindungan, D. R. (2022). Peran Komunikasi Antarpribadi Barista dalam Membangun Hubungan dengan Pelanggan Area 9.

Pratama, D. M., Wati, L., & Suseno, A. (2022). Perencanaan Komunikasi Publik Dp3Ap2Kb Kota Tangerang Dalam Upaya pemberdayaan Perempuan Menanggulangi Persoalan Lingkup Kemiskinan Keluarga di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Program P2WKSS). 3(1), 40–48.

Purbantina, A. P., & Arviani, H. (2022). Jaringan Produksi Kopi Global: Sebuah Pengantar. Penerbit Nas Media Pustaka.

Ramayanda, D., & Parlindungan, F. (2023). Strategi Komunikasi PT Telekomunikasi Aceh Barat Dalam Menangani Pengaduan Pelanggan Mengenai Gangguan Internet. 3(1).

Rizaty, M. A. (2022). Konsumsi Kopi Indonesia Terbesar Kelima di Dunia pada 2021. DataIndonesia.id.

Rominah, A., & Disastra, G. M. (2018). Tinjauan Mengenai Aktivitas Customer Relationship Management (CRM) Pada Bank BJB Cabang Buah Batu Bandung Tahun 2018. E-Proceeding of Applied Science, 4(2), 281–288.

Sandra, B. (2023). Strategi Komunikasi Customer Relationship Management Dalam Menghadapi Keluhan Pelanggan Produk Indihome Di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Silalahi, T. S., & Claretta, D. (2022). Solidaritas Komunitas Barisan Manual Brew (Studi Deskriptif Kualitatif pada Komunitas Barisan Manual Brew). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2741–2748.

Sjaroni, B., Djunaedi, E., & Noveria. (2015). Ekonomi Mikro (Edisi ke-1). Deepublish.

Sunajaya, W. (2017). Perencanaan dan Perancangan Perpustakaan Umum yang Sesuai Dengan Gaya Hidup Urban di Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 1–10.

Suryani, T., Nurhadi, M., & Fauzi, A. A. (2020). E-Marketing Bagi UKM: Strategi Periklanan, Website & Media Sosisal. CV. Jakad Media Publishing.

Syahputra, M. R. (2023). Strategi Komunikasi Museum Lampung Dalam Mempublikasikan Koleksi Budaya Adat Lampung. Universitas Lampung.

Syakila, R. N., & Ardhoyo, N. A. W. (2021). Penerapan Customer Relationship Management pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid-19. Journal Cyber PR, 1(1), 1–10.

Thendywinaryo, C., Sidik, A., & Goenawan, F. (2020). Analisis Strategi Customer Relationship Management Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Umkm Retail Non- Makanan Di Indonesia Timur ( Studi Kasus Pada New Em Collection ) Pendahuluan. E-Komunikasi, 9, 12.

Yaqin, A. F. (2017). Analisis Efisiensi Tingkat Persediaan Bahan Baku Kopi Bubuk CR1 Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada CV. LS Di Gresik. Universitas Brawijaya.

Zahra, F., Sukoco, I., Auliana, L., & Barkah, C. (2022). Komunikasi Efektif Dalam Membangun Strategi Customer Relationship Management. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 2(1), 41–49.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v9i1.6886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sinta Google Scholar Garuda BASE
Mendeley iThenticate ISSN Crossref
Dimensions APJIKI ISKI