Pola Perdagangan Politik dalam Media: Evaluasi Ekonomi Politik terhadap MNC Media Group dalam Komodifikasi Keberpihakan Politik

Khoirunnisa Khoirunnisa, Udi Rusadi

Abstract


Abstract

Competition in the mass media industry is becoming increasingly intense in an effort to compete for market share. Media owners in Indonesia are competing to attract market attention and secure their business position, sometimes even using the media as a commodity tool that can be sold to generate profits. Some even suspect that the media is being used as a propaganda tool for certain political interests. MNC Media Group is one of the media companies owned by Hary Tanoesoedibjo, a businessman and politician from the Perindo Party. So, Hary Tanoesoedibjo can apply the commodification principles of Media Political Economy Theory to optimize the exchange value and profit of MNC Media Group in the context of the mass media industry in Indonesia. The author conducts an analysis to reveal the hidden power relations in the production, consumption, and distribution processes that occur in MNC Media Group. The commodification process in MNC Media Group is divided into three types, namely the commodification of content, audiences, and workers. This commodification is used by the owner, Hary Tanoesoedibjo, as a tool to strengthen his economic and political power. This approach is applied through the integration of business units and synergy between all business units owned by him, while creating a positive image for himself by trying to justify existing power relations.

Keywords: Mass Media, Commodification, Power Relationship

 

Abstraksi

 Persaingan dalam industri media massa menjadi semakin ketat dalam upaya untuk memperebutkan pangsa pasar. Para pemilik media di Indonesia berlomba-lomba untuk menarik perhatian pasar dan mengamankan posisi bisnis mereka, bahkan terkadang menggunakan media sebagai alat komoditas yang dapat dijual untuk menghasilkan keuntungan. Beberapa bahkan mencurigai bahwa media dimanfaatkan sebagai alat propaganda untuk kepentingan politik tertentu. MNC Media Group adalah salah satu perusahaan media yang dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo, seorang pengusaha dan politisi dari Partai Perindo. Bagaimana caranya Hary Tanoesoedibjo menjadikan MNC Media Group sebagai komoditas? Jadi, Hary Tanoesoedibjo dapat menerapkan prinsip-prinsip komodifikasi dari Teori Ekonomi Politik Media untuk mengoptimalkan nilai tukar dan keuntungan dari MNC Media Group dalam konteks industri media massa di Indonesia. Penulis melakukan analisis untuk mengungkap hubungan kekuasaan yang tersembunyi dalam proses produksi, konsumsi, dan distribusi yang terjadi di MNC Media Group. Proses komodifikasi di MNC Media Group terbagi menjadi tiga jenis, yakni komodifikasi isi, khalayak, dan pekerja. Komodifikasi ini digunakan oleh pemiliknya, Hary Tanoesoedibjo, sebagai alat untuk mengukuhkan kekuatan ekonomi dan politiknya. Pendekatan ini diterapkan melalui integrasi unit bisnis dan sinergi antara seluruh unit usaha yang dimilikinya, sekaligus menciptakan citra positif bagi dirinya sendiri dengan upaya membenarkan relasi kuasa yang ada.

Kata Kunci: Media Massa, Komodifikasi, Relasi Kuasa


References


Adila, I. (2011). Spasialisasi dalam Ekonomi Politik Komunikasi (Studi Kasus MRA Media). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).

Fial, A. H., Anggraini, R. N., & Subekti, R. (2022). Implementasi Media Massa Dalam Krisis Kedaulatan Rakyat. Jurnal Demokrasi Dan Ketahanan Nasional, 1(2), 221–228.

Kristiawan, R. (2013). Liberalisasi Media : Kajian Ekonomi Politik Tentang Demokratisasi dan Industrialisasi Media di Indonesia. Universitas Indonesia.

Lanna, & Fajar, Azman, M. (2018). Melawan Monopoli, Oligopoli, dan Pemusatan Kepemilikan Media. Jurnal Sosial Demokrasi.

Lukman, S. (2021). Supply Chain Management. CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Makkuraga, A. (2013). Ekonomi Politik Kebebasan Pers Di Indonesia Pasca Reformasi: Kritik Atas Praktek Neoliberalisme Pada Industri Media. Makkuraga : Ekonomi Politik Kebebasan Pers Di Indonesia, XII(01).

Manggaga, I. P. (2018). Komodifikasi Konten Televisi Dalam Perspektif Ekonomi Politik Media. Jurnal Tabligh, 19(2), 257–276. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/tabligh/article/view/7478

McQuail, D. (1991). Teori Komunikasi Massa. Erlangga.

merdeka.com. (2016, February 4). Orangtua resah anak-anak hafal Mars Perindo. https://www.merdeka.com/peristiwa/orangtua-resah-anak-anak-hafal-mars-perindo.html

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mosco, V. (1996). The Political Economy of Communication. Sage Publications Ltd.

Nainggolan, B. (2015). Konglomerasi Media Nasional: Tipologi, Konsentrasi, dan Kompetisi Pasar. Dalam buku Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Menegakkan Kedaulatan.

Nashrudin, A. (2017). Ekonomi Politik Media : Pada Pemberitaan Pemilukada Banten 2011 Oleh Radar Banten dan Baraya TV. Komuniti, Vol. IX Ma(No. 1), 25–43. http://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/3962

Ofiana, N. S., Arsianti, F., Rosmana, N. A., & Cholastika Febrianti, S. (2013). Representasi Perempuan Dalam Majalah Lifestyle. Jurnal Studi Komunikas I Dan Media, 17(1), 39–74.

Razak, R. (2016). Perpektif Ekonomi Politik Media Massa (Kajian Literatur Varian dan Locus Media Massa dalam Lingkup Pemberitaan). Jurnal Lentera Komunikasi, 2(1).

Sarwoprasojo, S. (2008). Perbandingan Pendekatan Ekonomi-Politik Media dan Studi Kebudayaan dalam Kajian Komunikasi Massa. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 6(1), 246090.

Silalahi, D. E., Handayani, E. A., Munthe, B., & Simanjuntak, M. M. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan: Teori, Praktek Dan Penerapannya (M. P. Dr. Herman, S.Pd. (ed.)). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Sucahya, M. (2013). Ruang Publik dan Ekonomi Politik Media. Jurnal Komunikasi, 2(3), 15–23.

Sugiyanto, D. R. (2015). Komodifikasi Berita Dibalik Ideologi Ekonomi Politik Media. Jurnal Komunikasi, 7(1), 57–69.

Tasnur, I., & Sudrajat, A. (2020). Teori Kritis: Perkembangan Dan Relevansinya Terhadap Problematika Di Era Disrupsi. Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 6(1), 33. https://doi.org/10.24235/jy.v6i1.5894




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v9i2.7227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sinta Google Scholar Garuda BASE
Mendeley iThenticate ISSN Crossref
Dimensions APJIKI ISKI