PROPAGANDA DALAM MARS PERINDO (SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA IKLAN POLITIK)

ike florina, Oemi Hartati

Abstract


Di era komunikasi saat ini penyebaran pesan-pesan politik tidak hanya dilakukan secara konvesnional melainkan juga melalui media komunikasi massa modern, seperti media elektronik, audio visual maupun media digital atau new media. Sedangkan pesan politik melalui komunikasi massa modern disampaikan dalam bentuk iklan politik atau melalui internet. Di Indonesia, kemunculan iklan politik biasanya bersifat momentum yakni jelang event-event politik seperti pemilihan umum legislatif, pemilihan umum presiden dan wakil presiden, atau pemilihan kepala daerah. Iklan yang memenuhi setiap sudut ruang privat maupun ruang public dengan berbagai narasi teks verbal maupun visual, digunakan sebagai alat politik memanipulasi kesadaran publik untuk mencapai tujuan atau kepentingan politik tertentu.

Iklan politik yang sedang marak adalah pemutaran sebuah lagu identitas (mars) dari Partai Politik Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di televisi-televisi swasta dibawah naungan media massa MNC Media (RCTI, MNC, Global TV dan i-News). Ialah Hary Tanoesoedibjo, yang merupakan Ketua Umum Partai Perindo yang juga merupakan CEO dari MNC Media. Melalui kekuasaan atas kepemilikan media, Mars Perindo dengan enam versinya mulai muncul di group media massanya pada pemilihan presiden 2014 lalu. Menurut pengamatan peneliti, iklan Mars Perindo diputar atau ditayangkan disela-sela prime time atau program acara unggulan.

Sebuah pesan iklan disampaikan melalui tanda dan symbol baik berupa teks, audio dan visual. Melalui Semiotika, penelitian ini mencoba melakukan proses memahami bagaimana pesan dan makna propaganda hadir dalam iklan politik Mars Perindo. Semiotika akan menanamkan (encoding) pemahaman sebuah kenyataan yang pada awalnya tidak disadari namun pada akhirnya tidak dapat dipungkiri oleh pembaca iklan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, melalui pemaknaan atas tujuh tema yang telah ditentukan diperoleh hasil terdapat penekanan isu tertentu yang ingin disampaikan Partai Perindo melalui iklan Mars Perindo. Isu itu antara lain : pengukuhan posisi partai, propaganda atas visi misi partai, pembangunan ekonomi, kesejahteraan, pemberdayaan wanita, dukungan terhadap generasi muda dan anak-anak, serta penokohan Hary Tanoesoedibjo sebagai Ikon Partai Perindo. Sedangkan bentuk propaganda yang terdapat dalam iklan Mars Perindo adalah propaganda putih dimana Partai Perindo menyebarkan informasi berupa ideologiy, nilai, visi misi bahkan tujuannya dengan menyebutkan sumbernya, yaitu melalui Mars Perindo yang diputar berulang dalam bentuk iklan di televisi. Sedangkan teknik propaganda yang berkali-kali ditemukan adalah teknik propaganda Flain Folks, dimana sosok Hary Tanoesoedibjo  maupun Liliana Tanoesoedibjo adalah sosok yang merakyat, pelindung dan pembimbing masyarakat sehingga terlihat lebih bersahaja dan berwibawa. Bahkan secara tidak langsung Partai Perindo juga menggunakan teknik propaganda Card Stacking dalam iklan Mars Perindo dimana partai mengungkapkan fakta berupa program unggulan yang sudah dijalankan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga tujuan akhirnya adalah meyakinkan masyarakat dan merebut simpati masyarakat yang bermuara pada dukungan suara pada pemilihan umum.

Kata Kunci : Iklan Politik, Mars Perindo, Semiotika

Full Text:

PDF

References


Barthes, Roland. 2011. Mitologi. Jakarta. Kreasi Wacana

Barthes, Roland. 2012. Elemen-elemen Semiologi. Yogyakarta. Jalasutra

Berger, Arthur Asa. 2010. Pengantar Semiotika, Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta. Tiara Wacana

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Rajawali Pers

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik. Teori, Konsep dan Strategi. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Danial, Akhmad. 2009. Iklan Politik TV: Modernisasi Kampanye Politik Pasca Orde Baru. Yogjakarta.LKIS

Fiske, John.2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta. Erlangga

Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesiatera.

McNair, Brian. 2003. An Introduction to Political Communication. New York-London: Routledge Taylor & Francis Group.

Noor. 2013. Konsolidasi Parpol Menjelang Pemilu. Jurnal Penelitian Politik 10. Edisi Juni

Pawito. (2009). Komunikasi Politik: Media Massa dan Kampanye Pemilihan.Yogyakarta: Jalasutra.

Prasetyono, Agus Puji. 2016. Ikan Melimpah di Laut Kemana Nelayan Kita?. Opini Dikti. http://www.dikti.go.id/ikan-melimpah-di-laut-kemana-nelayan-kita/#JC2zZ0B34Z5dRY6c.99, diakses 9 Februari 2017

Setianto, Widodo Agus. 2010. Disertasi: Iklan Politik Indonesia di Awal Reformasi (Analisis Wacana dan Repersentasi Ideologi Iklan Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Golongan Karya pada Pemilu Tahun 1999 di Surat Kabar Harian Kompas). Disampaikan pada saat mengikuti ujian terbuka program doktor, di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. Jogjakarta. UGM

Severin, Werner J and James W Tankard Jr. 2014. Teori Komunikasi, dalam Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta, Edisi ke 5. Jakarta. Kencana.

Sobur Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung. Remaja Rosda Karya

Sobur Alex. 2004. Analisis Text Media. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sobur Alex. 2006. Semiotika Komunikasi, cetakan ketiga. Bandung. Remaja Rosda Karya

Sumarno AP. 1989. Dimensi-dimensi Komunikasi Politik. Bandung. Citra Aditya Bakti

Sutopo, H.B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta. Lembaga Penelitian UNS.

Undang-Undang Republik Indonesia No.10 Tahun 2008 mengenai pelaksanaan pemilu dan ketentuan penggunaan media untuk kampanye

Zoest, Arts. 2003. Semiotika : Tentang Tanda, Cara Kerja dan Apa yang Kita Lakukan Dengannya. Yayasan Sumber Agung. Jakarta.

http://www.beritasatu.com/nasional/345786-psi-dan-perindo-partai-politik-baru-yang-dapat-apresiasi-positif-di-medsos.htmlan Perindo, Partai Politik Baru yang Dapat Apresiasi Positif di Medsos

http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=94614&obyek_id=4, diakses tgl 10 November 2016

Adstensity. https://tirto.id/menancapkan-mars-perindo-lewat-stasiun-tv-milik-pribadi-nn

Institute for Transformation Studies (Intrans)

http://youtube.com/partaiperindo/profile-partai-perindo

http://youtube.com/partaiperindo/ayo-gabung-umkm-perindo-kita-bangun-perekonomian-nasional yang dipublikasikan tanggal 12 Jan 2017

http://dpdperindobanjarnegara.blogspot.co.id/2016/03/logo-partai-perindo.html




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v3i1.691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sinta Google Scholar Garuda BASE
Mendeley iThenticate ISSN Crossref
Dimensions APJIKI ISKI