Pola Perdagangan Politik dalam Media: Evaluasi Ekonomi Politik terhadap MNC Media Group dalam Komodifikasi Keberpihakan Politik Political Trading Patterns in the Media: A Political Economy Evaluation of MNC Media Group in the Commodification of Political Partisanship

Khoirunnisa Khoirunnisa, Udi Rusadi

Abstract


Persaingan dalam industri media massa menjadi semakin ketat dalam upaya untuk memperebutkan pangsa pasar. Para pemilik media di Indonesia berlomba-lomba untuk menarik perhatian pasar dan mengamankan posisi bisnis mereka, bahkan terkadang menggunakan media sebagai alat komoditas yang dapat dijual untuk menghasilkan keuntungan. Beberapa bahkan mencurigai bahwa media dimanfaatkan sebagai alat propaganda untuk kepentingan politik tertentu. MNC Media Group adalah salah satu perusahaan media yang dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo, seorang pengusaha dan politisi dari Partai Perindo. Bagaimana caranya Hary Tanoesoedibjo menjadikan MNC Media Group sebagai komoditas? Jadi, Hary Tanoesoedibjo dapat menerapkan prinsip-prinsip komodifikasi dari Teori Ekonomi Politik Media untuk mengoptimalkan nilai tukar dan keuntungan dari MNC Media Group dalam konteks industri media massa di Indonesia. Penulis melakukan analisis untuk mengungkap hubungan kekuasaan yang tersembunyi dalam proses produksi, konsumsi, dan distribusi yang terjadi di MNC Media Group. Proses komodifikasi di MNC Media Group terbagi menjadi tiga jenis, yakni komodifikasi isi, khalayak, dan pekerja. Komodifikasi ini digunakan oleh pemiliknya, Hary Tanoesoedibjo, sebagai alat untuk mengukuhkan kekuatan ekonomi dan politiknya. Pendekatan ini diterapkan melalui integrasi unit bisnis dan sinergi antara seluruh unit usaha yang dimilikinya, sekaligus menciptakan citra positif bagi dirinya sendiri dengan upaya membenarkan relasi kuasa yang ada.


References


Adila, I. (2011). Spasialisasi dalam Ekonomi Politik Komunikasi (Studi Kasus MRA Media). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).

Fial, A. H., Anggraini, R. N., & Subekti, R. (2022). Implementasi Media Massa Dalam Krisis Kedaulatan Rakyat. Jurnal Demokrasi Dan Ketahanan Nasional, 1(2), 221–228.

Lanna, & Fajar, Azman, M. (2018). Melawan Monopoli, Oligopoli, dan Pemusatan Kepemilikan Media. Jurnal Sosial Demokrasi.

Lukman, S. (2021). Supply Chain Management. CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Makkuraga, A. (2013). Ekonomi Politik Kebebasan Pers Di Indonesia Pasca Reformasi: Kritik Atas Praktek Neoliberalisme Pada Industri Media. Makkuraga : Ekonomi Politik Kebebasan Pers Di Indonesia, XII(01).

McQuail, D. (1991). Teori Komunikasi Massa. Erlangga.

merdeka.com. (2016, February 4). Orangtua resah anak-anak hafal Mars Perindo. https://www.merdeka.com/peristiwa/orangtua-resah-anak-anak-hafal-mars-perindo.html

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mosco, V. (1996). The Political Economy of Communication. Sage Publications Ltd.

Nainggolan, B. (2015). Konglomerasi Media Nasional: Tipologi, Konsentrasi, dan Kompetisi Pasar. Dalam buku Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Menegakkan Kedaulatan.

Nugroho, Y., Putri, D. A., & Laksmi, S. (2012). Memetakan Lansekap Industri Media Kontemporer di Indonesia. Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG), 102.

Razak, R. (2016). Perpektif Ekonomi Politik Media Massa (Kajian Literatur Varian dan Locus Media Massa dalam Lingkup Pemberitaan). Jurnal Lentera Komunikasi, 2(1).

Rianto, P. (2019). Globalisasi Media dan Transformasi Politik Internasional. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 67–84.

Sarwoprasojo, S. (2008). Perbandingan Pendekatan Ekonomi-Politik Media dan Studi Kebudayaan dalam Kajian Komunikasi Massa. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 6(1), 246090.

Silalahi, D. E., Handayani, E. A., Munthe, B., & Simanjuntak, M. M. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan: Teori, Praktek Dan Penerapannya (M. P. Dr. Herman, S.Pd. (ed.)). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Siregar, A. (2018). Teori-Teori Media. Program Studi Kajian Budaya dan Meclia.

Yanuar Nugroho, Dinita Andriani Putri, & Shita Laksmi. (2012). Memetakan Lanskap Industri Media Kontemporer di Indonesia Oleh Yanuar Nugroho Riset kerjasama antara Didukung oleh. 1–184. www.fostrom.com

Yusuf, M. (2018). Konsep Pengukuran Kinerja Supply Chain Management Pada System Manufactur Dengan Model Performance Of Activity Dan Supply Chain Operations Reference. Jurnal Teknologi, 1(1), 68–77.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v9i2.7227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.