Pemanfaatan Website MyKG.id sebagai Media Internal Public Relations Analyst Kompas Gramedia

Almira Felia Rafiq, Dyva Claretta

Abstract


Public Relations memainkan peran penting dalam pengelolaan saluran informasi kepada publik, salah satunya dengan pemanfaatan digital PR yaitu website. PR Analyst Kompas Gramedia melalui portal dengan domain MyKG.id menghadirkan ragam berita terkait perusahaan untuk publik internal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana peran yang dijalankan PR Analyst Kompas Gramedia dalam mengelola informasi Website MyKG.id, ditinjau dari empat peran public relations oleh Dozier dan Broom yakni Communication Facilitator, Communication Technician, Expert Prescriber, dan Problem Solving Facilitator. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PR Analyst mengelola berita dengan liputan langsung dan menghimpun berita dari lintas sektor, memanfaatkan media interaktif lanjutan seperti WhatsApp Group Blast, Email Blast, KGTV, Sound Building, Instagram @mykg.id, dan TikTok @KompasGramedia, berperan menjadi journalist inresidence, bersinergi antardivisi dan dengan karyawan Kompas Gramedia, mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk karyawan Kompas Gramedia, serta menghadirkan solusi dan inovasi untuk perkembangan website MyKG.id.


References


Hakim, L., & Putro, W. E. (2022). New Media dalam Membantu Kinerja Humas Pokdarwis Mempromosikan Wisata Alam dan Budaya di Ponorogo.

Hastuti, D. A. S., & Susilowati, E. (2020). Cyber Public Relations Diskominfo Kabupaten Klaten dalam Optimalisasi Layanan Informasi Publik. Academic Journal of Da’wa and Communication, 1(1), 41–57.

Jefkins, F. (2018). Public Relations (D. Yadin, Ed.; 5th ed., pp. 1–440). Penerbit Airlangga

Palupi, R. (2018). Strategi Humas Grup RS Awal Bros Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Melalui Website. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK), 16–19.

Rolos, P. M., & Wijaya, L. S. (2020). Model Komunikasi Public Relations di Pemerintah Kota Salatiga dengan Pendekatan Model Komunikasi Grunig & Hunt. Jurnal InterAct, 9(1), 71–78.

Sarosa, S. (2021) Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisisus.

Zakharis, P. F., Lionardo, A., & Bafadhal, O. M. (2020). Strategi Humas PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Divisi Regional III Palembang dalam Membangun Citra Transportasi Modern Light Rail Transit (LRT) Palembang. KAGHAS: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya, 2(2), 36–45.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v9i2.7215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.