Peran PR Analyst dalam Pengelolaan Media Internal Kompas Gramedia
Abstract
Abstract
Public Relations handles few important roles to manage communication medium for its public, one of them by using digital PR which is website. PR Analyst Kompas Gramedia through a portal MyKG.id trying to presenting various informations and news related to the company itself for internal publics. This study is aims to analyze about how PR Analyst Kompas Gramedia implementate the PR roles in managing informations through MyKG.id, based on four Public Relations roles by Dozier and Broom which are Communcation Facilitator, Communication Tehnician, Expert Prescriber, and Problem Solving Facilitator. This type of study is qualitative descriptive. The result of this study are PR Analyst managing the whole news by doing real coverages and compiling lots of press release from cross-sectors, take advantages of continuous interactive medium such as WhatsApp Group Blast, Email Blast, KGTV, sound building, Instagram account @mykg.id, TikTok account @KompasGramedia, becoming a journalist inresidence, synergized with other division and Kompas Gramedia's publics, manages socialization and education program for the employees of Kompas Gramedia, also presenting solutions and inovations to improve MyKG.id.
Keywords: Public Relations, Public Relations Roles, Internal Website of Corporation, Digital PR
Abstraksi
Public Relations memainkan peran penting dalam pengelolaan saluran informasi kepada publik, salah satunya dengan pemanfaatan digital PR yaitu website. PR Analyst Kompas Gramedia melalui portal MyKG.id menghadirkan ragam berita terkait perusahaan untuk publik internal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana peran yang dijalankan PR Analyst Kompas Gramedia dalam mengelola informasi Website MyKG.id, ditinjau dari empat peran public relations oleh Dozier dan Broom yakni Communication Facilitator, Communication Technician, Expert Prescriber, dan Problem Solving Facilitator. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PR Analyst mengelola berita dengan liputan langsung dan menghimpun berita dari lintas sektor, memanfaatkan media interaktif lanjutan seperti WhatsApp Group Blast, Email Blast, KGTV, Sound Building, Instagram @mykg.id, dan TikTok @KompasGramedia, berperan menjadi journalist inresidence, bersinergi antardivisi dan dengan karyawan Kompas Gramedia, mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk karyawan Kompas Gramedia, serta menghadirkan solusi dan inovasi untuk perkembangan website MyKG.id.
Kata Kunci: Public Relations, Peran Public Relations, Website Internal Perusahaan, Digital PR
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Annisa, I. S. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IVSd Negeri 060800 Medan Area. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 6469–6477.
Claretta, D., Amin, N. A., Dalima, M. N. A., Dewi, N. R., Putri, S. A. I., & Aristin, S. I. (2022). Peran Public Relations Jobhun dalam Mempertahankan Eksistensi di Tengah Persaingan pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 231–239.
Claretta, D., Simamora, A., Manullang, R., & Naibaho, P. R. (2022). Audit Kegiatan Public Relations pada PT. Adiprima Suraprinta. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, (1), 96–108.
Hakim, L., & Putro, W. E. (2022). New Media dalam Membantu Kinerja Humas Pokdarwis Mempromosikan Wisata Alam dan Budaya di Ponorogo.
Hastuti, D. A. S., & Susilowati, E. (2020). Cyber Public Relations Diskominfo Kabupaten Klaten dalam Optimalisasi Layanan Informasi Publik. Academic Journal of Da’wa and Communication, 1(1), 41–57.
Jefkins, F. (2018). Public Relations (D. Yadin, Ed.; 5th ed., pp. 1–440). Penerbit Airlangga
Kinaswara, T. A., Hidayati, N. R., & Nugrahanti, F. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Inventaris Berbasis Website pada Kelurahan Bantengan. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 71–75.
Kustiawati, K., Setiadarma, A., & Priliantini, A. (2019). Strategi Public Relations dalam Manajemen Isu Keamanan Pangan di Pizza Hut Indonesia. Jurnal Komunika, 8(1), 53–62.
Palupi, R. (2018). Strategi Humas Grup RS Awal Bros Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Melalui Website. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK), 16–19.
Putra, I. G. N. (2020). Media Sosial dan Interaktivitas dalam Dunia Public Relations. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 1–11.
Rolos, P. M., & Wijaya, L. S. (2020). Model Komunikasi Public Relations di Pemerintah Kota Salatiga dengan Pendekatan Model Komunikasi Grunig & Hunt. Jurnal InterAct, 9(1), 71–78.
Sambo, M. (2019). In Media Relations Kontemporer: Teori dan Praktik (Ser. 1, pp. 6–17). essay, Kencana.
Sari, M. A. J. L., & Fitriawan, R. A. (2020). Efektivitas Media Cetak Internal Tabloid “KONTAK” sebagai Sarana Informasi PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO). E-Proceeding of Management, 7(2), 7028–7045.
Sarosa, S. (2021) Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisisus.
Zakharis, P. F., Lionardo, A., & Bafadhal, O. M. (2020). Strategi Humas PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Divisi Regional III Palembang dalam Membangun Citra Transportasi Modern Light Rail Transit (LRT) Palembang. KAGHAS: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya, 2(2), 36–45.
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v9i2.7215
Refbacks
- There are currently no refbacks.